• Our Partners:

Kenali Pengertian Weebly Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Weebly

Pengertian Weebly Adalah

Apa ada yang pernah mendengar istilah Weebly? Mungkin untuk anda yang setiap hari selalu berkecimpung di dunia blogging sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Weebly merupakan salah satu sarana pembuatan web yang bisa dimanfaatkan secara gratis. Siapapun yang hendak membuat web atau blog di sini bisa menggunakan Weebly jika mereka tidak ingin mengeluarkan biaya apapun.

Weebly bekerja dengan menggunakan format widget yang bisa membuat para pengguana mampu membuat halaman dengan hanya beberapa klik. Mereka juga bisa menyeret maupun menjatuhkan tulisan, gambar, maupun berbagai konten lainnya dengan sangat mudah. Seseorang yang berjasa menciptakan Weebly adalah David Rusenko, Chris Fanini, dan juga Dan Veltri.

Pada awal kemunculannya, Weebly langsung memperoleh tanggapan positif dari audiens. Khususnya mereka yang memang membutuhkan sarana belajar mengelolah dan mengembangkan web. Ada banyak fitur yang dimiliki oleh Weebly yang bisa dimanfaatkan untuk membuat tampilan web menjadi lebih bagus sesuai dengan keinginan kita.

Belum lagi Weebly semakin menambahkan fiturnya yang bisa dinikmati secara cuma-cuma. Salah satu fitur yang hadir adalah Weebly Pro. Fitur ini dapat membuat pengguna bisa membuat password pada halaman yang akan dilindungi. Fitur ini juga dapat bermanfaat untuk membatasi file yang akan diupgrade dan juga mampu menerima support atau dukungan layanan, dan berbagai fungsi yang lainnya.

Beberapa tahun yang lalu juga Weebly dikabarkan sudah kompatible dengan browser Google Chrome dan juga Safari. Kabar ini tentu saja merupakan angin segar karena mereka yang setiap hari menggunakan Chrome atau Safari bisa mengakses web yang menggunakan Weebly dengan nyaman dan responsif.

Fungsi Weebly

Weebly

Sebagaimana penjelasan yang sudah kami paparkan di atas, fungsi dari Weebly adalah memungkinkan pengguna membuat sebuah website tanpa harus dikenakan biaya. Weebly berperan sebagai sarana atau jembatan untuk membuat website secara gratis. Fungsi ini biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang baru belajar blogger karena mereka bisa lebih leluasa untuk mengotak-atik websitenya sesuai dengan keinginan.

Meskipun begitu, tidak sedikit juga yang menggunakan Weebly dengan maksud benar-benar ingin membuat web. Selain itu, Weebly juga sudah menyediakan banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan untuk membuat tampilan halaman website lebih menarik sehingga banyak orang yang mengunjungi website tersebut.

Weebly nanti juga akan memberikan sub domain gratis. Namun biasanya pengguna tidak bisa menentukan sub domain yang diinginkan sehingga mau tidak mau kita harus mengikuti dan memilih salah satu sub domain yang ditentukan oleh Weebly.

Kelebihan dan Kekurangan Weebly

Weebly

Setiap program, sistem, maupun aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tidak terkecuali dengan Weebly yang sudah jelas kelebihan dan juga kekurangannya. Untuk anda yang ingin tahu lebih dalam tentang apa saja yang menjadi keunggulan dan kelemahan Weebly, silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

1. Kelebihan Weebly

Sebagai sarana membuat web grati

Kelebihan pertama dari Weebly adalah ia memberikan kemudahan untuk kita yang ingin membuat web secara gratis. Kita tidak akan dituntut untuk mengeluarkan biaya agar bisa menggunakannya termasuk juga menggunakan fitur-fitur yang ada.

Kemudahan dalam memasukkan kontan

Kelebihan yang kedua dari Weebly adalah membuat kita lebih mudah ketika hendak memasukkan konten. Perlu anda tahu bahwa meskipun Weebly gratis. Namun fitur yang ada di sini tidak boleh diremehkan.

Anda bisa melihat sendiri betapa banyaknya fitur yang disediakan yang bisa anda nikmati dan manfaatkan satu per satu untuk menciptakan sebuah website dengan tampilan yang menarik. Dengan begitu, maka cara ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan traffic pada website anda.

Memberikan terobosan terbaru di dunia website

Tidak sedikit orang yang berpendapat jika sekarang menggunakan blogspot sudah membosankan dan mulai ditinggalkan. Tidak sedikit orang yang memberikan komentar negatif terhadap blogspot. Salah satunya adalah berpendapat bahwa blogspot merupakan cara membuat atau domain yang ribet dan kurang menarik.

Ada beberapa alasan mengapa mereka memiliki pendapat demikian. Salah satu pendapat yang umum dan memang terjadi yakni para pengguna cenderung kesulitan ketika hendak menambahkan sebuah fitur maupun elemen. Penambahan yang dilakukan tersebut cenderung sulit sehingga tidak sedikit orang yang malas dan mulai berpikir untuk meninggalkan blogspot.

Dibandingkan dengan Weebly yang mana anda hanya perlu menggunakan teknik seret. Ya, jika anda ingin menambahkan sesuatu yang anda inginkan, cukuplah menyeret konten atau file yang ingin anda tambahkan tersebut. Tentu saja hal ini menghemat waktu dan pastinya akan memudahkan anda.

Memiliki desain yang lebih menarik

Kelebihan yang lain dari Weebly adalah ia dilengkapi dengan pilihan desian yang lebih menarik dibandingkan dengan blogspot. Bagi anda yang sudah lama menggunakan blogspot mungkin sudah tidak asing dengan pilihan desian yang cenderung kaku dan kurang stylist.

Namun dengan adanya Weebly, anda dimanjakan dengan banyaknya pilihan desain yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Desain yang disediakan pun juga kekinian dan dijamin anda tidak akan pernah bosan.

2. Kekurangan Weebly

Setelah mengetahui hal-hal yang menjadi kelebihan Weebly, maka di bawah ini anda juga harus tahu apa saja yang menjadi kekurangan Weebly.

  • Weebly masih kurang begitu banyak diketahui, khususnya di Indonesia yang mana mungkin sampai sekarang mereka masih menggunakan blogspot.
  • Pencarian di Google pun Weebly masih cenderung kurang dan sampai dipaksa dengan memasukkan input Weebly pada kotak pencarian.
  • Banyak orang yang masih awam tentang Weebly sehingga mereka cenderung kesulitan ketika mengolahnya.

Itulah pengertian Weebly beserta fungsi, kelebihan dan kekurangannya yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend