Apa itu konektor ST

Apa itu Konektor ST? Mengenal Pengertian Konektor ST

Pengertian Konektor

Konektor merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan ke fiber optik. Hal ini membuat transmisi atau pengiriman data berjalan dengan baik. Jika tidak ada konektor, maka kabel-kabel jaringan tersebut tidak akan bisa terkoneksi atau tersambung dengan NIC atau network adaptor.

Sekarang sudah beredar banyak jenis-jenis konektor yang memiliki nama berbeda-beda. Bukan hanya nama, fungsi dari masing-masing konektor tersebut juga berbeda-beda.

Selain terdapat konektor standar seperti yang biasa kita temui misalnya konektor USB maupun konektor koaksial, ternyata ada juga konektor yang memang dibuat secara khusus yang nantinya akan dipasangkan di PCB. Konektor tersebut berperan di dalam menyambungkan satu rangkaian PCB dengan rangkaian PCB yang lainnya.

Fungsi Konektor

Lalu apa saja fungsi konektor? Fungsi konektor yaitu untuk menjaga agar proses pengiriman maupun penerimaan sinyal dapat berlangsung dengan baik.

Dengan adanya konektor, diharapkan pengiriman informasi tersebut bisa sampai ke tujuan tanpa ada gangguan maupun masalah sedikit pun. Maka dari itu, ketepatan di dalam menentukan jenis koneksi maupun memasangnya merupakan salah satu hal yang tidak boleh diabaikan.

Singkatnya, konektor merupakan alat yang berfungsi sebagai penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Meskipun begitu, terdapat beberapa konektor yang memiliki fungsi berbeda-beda sehingga penting untuk mengenali jenis-jenis dan karakter dari masing-masing konektor tersebut sebelum memutuskan untuk memilih dan memasangnya sesuai kebutuhan.

Pengertian Konektor ST

Pengertian konektor ST

Apa itu konektor ST? Konektor ST merupakan salah satu jenis konektor pada fiber optik yang juga cukup populer. Nama ST sendiri merupakan singkatan dari Straight Tip yang sebenarnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan konektor BNC. Jenis konektor yang satu ini menjadi konektor fiber optik yang paling umum dan bisa digunakan baik utuk single maupun multi mode.

Salah satu kelebihan dari konektor ST adalah kemudahan ketika dipasang maupun dicabut. Dikarenakan konektor ini memiliki bentuk seperti konektor BNC, maka jika Anda perhatikan bentuknya seprti bayonet terkunci. Sekadar informasi bahwa konektor BNC atau yang biasa disingkat dengan Bayonet-Neill Concleman merupakan jenis konektor yang digunakan untuk keperluan terminating coaxial cable.

Penggunaan konektor BNC biasanya Anda temukan untuk kabel yang dipakai pada radio, televisi, maupun komputer yang menggunakan topologi tertentu. Konektor ini juga menjadi pilihan alternatif dari konektor RCA komposit ketika digunakan untuk keperluan video di perangkat video komersial. Sementara itu, beberapa konektor BNC yang digunakan untuk sambungan sinyal yaitu:

  • Peralatan uji
  • Analog serta digital interface serial sinyal radio
  • Amatir video antena

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai pengertian dari konektor ST. Kesimpulannya, konektor ST memiliki bentuk yang hampir sama dengan konektor BNC dan bisa digunakan baik untuk single mode maupun multi mode. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend