Pengertian Seni Beserta Fungsi, Konsep dan Cabang-Cabang Seni

Pengertian Seni

Tahukah Anda apa pengertian dari Seni ? Pengertian Seni yaitu sebuah ekspresi dari emosional atau perasaan seseorang yang mempunyai unsur-unsur keindahan di dalamnya dan juga dapat diungkapkan menggunakan sebuah media yang memiliki sifat yang nyata, seperti dalan bentuk suatu rupa, gerak, nada, syair, dan juga bisa dapat dirasakan panca indra dari manusia.

Tidak hanya itu, ada juga sejumlah orang yang menganggap pengertian dari seni adlaah segala hal yang dibuat dan diciptakan oleh seorang manusia yang didalamnya terkandung unsur keindahan dan bisa mempengaruhi emosional orang lain. Kesimpulannya yaitu, seni adalah hasil dari aktivitas bati manusiia yang dapat dinyatakan dengan bentuk sebuah karya yang dapat mempengaruhi perasaan orang lain.

Sedangkan pengertian seni dilihat dari kata asalnya yaitu kata Sani yang merupakan bahasa Sansekerta yang memiliki arti berupa persembahan, pelayanan dan pemujaan. Dengan begitu dapat dikatakan, seni memiliki hubungan yang sangat erat dengan sebuah upacara keagamaan yang biasa disebutkan dengan kata kesenian.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni adalah

Nah, untuk dapat memahami dengan jelas apa yang dimaksudkan dari sebuah Seni, kita dapat melihat pendapat-pendapat dari para ahli. Dengan adanya pengertian seni menurut para ahli ini berguna untuk Anda yang masih bingung dengan penjelasan diatas. Berikut pengertian seni menurut para ahli :

1. Plato

Plato beranggapan pengertian dari seni yaitu merupakan hasil dari duplikasi alam dan semua isi di dalamnya atau ars imitator naturam.

2. Thomas Murno

Thomas Murno beranggapan pengertian dari seni yaitu sebuah media yang diciptakan oleh manusia yang akan memunculkan efek-efek psikologis dari manusia lainnya yang akan melihatnya.

3. Sudarmaji

Sudarmaji beranggapan pengertian dari seni yaitu sebuah manifestasi dari batin dan pengalaman yang estetis dari seorang individu dengan menggunakan media yang berupa tekstur, garis, volume, bidang, warna, dan gelap terang.

4. Alexander Baum Garton

Alexander Baum Garton beranggapan pengertian dari seni yaitu sebuah keindahan yang memiliki tujuan yang positif dan akan menjadikan penikmatnya untuk merasakan sebuah kebahagiaan.

5. Immanuel Kant

Immanuel Kant beranggapan pengertian dari seni yaitu merupakan suatu impian, hal itu dikarenakan sejumlah rumus-rumus pun tak akan bisa untuk mengihtiarkan kenyataan.

6. Eric Aryanto

Eric Ariyanto beranggapan pengertian dari seni yaitu merupakan kegiatan batin atau rohani yang dapat direfleksikan ke dalam sebuah bentuk karya dan kemudian bisa membangkitkan emosional dari seseorang yang bisa mendengar maupun melihatnya.

7. Aristoteles

Aristoteles beranggapan pengertian dari seni yaitu merupakan sebuah bentuk dari ungkapan dan sebuah penampilan yang tak akan pernah lari dari kenyataan, serta seni juga merupakan peniru alam.

8. Leo Tolstoy

Leo Tolstoy beranggapan pengertian dari seni yaitu merupakan sebuah perasaan pencipta yang mana nantinya akan diungkapkan ke orang lain, dan berharap mereka bisa merasakan apa yang telah dirasakannya juga.

Baca Juga : Macam-Macam HAM

Fungsi Seni

Fungsi Seni adalah

Berpedoman dengan pengertian seni seperti apa yang dituliskan diatas, fungsi dari seni secara umum yaitu merupakan sebuah bentuk untuk menyampaikan ekspresi seseorang ke orang lain serta lingkungannya. Fungsi seni pun bisa dibedakan menjadi dua kelompok, yang pertama yaitu fungsi seni untuk perorangan dan fungsi seni untuk sosial. Berikut adalah fungsi seni :

1. Fungsi seni untuk perorangan

Untuk setiap orang, seni mempunyai fungsi untuk menjadi sebuah alat pmenuh kebutuhan  mereka. Dan bentuk dari kebutuhan tersebut yaitu :

Seni menjadi alat untuk memenuhi kebutuhan perasaan seseorang

Perasaan merupakan suatu hal yang ada pada diri seorang manusia, Dan setiap orang juga berhak untuk meluapkan perasaannya tersebut agar kondisi dari kejiwaaan orang tersebut tetap normal. Untuk dapat meluapkan perasaannya tersebut, seseorang membtuhkan suatu dorongan yang ada diluar dirinya sendiri.

Contohnya, apabila seseorang memiliki jiwa estetika yang tinggi dan memiliki bakat tertentu, orang tersebut dapat meluapkan perasaannya pada sebuah seni berupa musik, lukisan, dan lain sebagainya.

Seni menjadi alat untuk memenuhi kebutuhan fisik seseorang

Manusia sering kali memberikan apresiasi terhadap keindahan dan penggunaan dari berbagai benda. Dan pada proses kebutuhan fisik tersebut, seniman-senimam memiliki peran penting dalam sebuah penciptaan segala benda-benda yang memiliki nilai seni yang tinggi untuk dapat memuaskan kebutuhan fisik dan memberikan rasa nyaman kepada setiap orang lainnya.

Baca Juga : Pengertian Pajak

2. Fungsi seni untuk sosial

Manusia pada hakikatnya merupakan makhluk yang membunyai kebutuhan untuk saling berinteraksi dengan lingkungannya dan juga orang lain. Nah, pada fungsi seni untuk sosial ini dapat berfungsi juga sabagai alat median untuk memenuhi kebutuhan sosial. Dan berikut bentuk fungsi seni untuk sosial :

Seni sebagai alat untuk hiburan

Rata-rata hal yang berkaitan dengan sebuah media hiburan semuanya mengandung unsur seni, yang mana seniman tersebut bisa mengekspresukan dirinya  dengan cara aktif maupun pasif. Orang-orang penikmat seni tersebut pun bisa merasa terhibur apabila telah melihat sebuah seni yang menurutnya bagus dan memukau.

Cabang-Cabang Seni

Cabang-Cabang Seni

Semakin berkembangnya sebuah zaman maka semakin besar pula pemahaman manusia tentang hal seni. Dan hal tersebut pula yang membuat banyak sekali seni-seni baru yang lahir, terutama di masyarakat. Seorang ahli yang bernama Oswald Kuple pun membagi cabang-cabang seni menjadi sebagai berikut :

1. Seni Penglihatan atau Visual Art

Pada seni penglihatn atau visual art ini harus memiliki indera penglihatan agar dapat menikmati sebuah seni. Dan telah dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Seni Dua Dimensi : Pada seni dua dimensi ini memiliki dua cabang lagi yaitu seni dua dimensi yang tanpa pergerakan seperti lukisan, dan seni dua dimensi yang memiliki pergerakan seperti perfilman.
  • Seni Tiga Dimensi : Pada seni tiga dimensi ini memiliki dua cabang lagi yaitu seni tiga dimensi yang tanpa pergerakan seperti seni pahat, dan seni tiga dimensi yang memiliki pergerakan seperti seni tari.
  • Seni Integral : Yaitu sebuah seni yang memadukan kedua hal tersebut untuk menampilkan bentuk dan permukaannya, contohnya arsitektur.

2. Seni Musik

Pada sebuah seni musik, sangat diperlukannya bunyi sebagai sebuah unsur utamanya. Tidak hanya itu, pada sebuah musik ada unsur-unsur lainnya, contohnya yaitu notasi, harmonisasi dan melodi. Sumber bunyi dari seni musik ini bisa dihasilkan dari alat-alat musik.

3. Seni Tari

Pada sebuah seni tari, sangat diperlukannya gerakan tubuh sebagai sebuah unsur utamanya dan keindahannya. Koreografer tersebut bisa menyampaikan dan mengekspresikan maksut dan pesan yang ingin disampaikannya melalui gerakan-gerakan dalam tarian mereka.

Baca Juga : Pengertian Kebudayaan

4. Seni Teater

Seni teater merupakan seni yang dapat memvisualisasikan imajinasi seseorang. Imajinasi tersebut dapat menghasilkan hal yang berhubungan baik dengan tingkah laku makhluk hidup.

5. Seni Sastra

Seni sastra adalah sebuah seni yang bisa dinikmati dengan menggunakan media penglihatan dan pendengaran. Umumnya seni sastra diekspresikan pada sejumlah kata-kata, dengan kata-kata tersebut seseorang bisa menyampaikan kesan dan pesannya dengan indah. Contohnya yaitu puisi.

Konsep Seni

Konsep Seni

Konsep seni adalah suatu ide, gagasan-gagasan dan rancangan yang mana nantinya hal itu semua akan disatukan untuk dapat membentuk sebuah seni yang indah. Dan seni tersebut mempunyai maksud dan tujuannya sendiri.

Demikian pembahasan mengenai pengertian seni dan komponen-komponen lain yang ada di dalamnya. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend