Pengertian Tanggung Jawab Beserta Manfaat, Macam dan Contoh Tanggung Jawab

Pengertian Tanggung Jawab

Selama ini pasti kita sering mendengar kata tanggung jawab, bukan? Tapi tahukah Anda apa yang dimaksud dari tanggung jawab tersebut ? Tanggung jawab sendiri menurut KBBI memiliki arti yaitu suatu keadaan yang mewajibkan seseorang untuk menanggung segala hal atau  sesuatu yang sudah diberikan kepadanya.

Maka dari itu bertanggung jawab juga memiliki arti berkewajiban menanggung, memikul suatu tanggung jawab, menanggung seluruh hal ataupun sesuatu dan juga dapat memberikan jawab dan juga menanggung akibatnya.

Tanggung jawab juga merupakan suatu kesadaran dari manusia akan perilaku ataupun perbuatan yang disengajai dan juga tidak disengajai mereka. Tanggung jawab memiliki sifat kodrati, yang mana berarti telah menjadi separuh dari bagian kehidupan manusia, karena setiap orang juga pasti memiliki beban akan tanggung jawabnya.

Dan jika ia tidak ingin bertanggung jawab, maka nantinya ada pihak lainnya yang akan memaksakan suatu tanggung jawab tersebut. Dengan begitu, tanggung jawab tersebut juga bisa dilihat melalui dua sisi, yakni dari pihak yang berbuat dan juga dari kepentingan pihak lain.

Suatu tanggung jawab juga merupakan suatu ciri dari manusia yang berbudaya dan juga beradab. Setiap manusia merasa memiliki tanggung jawab disebabkan ia sudah menyadari akibat yang baik ataupun buruk dari perbuatannya tersebut, dan juga sudah menyadari juga bahwasanya pihak lain yang sangat memerlukan, pengabdian ataupun pengorbanannya.

Agar dapat mendapatkan hasil atau meningkatkan suatu kesadaran dalam bertanggung jawab, maka sangat diperlukan untuk menempuh usaha yang melalui penyuluhan, pendidikan, dan juga ketakwaan terhadap Tuhan.

Pengertian Tanggung Jawab Menurut Para Ahli

Pengertian Tanggung Jawab

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan tanggung jawab, Anda dapat mengacu pada pendapat para ahli mengenai pengertian tanggung jawab dibawah ini. Berikut pengertian tanggung jawab menurut para ahli :

1. Menurut Friedrich August von Hayek 

Friedrich August von Hayek berpendapat bahwasanya istilah dari tanggung jawab biasanya hanya digunakan untuk menutupi tanggung jawab tersebut. Tanggung jawab dan kebebasan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan.

Karena orang yang bisa bertanggung jawab akan tindakannya dan juga dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya itu cuma orang yang bisa mengambil keputusan dan juga mampu bertindak tanpa adanya tekanan dari pihak manapun ataupun secara bebas.

2. Menurut George Bernard Shaw

George Bernard Shaw berpendapat bahwasanya pengertian dari tanggung jawab adalah setiap orang yang mampu menerapkan segala pengetahuan dan juga energinya ke dalam bentuk suatu tindakan yang efektif, serta dapat berguna apabila mereka sendiripun juga harus menanggung akubat dari apa yang dilakukannya. Baik dalam hal keuntungan dan juga kerugian.

3. Menurut Carl Horber

Carl Horber berpendapat bahwasanya pengertian dari tanggung jawab adalah setiap orang pasti memiliki kemungkinan di beberapa situasi pada kewajiban moral ataupun hukum untuk dapat bertanggung jawab kepada orang lain.

Manfaat Tanggung Jawab

Manfaat Tanggung Jawab

Sifat tanggung jawab juga harus dimiliki oleh setiap orang, karena sifat ini memiliki banyak manfaat atau keuntungannya. Maka dari itu kita sebagai manusia haruslah menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Berikut beberapa manfaat dari tanggung jawab :

1. Lebih dihargai orang lain

Orang yang memiliki sifat tanggung jawab yang baik pada umumnya akan lebih dihargai oleh orang lain. Karena sifat tersebut membuatnya menjadi orang yang bisa diandalkan dan dapat dipercayai untuk mengemban sesuatu.

2. Jarang melakukan kesalahan

Orang yang memiliki sifat tanggung jawab yang baik biasanya juga tidak mudah untuk melakukan kesalahan. Karena ia sangat berhati-hati akan tugas yang ia kerjakan. Dan ia juga sangat teliti untuk memeriksa apakah pekerjaannya terselesaikan dengan benar atau tidak.

3. Dapat dipercaya

Orang yang memiliki sifat tanggung jawab yang baik juga lebih banyak dipercaya oleh orang lain. Kepercayaan itu pun didapat dari hasil kerja yang sudah dikerjakan oleh seseorang tersebut sebelumnya.

Maka dari itu biasanya orang yang memiliki sifat tanggung jawab lebih banyak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, organisasi maupun tempat ia bekerja.

4. Mendorong kesuksesan

Sehubungan dengan beberapa hal diatas, sifat tanggung jawab yang dimiliki seseorang juga dapat mendorong kesuksesan. Karena orang yang bertanggung jawab dapat dipercaya, lebih hati-hati dan juga menjalankan pekerjaannya dengan benar.

5. Orang lain puas akan hasil kerja Anda

Dengan menjadi orang yang bertanggung jawab, Anda akan memfokuskan diri Anda pada hasil akhir dari pekerjaan. Hasil pekerjaanpun pasti Anda fokuskan sebaik mungkin.

Dengan begitu, Anda akan membuat orang lain puas dengan hasil kerja keras Anda. Akan banyak orang yang nyaman didekat Anda karena Anda adalah orang yang bertanggung jawab.

Macam-Macam Tanggung Jawab

Macam-macam Tanggung Jawab

Tanggung jawab juga banyak macamnya, contohnya yaitu seperti dibawah ini :

1. Tanggung jawab pada diri sendiri

Tanggung jawab pada diri sendiri juga dapat menentukan suatu kesadaran pada setiap pribadi orang utnuk dapat memenuhi kewajibannya sendiri di dalam mengembangkan kepribadian mereka sebagai manusia.

2. Tanggung jawab pada keluarga

Tanggung jawab keluarga terdiri atas ayah, ibu dan anak-anak di dalamnya. Dan pada tanggung jawab ini termasuk didalamnya ada keselamatan, kesejahteraan dan juga kehidupan harmonis didalam suatu keluarga.

3. Tanggung jawab pada masyarakat

Tanggung jawab pada masyarakat merupakan tanggung jawab yang harus didilakukan pada setiap anggota masyarakat yang didalamnya. Guna untuk dapat terus melangsungkan hidupnya didalam kelompok masyarakat tersebut. Maka hal yang wajar jika segala perilaku dan juga perbuatan juga harus dipertangjawabkan oleh masyarakat itu sendiri.

4. Tanggung jawab pada Tuhan

Setiap manusia yang telah dilahirkan didunia ini pasti memiliki tanggung jawab kepada Tuhan. Dan setiap orang yang memiliki agama juga tentu pasti tau tanggung jawab apa yang harus ia tanggung.

Biasanya setiap agama memiliki larangan yang tidak memperboleh penganutnya melakukannya. Maka apabila hal tersebut dilanggar, maka orang tersebut akan bertanggung jawab di akhirat kelak.

Contoh Tanggung jawab

Contoh Tanggung jawab

Untuk mempermudah Anda memahami apa maksud dari macam-macam tanggung jawab diatas, maka dibawah ini akan memberikan contoh tanggung jawab berdasarkan macam-macam tanggung jawab diatas :

1. Contoh tanggung jawab pada diri sendiri

Contoh dari tanggung jawab pada diri sendiri yaitu apabila seorang siswa yang ingin mengikuti ujian besok, maka ia harus belajar dengan giat pada malam hari. Dan apabila ia tidak belajar dan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan, maka ia harus bertanggung jawab kepada dirinya sendiri karena tidak belajar pada saat sebelum ujian.

2. Contoh tanggung jawab pada keluarga

Contoh tanggung jawab pada keluarga yaitu seorang ayah harus menyelamatkan keluarganya dari kemiskinan, karena ayah merupakan kepala keluarga. Maka dari itu, seorang ayah bertanggung  jawab untuk keselamatan istri dan anak-anaknya, dan memberikan mereka kehidupan yang layak dengan cara bekerja dengan giat.

3. Contoh tanggung jawab pada masyarakat

Contoh tanggung jawab pada masyarakat yaitu apabila ada seseorang yang tidak ingin bergotong-royong untuk kebersihan lingkungannya dan lebih memilih untuk bermalas-malasan. Maka ia pun akan mendapatkan teguran dari kepala desa didaerahnya, Karena gotong-royong merupakan suatu tanggung jawab dari seorang anggota masyarakat.

4. Contoh tanggung jawab pada Tuhan

Contoh tanggung jawab pada Tuhan yaitu setiap umat beragama harus mematuhi peraturan dan juga kewajiban yang diatur agamanya tersebut. Karena hal tersebut merupakan tanggung jawab dari umat beragama.

Demikian pembahasan mengenai pengertian tanggung jawab. Semoga dengan adanya artikel diatas, Anda dapat memahami apa yang dimaksud dari tanggung jawab.

Leave a Reply

Send this to a friend