Pengertian Model Pembelajaran Beserta Fungsi dan Jenis-jenisnya

Pengertian Model Pembelajaran

Pengertian Model Pembelajaran

Tahukah kamu apa yang dimaksud dari model pembelajaran ? Pengertian dari model pembelajaran yaitu suatu kerangka yang konseptual dan operasional dari pembelajaran yang mempunyai ciri, nama, pengaturan, urutan logis, dan juga budaya. Hal tersebut juga sudah sesuai dengan Undang-Undang Permendikbud No 103 pada Tahun 2014 mengenai Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Pasal 2.

Dan secara umum, model pembelajaran merupakan suatu cara maupun teknis dalam penyajian sistematis yang juga digunakan oleh seluruh guru didalam mengorganisasikan pengalaman suatu proses dari pembelajaran supaya dapat mencapai suatu tujuan daru sebuah pembelajaran tersebut.

Model pembelajaran ini juga dpaat diartikan menjadi keseluruhan dari rangkaian yang didalamnya meliputi seluruh aspek sebelum, sedang dan juga sesudah dari pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru dan seluruh fasilitas terkait yang juga digunakan dengan cara langsung maupun tidak langsung didalam suatu proses belajar mengajar.

Model pembelajaran ini juga mempunyai suatu makna yang luas dibandingkan dengan strategi, metode maupun hanya sekedar dari prosedur pembelajaran. Dan saat ini, sudah banyak juga dikembangkan berbagai macam dari model pembelajaran, mulai dari bentuk yang sederhana sampai dengan model yang lebih kompleks dan juga rumit dikarenakan membutuhkan banyak sekali alat bantu didalam penerapannya tersebut.

Contoh-contoh dari model pembelajaran yaitu seperti diskusi, ceramah, bermain peran, studi kasus, demonstrasi dan lain-lain yang dapat diterapkan. Contoh-contoh dari model pembelajaran tersebut juga mempunyai kelebihan dan juga kelemahannya masing-masing.

Suatu model pembelajaran yang tepat dan juga baik yaitu model pembelajaran yang diaplikasikan kepada pembelajaran bahan kajian maupun pokok dari bahasan hingga sub dari pokok bahasan tersebut dengan cara menggunakan dana dan juga waktu yang tidak begitu banyak. Dan para siswa dan siswi juga bisa memperoleh hasil yang lebih maksimal lagi.

Fungsi Model Pembelajaran

Apa itu Model Pembelajaran?

Banyak sekali berbagai macam model pembelajaran yang sudah ditemukan dan juga dikembangkan oleh beberapa pakar pmebelajaran dan pendidikan. Dan agar menjadi seorang guru sains yang bekerja secara professional, maka pengetahuan mengenai model pembelajaran tersebut haruslah dipunyai oleh para guru dengan caik. Karena, model dari pembelajaran tersebut mempunyai berbagai fungsi. Dan berikut ini merupakan berbagai fungsi dari model pembelajaran :

1. Dapat membimbing dan juga membantu para guru dalam memilih strategi, teknik dan juga metode pembelajaran

Hal tersebut dimaksudkan yaitu agar para guru dapat memilih strategi, teknik dan juga metode pembelajaran dengan tujuan pembelajarannya dapat tercapai dengan baik. Hal seperti ini juga sudah dipelajari sebelumnya bahwasanya model dari pembelajaran pada dasarnya tersebut berisi strategi, metode, teknik dan juga taktik suatu pembelajaran.

Maka dari itu, apabila seorang guru menggunakan suatu model pembelajaran yang tertentu dengan otomatis maka guru tersebut akan mengetahui teknik, taktik, metode dan juga strategi dari pembelajaran yang akan mereka lakukan.

2. Dapat membantu membuat interaktsi diantara guru dan juga siswa

Model pembelajaran juga berfungsi untuk dapat membantu membuat interaksi diatara guru dan juga siswa yang mereka inginkan didalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung tersebut. Dan dengan model ini, maka guru bisa memiliki suatu pedoman untuk berinteraksi dengan para siswa selama didalam proses pembelajaran yang berlangsung tersebut.

Contohnya yaitu cara mengkomunikasikan suatu informasi, cara untuk memunculkan sebuah masalah, cara untuk menanggapi pertanyaan dan juga jawaban dari para siswa, serta cara untuk membangkitkan semangat para siswa.

3. Dapat membantu seorang guru maupun instruktur didalam memilih materi pembelajaran yang tepat

Model pembelajaran juga berfungsi untuk membantu seorang guru maupun instruktur didalam meilih suatu materi pembelajaran yang menurutnya tepat untuk diterapkan didalam pembelajaran, silabus, dan juga penyusunan RPP.

Dan dengan memahami suatu model pembelajaran yang tepat, maka guru tersebut dapat terbantu ketika akan menetapkan dan juga menganalisis suatu materi yang akan diterapkan sesuai dengan para siswanya.

4. Dapat memberikan suatu bahan prosedur

Bahan prosedur tersebut dibuat untuk dapat mengembangkan suatu materi dan juga sumber belajar yang efektif dan juga menarik. Didalam tiap model pembelajaran terdapat system pendukungnya.

Dan dengan system tersebut , maka guru dapat terbimbing untuk bisa mengembangkan suatu materi maupun sumber belajarnya, contohnya yaitu seperti membuat modul, handout, diktat, dan lain sebagainya.

5. Dapat membantu mengkomunikasikan sejumlah informasi mengenai teori mengajar.

Di tiap suatu model pembelajaran pasti membutuhkan suatu teori mengajar yang berbentuk metode, pendekatan, strategi, taktik dan juga teknik. Maka dari itu, apabila seorang guru dapat menggunakan model pembelajaran tertentu, maka akan secara otomatis seorang guru tersebut akan dapat mengkomunikasikan suatu teori mengenai mengajar seperti apa yang sudah disebutkan sebelumnya.

Jenis-Jenis Model Pembelajaran

Jenis-Jenis Model Pembelajaran

Seorang guru pasti memiliki suatu model pembelajaran yang diterapkannya kepada para siswanya. Karena dengan model pembelajaran tersebut dapat membuat para siswa mengerti akan pelajaran yang akan dibawanya. Dan berikut merupakan jenis-jenis dari model pembelajaran :

1. Model Pembelajaran Kooperatif

Model pembelajaran kooperatif ini adalah suatu model pembelajaran yang mengacu kepada beberapa macam dari metode pembelajaran yang mana sejumlah siswanya mampu bekerja didalam kelompok-kelompok kecil untuk bisa saling membantu satu dengan yang lainnya didalam mempelajari suatu materi didalam pelajaran yang disampaikan.

2. Model Pembelajaran Terpadu

Pada model pembelajaran terpadu adalah suatu pembelajaran yang bisa memungkinkan seluruh siswanya baik dengan cara individual ataupun kelompol untuk dapat mencari, menggali dan kemudian menemukan suatu konsep dan juga prinsip secara holistic. Pembelajaran terpadu ini juga adalah suatu model yang dapat mencoba memadukan berbagai pokok dari pembahasan.

3. Model Pembelajaran Kontekstual

Model pebelajaran kontekstual adlaah suatu konsep belajar dimana dapat mendorong seorang guru maupun instruktur untuk bisa menhubungkan antara materi yang akan mereka ajarkan dengan suatu situasi didunia nyata para siswanya.

Pembelajaran kontekstual ini juga dapat mendorong para siswanya menciptakan suatu hubungan diantara pengetahuan yang mereka miliki dengan penerapan didalam kehidupan mereka seperti biasanya. Pengetahuan dan juga keterampilan para siswa tersebut diambil dari usaha para siswa untuk mengkonstruksi sendiri ilmu pengetahuan dan juga keterampilan yang baru apabila siswa belajar.

4. Model Pembelajaran Kuantum

Model pembelajaran ini sengaja dirancang dengan beberapa teori maupun pandangan psikolosi kognitif  yang menyingkirkan berbagai hambatan belajar melewati suatu penggunaan cara dan juga alat yang tepat, dengan begitu maka para siswa bisa belajar dengan alami dan juga mudah.

5. Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Model pembelajaran ini adalah suatu model pembelajaran yang dapat menyajikan suatu masalah secara kontekstual, sehingga dapat merangsang para siswanya untuk bisa belajar dengan baik. Fokus dari model pembelajaran ini tak banyak kepada apa yang tengah dikerjakan oleh para siswa akan tetapi pada apa yang para siswa tersebut pikirkan ketika mereka mengerjakannya.

Dan guru akan memfungsikan dirinya menjadi seorang fasilitator dan juga pembimbing sehingga para siswa bisa belajar untuk dapat berpikir dan akan menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai pengertian model pembelajaran, fungsi model pembelajaran dan juga jenis-jenis model pembelajaran. Dengan begitu, maka Anda dapat menentukan metode pembelajaran mana yang Anda senangi. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend