Apa itu Lagu Daerah? Kenali Pengertian Lagu Daerah Beserta Fungsi dan Ciri-Cirinya

Pengertian Lagu Daerah

Pengertian Lagu Daerah Adalah

Lagu daerah merupakan suatu musik maupun lagu yang bersumber atau berasal dari sebuah daerah yang tertentu dan dapat menjadi populer apabila dinyanyikan baik oleh rakyat yang ada didaerah tersebut atau rakyat yang lainnya. Bentuk dari lagu ini sangatlah sederhana, dan biasanya akan menggunakan bahasa setempat atau lebih dikenal dengan bahasa daerah.

Lagu daerah tersebut umumnya banyak yang menggunakan tema dalam kehidupan sehari-hari, dimana nantinya akan lebih mudah untuk diterima didalam berbagai macam kegiatan rakyatnya. Dan pada umumnya seorang pencipta lagu daerah tersebut tak diketahui siapa orangnya atau bisa disebut dengan noname (NN).

Dilihat dari sifat dan juga asal dari lagu daerah tersebut dapat dibedakan menjadi dua bagian, yakni lagu klasik dan juga lagu rakyat. Lagu rakyat merupakan lagu yang asalnya dari rak yat yang berada pada sebuah daerah. Lagu rakyat ini juga tersebar dengan alami yang dapat disampaikan menggunakan lisan dan juga turun-temurun.

Lagu rakyat ini biasanya juga sering digunakan untuk berbagai acara seperti pada acara pernikahan, berladang, menenun, acara kematian, berlayar, dan lain sebagainya.

Sedangkan lagu klasik merupakan lagu yang sengaja dikembangkan pada pusat pemerintahan di rakyat lama contohnya seperti kesultanan maupun ibukota kerajaan. Lagu klasik ini juga dapat dinilai lebih sacral atau agung jika dibandingkan dengan agu rakyat pada saat pembawaannya.

Hal ini disebabkan yaitu karena didalam lagu klasik mempunyai fungsi yang lain, yakni sering diterapkan didalam upacara-upacara adat pada sebuah kerajaan.

Fungsi Lagu Daerah

Pengertian Lagu Daerah dan Fungsinya

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui apa pengertian lagu daerah, maka Anda juga harus mengetahui fungsi dari lagu daerah ini untuk apa saja. Didalam lagu daerah juga memiliki fungsi di dalam setiap wilayah maupun daerah. Dan berikut ini adalah fungsi dari lagu daerah :

1. Untuk Media Hiburan

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwasanya fungsi dari sebuah lagu ialah dapat menjadi media hiburan, dan tak terkecuali dengan lagu daerah yang ada di Indonesia. Walaupun terdapat lagu daerah yang dikhususkan untuk suatu momen maupun acara tertentu, tetapi hal tersebut Cuma sebahagian kecil saja.

Bahkan sebagian besarnya dapat dijadikan suatu media hiburan, terlebih lagi pada zaman sekarang ini yang banyak sekali dijadikan sebagai musik pengiring, contohnya yaitu untuk aktivitas senam, wayang, perayaan sebuah pesta, teater, pengiring suatu pertunjukan tari, dan lain sebagainya.

2. Menjadi Suatu Media Komunikasi

Tidak hanya menjadi suatu media hiburan, fungsi dari lagu daerah juga dapat dijadikan sebagai suatu media komunikasi. Setiap penyanyinya pasti akan membawakan sebuah lagu dengan penghayatan dan juga perenungan yang penuh. Hal tersebut memiliki tujuan agar dapat menyampaikan sebuah pesan yang terkandung dengan maksimal.

Dan dengan pembawaan yang penuh dan mendalam tersebut, para audiens atau pendenga bisa mendapatkan suatu makna yang secara konstan tanpa adanya perantara, sehingga mereka dapat mengetahui lebih jauh mengenai apa tujuan dan juga manfaat dari lagu tersebut.

3. Dapat meningkatkan Rasa Cinta kepada Budaya Daerah

Dahulu ada sebuah pepatah yang mengatakan Lancar kaji karena diulang, lancar jalan karena ditempuh. Maka begitu juga perumpamaan pada lagu daerah yang ada di Indonesia, hal tersebut disebabkan karena paabila tak terus untuk dinyanyikan dan kemudian ditampilkan, pasti eksistensinya perlahan-lahan akan semakin memudar.

Maka dari itu, semakin seringnya sejumlah generasi muda Indonesia yang menyanyikannya merupakan suatu cara yang sangat tepat didalam rangka melestarikan, menjada dan juga melindungi keberadaannya, terlebih lagi ditengah-tengah pengaruh seni dan juga budaya yang berasal dari luar yang perkembangannya sangatlah pesat. Karena jika bukan kita yang melestarikannya, maka siapa lagi ?

4. Sebagai Pengiring Tari Daerah

Anda semua pasti pernah melihat kesenian tari tradisional atau tari daerah, dan tiap tarian daerah ini pasti mempunyai suatu musing pengiring yang khusus dan juga khas, serta umumnya dapat diangkat dari berbagai lagu daerah yang ada di dalam wilayah tersebut. Dan begitu pula dengan gerakan yang ditampilkan, biasanya akan enggambarkan tujuan dan juga makna tertentu.

5. Sebagai Identitas Negara

Sedari dulu, begbagai macam lagu daerah yang ada di Indonesia menjadi salah satu dari keunggulan yang dapat membanggakan negara ini di kancah internasional. Karena terdapat banyak sekali lagu daerah atau tradisional yang sering dinyanyikan diberbagai macam festival maupun acara resmi atau non resmi.

Maka dapat disebut saja seperti contohnya drama teater, paduan suata, maupun pentas seni yang lainnya. Dengan begitu, dapat menjadikan bukti dari keanekaragaman dan juga kekayaan budaya nasional, dan sekalibus bisa menjadi kebanggaan yang tersendiri untuk rakyat bangsa Indonesia.

Ciri-Ciri dan Karakteristik Lagu Daerah

lagu daerah

Kebhinekaan budaya negara Indonesia dapat menumbuhkan berbagai musik dengan keunikannya masing-masing. Musik merupakan suatu ungkapan perasaan yang bisa dituangkan didalam bentuk bunyi-bunyian, hal tersebut dapat dengan vokal ataupun instrumental.

Musik daerah setempat itu juga mempunyau karakter yang hampir mirip dengan lagu daerah, yakni sederhana, turun-temurun, kedaerahan dan juga jarang diketahui pecipta lagunya. Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri dan juga karakteristik dari lagu daerah.

1. Sederhana

Kesederhanaan dari musik bisa dilihat melalui bahan alat musik, bentuk dan juga cara memainkannya. Bentuk dari alat musik daerah setempat tersebut mempunyai keunikannya yang tersendiri dan disesuaikan dengan suatu kondisi dari geografis daerah tersebut.

Bahan yang dipilih untuk membuat suatu alat musik tersebut juga sangatlah sederhana, contohnya yaitu seperti bambu, kerang, daun dan juga kayu. Dan dilihat dari peranannya, umumnya musik daerah meliputi dari alat musik ritmis dan juga melodis.

2. Turun-temurun

Musik didalam daerah setempat telah ada sejak rakyat tersebut ada. Maka, musik daerah setempat tersebut memiliki sifat yang turun-temurun. Umumnya musik daerah setempat ini terikat dengan bentuk maupun pola yang tertentu, serta telah ada pada zaman leluhur di daerah tersebut.

3. Kedaerahan

Beranekaragaman alat musik dikarenakan kondisi dari geografis yang berbeda-beda pula. Misalnya pasa alat musik petik pada rakyat Jawa sangat berbeda dengan alat musik petik yang ada di rakyat Sunda, Kalimantan dan juga Sumarera. Gendang dari daerah Papua juga berbeda dengan gendang yang ada di Jawa, Bali maupun  Batak.

4. Jarang Diketahui Pencipta Lagunya

Musik daerah disuatu wilayah memiliki sifat yang turun menurun, tak tertulis dan juga tidak diketahui siapa penciptanya dengan pasti. Musik dari daerah setempat itu merupakan musik yang berasal dan lahir dari budaya di wilayah tersebut. Ciri yang paling menonjol dari musik tersebut ialah alat musik maupun lagu yang memiliki sifat yang kedaerahan dan juga sederhana.

Contoh Lagu daerah

lagu daerah

Ada berbagai macam lagu daerah di Indonesia, yakni sebagai berikut :

  1. Ampar-Ampar Pisang yang berasal dari Kalimantan Selatan
  2. Cublak Cublak Suweng yang berasal dari Jawa Timur
  3. Gundul Pacul yang berasal dari Jawa Tengah
  4. Tokecang yang berasal dari Jawa Barat
  5. Jali-Jali yang berasal dari Jakarta

Demikianlah artikel yang membahas mengenai pengertian lagu daerah, fungsi lagu daerah, ciri-ciri lagu daerah, dan contoh lagu daerah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend