Anroid 13 Personal data & Work Profiles

Android 13 Hadirkan Fitur Work Profiles dan Personal Data

NESABAMEDIA.COM – Android 13 nyatanya memiliki sejumlah fitur menarik yang mana tidak terlalu diekspos, salah satunya ialah fitur yang dapat membedakan data pribadi dan pekerjaan penggunanya. Pengguna dapat mengakses fitur ini untuk memisahkan antara kehidupan pribadi dan ranah kerja, Senin (12/09).

Android 13 kini memberikan ftur terbaru mereka yang diberi nama ‘Work Profiles’, memberikan akses kepada pengguna untuk memisahkan antara data kehidupan pribadi dan data pekerjaan mereka. Cara ini khusus dibuat untuk meningkatkan produktivitas pengguna ketika bekerja, dan tidak terganggu dengan data pribadi.

Dilansir dari Google, mereka memberikan peningkatan dengan fitur dan layanan terbaru, kini Android 13 akan memberikan akses kepada pengguna untuk memilih aplikasi yang lebih spesifik di ponsel mereka. Pengguna dapat memisahkan aplikasi mana saja yan tidak bisa diakses ketika sedang membuka ponsel menggunakan Work Profiles.

Dalam kasus ini, pengguna juga bisa membuat dua jenis penyimpanan media yang terbagi khusus untuk layanan Work Profiles. Jadi, pengguna hanya bisa mengakses gambar dan video khusus yang berhubungan langsung dengan data pekerjaan.

Begitupun dengan platform layanan perpesanan instan lainnya seperti Whatsapp, pengguna bisa mengakses Whatsapp for Bussiness ketika sedang menggunakan Work Profiles. Sedangkan untuk Whatsapp pada umumnya dapat diakses di luar dari Work Profiles.

Fitur yang dikembangkan oleh Google ini memang terbilang cemerlang, mengingat ada banyak pekerja yang kurang fokus ketika memegang ponsel mereka untuk urusan pekerjaan. Banyak yang pada akhirnya mengakses aplikasi lain, yang mana memakan waktu dan kadang lupa akan pekerjaan mereka.

Android 13 juga memberikan fitur unggulan mereka untuk pengguna Pixel, di mana telah memberikan fitur Smart Dictation yang mampu untuk membacakan isi surel dan pesan pribadi. Fitur ini dapat bekerja untuk Work Profile dan Personal Profile, namun hanya tersedia untuk Pixel.

Peningkatan lainnya dari Android 13 ialah memberikan izin atas kontrol Wi-Fi perangkat, peningkatan keamanan dari koneksi telah diberikan untuk akses Wi-Fi, Bluetooth, dan NIAP. Google memang sedang gencar memberikan tambahan proteksi keamanan bagi perangkat yang telah menggunakan Android 13.

Bagaimana tanggapan Anda? Tertarik dengan fitur baru di Android 13 ini? Tentunya fitur Work Profile akan memberikan akses yang lebih fleksibel untuk membedakan antara penggunaan ponsel ketika bekerja dan kehidupan pribadi.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend