• Our Partners:

Keamanan Data Pribadi Pengguna Google

Sejumlah Fitur Terbaru Google Tingkatkan Keamanan Data Pribadi Pengguna

NESABAMEDIA.COMKeamanan data pribadi  menjadi hal utama yang terus mendapatkan perhatian dari Google. Hal ini dilakukan pada semua layanan milik mereka, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna. Terbaru, pihak Google melakukan sejumlah pembaruan untuk meningkatkan keamanan data pribadi pengguna.

Manajer Produk dari divisi data pribadi pada layanan Google, Greg Fair menyebutkan pembaruan ini menjadi wujud komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan keamanan data pribadi. Lebih lanjut, pada setiap awal pembuatan produk atau layanan yang ada di Google, pihaknya menekankan pada pengaturan data pribadi lebih dahulu.

Berikut ini sejumlah kebijakan dan langkah baru yang diterapkan Google, sehingga pengguna bisa dengan mudah mengatur bagaimana data pribadi mereka diaplikasikan pada produk atau layanan yang ada. 

Penghapusan Riwayat Data Pribadi Pengguna

Pada tahun lalu, Google telah merilis fitur pengaturan untuk memungkinkan terjadinya penghapusan riwayat secara otomatis. Sehingga pengguna bisa meminta Google untuk menghapus data-data pribadi pengguna yang ada pada riwayat lokasi, penelusuran, audio dan aktivitas yang mereka lakukan di Youtube secara otomatis dan berkala dalam hitungan 3 bulan hingga 18 bulan. 

Secara default, kini riwayat data pribadi akan diatur untuk terhapus secara otomatis dalam kurun waktu 18 bulan sekali. Pengaturan ini berlaku pada fitur riwayat lokasi, aktivitas website dan aplikasi serta penggunaan Youtube.

Pengaturan Penelusuran

Akses untuk pengaturan akun utama Google milik pengguna pada hasil pencarian akan dipermudah. Nantinya, ketika pengguna melakukan login ke akun mereka, akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan pemeriksaan privasi Google dan juga keamanan akun mereka. Notifikasi itu muncul dalam sebuah kotak dialog dengan metode yang memudahkan.

Akses ke Mode Incognito

Akses ke mode incognito juga semakin dipermudah oleh Google yang terkait dengan sejumlah aplikasinya. Caranya, pengguna hanya tinggal menekan dan tahan gambar profil mereka pada aplikasi seperti Youtube, Maps dan Search. 

Selain itu mode incognito sedang dikembangkan agar bisa diaktifkan pengguna secara terus menerus tanpa harus logout dan berganti profil. Saat ini fitur tersebut hanya tersedia pada iOS dan bakal hadir di Android dalam waktu dekat. 

Teknologi Perlindungan Data Pribadi Pengguna

Saat ini pihak Google juga terus aktif dalam meningkatkan teknologi yang dipakai untuk meningkatkan keamanan data pribadi pengguna, termasuk merekrut ribuan ahli untuk mewujudkan teknologi ini.

Salah satu contoh dari teknologi tersebut adalah teknologi privasi diferensial yang saat ini sudah diuji coba dan diterapkan dalam pembuatan laporan aktivitas masyarakat selama masa pandemi Covid19. Sehingga para pihak berwenang bisa melakukan penanganan dan penanggulangan penyebaran Covid19 secara digital, tanpa harus mengganggu data pribadi masyarakat. 

Leave a Reply

Send this to a friend