• Our Partners:

Apple Pencil in the Future Design

Pensil Futuristik Apple Bakal Dilengkapi Sensor Peniru Warna Dunia Nyata

NESABAMEDIA.COM – Sebuah catatan paten mengungkapkan bahwa versi pensil digital Apple Pencil di masa mendatang mungkin dapat memilih warna dari dunia nyata, sebuah fitur yang ditujukan untuk ilustrator atau artis.

Pengajuan paten, yang diajukan ke Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat pada bulan November 2019 silam tetapi baru saja diterbitkan awal pekan ini, mencakup “sensor warna” dengan pendeteksi foto (photodetector), yang akan mengukur cahaya yang dipantulkan dari objek untuk menentukan warna mereka. Stylus juga dapat dilengkapi dengan sumber cahayanya sendiri untuk membantu sensor mendeteksi warna objek.

Sensor dapat ditempatkan di ujung alat ini, dipasangkan dengan panduan cahaya, atau di ujung Pensil Apple, dengan fitur yang diaktifkan ketika stylus ditempatkan dalam orientasi tertentu, seperti terbalik.

Teknologi ini akan memungkinkan pemilik Apple Pencil untuk membawa stylus dekat objek dunia nyata, seperti kain atau bunga, yang kemudian akan terdeteksi oleh sensor dan ditempatkan dalam palet warna dalam program menggambar. Warna kemudian dapat ditugaskan ke fungsi program, seperti untuk baris dan teks.

Namun, paten Apple tidak membatasi penerapan teknologi pada seni. Sensor ini juga dapat digunakan sebagai pengukur warna untuk keperluan kalibrasi tampilan dan printer, melakukan pengukuran yang berhubungan dengan kesehatan, dan mengidentifikasi warna untuk cat dan kosmetik, serta keperluan desain lainnya yang bisa diterapkan secara digital maupun di dunia nyata.

Aplikasi paten tidak berarti bahwa fitur tersebut pasti akan tiba dalam versi Pensil Apple yang akan datang, tetapi itu berarti bahwa Apple, paling tidak, sedang mengeksplorasi sensor pengambilan sampel warna untuk stylus. Dilansir dari laman Digital Trends, pihak mereka telah menghubungi Apple untuk mencoba mendapatkan informasi lebih lanjut tentang teknologi ini, dan kami akan memperbarui artikel ini segera setelah kami mendengarnya.

Sejak diperkenalkan 5 tahun yang lalu, Apple Pencil menjadi barang mewah yang dibutuhkan oleh banyak pekerja kreatif digital, terutama desainer grafis dan penata interior. Tidak jarang pensil ‘ajaib’ ini digunakan oleh videografer untuk membuat storyboard sebuah film.

Leave a Reply

Send this to a friend