Keamanan Privasi Windows 10

Pentingnya Mengelola Keamanan Privasi Di Windows 10

NESABAMEDIA.COMMenjelajahi website di internet di sisi lain bisa mendatangkan bahaya sendiri, apalagi soal masalah privasi. Agar kenyamanan berselancar di internet tetap terjaga, ada sejumlah tips menjaga keamanan privasi yang bisa dilakukan, khususnya jika menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows 10.

Jangan Memilih Instalasi Cepat 

Saat hendak menginstal sistem operasi Windows 10 saat pertama kali, jangan memilih opsi instalasi express atau instalasi cepat. Pastikan anda bisa mengatur instalasi sesuai keinginan, termasuk mengetahui di mana file akan dipasang atau konten apa saja yang ada di dalamnya. 

Agar keamanan privasi terjaga dengan baik, anda harus bisa memonitor setiap akses yang diberikan kepada aplikasi-aplikasi yang ada di Windows 10 yang hendak diinstal. Untuk melakukannya, tekan tombol Windows + I dan mengatur akses izin masing-masing aplikasi yang ada.

Jangan Instal Driver

Untuk pengguna awam, saran yang harus diikuti adalah untuk tidak memasang driver tanpa tahu kegunaanya, meski Windows Update meminta anda untuk memasangnya di perangkat. Pasalnya, driver itu bisa menimbulkan masalah baru di perangkat anda. Jika masalah sudah muncul dan terjadi, cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi yang merilis driver itu, dan cari versi paling terbaru. Jika tidak, copot driver yang sudah dipasang tadi.

Matikan Cortana

Cortana memang salah satu aplikasi penting di Windows 10. Aplikasi virtual assistant memang bisa membantu pengguna dalam menggunakan perangkat komputer sehari-hari. Namun agar Cortana bisa bekerja dengan semestinya, aplikasi itu akan mengakses data pribadi pengguna. 

Dengan kata lain, Cortana bisa mengakses data rekening bank, atau data perusahaan penggunanya. Dalam pengaturan Cortana, pengguna bisa menghapus data apa saja yang sudah dikumpulkan Cortana.

Matikan Akses Lokasi

Secara otomatis Windows 10 akan melacak lokasi saat pengguna menggunakan perangkat komputernya. Tak hanya melacak, sistem Windows 10 itu juga akan menyimpan data riwayat lokasi pengguna hingga 24 jam. 

Untuk mematikan fitur ini buka halaman Settings → Personalization → Taskbar

Pelacakan Iklan

Secara default, Microsoft mengaktifkan fitur Ad Tracking atau pelacakan iklan di Windows 10. Hal ini cukup mengganggu, karena iklan masih ditampilkan di beberapa halaman, meski pengguna telah membeli lisensi sistem operasi tersebut.

Matikan opsi yang bernama “Allow applications to use my ID Advertising” yang ada di halaman pengaturan privasi. Atau pengguna menekan tombol x yang ada saat iklan muncul. Biasanya berada di bagian pojok banner iklan.

Batasi Akses Kamera

Pengguna disarankan untuk mematikan atau mengunci kamera jika tidak sedang digunakan untuk melakukan panggilan ke kerabat atau rekan kerja. Hal ini benar-benar sangat mendesak untuk dilakukan. 

Banyak laporan yang menyebut jika sejumlah aplikasi, memiliki akses ke perangkat kamera pengguna. Agar tidak ada privasi pengguna yang dilanggar, lebih baik untuk mematikan kamera disaat tidak digunakan. Hal ini juga berlaku untuk akses mikrofon.

Leave a Reply

Send this to a friend