Penundaan Peluncuran Surface Pro X, Ungkap Prosesor Baru Microsoft

Penundaan Peluncuran Surface Pro X, Ungkap Prosesor Baru Microsoft

Dalam event peluncuran Surface baru-baru ini oleh Microsoft, terlihat beberapa produk utama telah diperbarui dan adanya faktor bentuk baru. Adalah Surface Pro X yang tidak muncul dalam presentasi, tetapi masih menjadi bagian dari portofolio yang diperbarui.

Perangkat 2-in-1 bertenaga ARM milik Microsoft itu adalah satu-satunya perangkat yang mendapatkan peningkatan model Wi-Fi, tetapi spesifikasinya tetap sama. Sederhananya, di saat perangkat keras Surface Pro 8 dan Surface Duo 2 siap diluncurkan, inti baru yang seharusnya mentenagai Surface Pro X2 masih dalam masa inkubasi.

Itu tidak berarti keluarga Surface Pro X tidak menghadirkan sesuatu yang substansial. Dengan ketersediaan umum Windows 11, Pro X mendapat manfaat dari peningkatan fungsionalitas sentuh yang ditambahkan ke sistem operasi. Mungkin yang lebih penting adalah bahwa semua emulasi 64-bit yang diperlukan untuk membuka katalog besar aplikasi Windows berbasis Intel yang lebih tua, sekarang tersedia untuk semua.

Perangkat lunaknya mungkin sudah siap, tetapi generasi berikutnya dari jajaran prosesor ARM bertenaga SQx Microsoft belum. Microsoft ingin meluncurkan Surface Pro X terbaru dengan prosesor generasi berikutnya, yang diduga bernama SQ3.

Ini akan menjadi penerus SQ1 yang dikirimkan dengan perangkat keras Pro X pertama pada akhir 2019. Tahun lalu diketahui bahwa perangkat Pro ini bergabung dengan mesin Pro X bertenaga chip SQ2 yang ditingkatkan. Geekbench melaporkan peningkatan sekitar 9% dalam kinerja benchmarking single core dan multi-core pada CPU, dan angka yang secara umum serupa untuk kinerja GPU.

Tidak mengherankan bahwa model SQ1 dan SQ2 dijual bersamaan, sebab mereka pada dasarnya adalah mesin yang sama dengan berbeda tipis dalam tingkatan prosesornya. Itu tidak akan terjadi dengan SQ3, yang diharapkan menawarkan lompatan kinerja yang jauh lebih besar dari generasi sebelumnya. 

“Walaupun Snapdragon 8cx Gen 3 bukanlah chipset terbesar Qualcomm untuk notebook dan tablet berbasis ARM, SQ3 berdasarkan chipset tersebut tampak menjanjikan. Diklaim bahwa terjadi peningkatan kinerja 60% terhadap SQ2 dalam tes multi-core dan dianggap setara dengan Intel Core i7-1160G7, chip 10nm dengan empat core dan delapan thread,” kata pengamat.

Ini adalah jenis lompatan kinerja yang pantas mendapatkan penyegaran yang ditawarkan oleh Pro 8 dan Duo 2. 

Kebocoran informasi seputar SQ3 Microsoft benar-benar merupakan kebocoran terbaru seputar sistem chip Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3, berkat kemitraan antara Qualcomm dan Microsoft. Dengan sistem on chip yang diharapkan akan diumumkan sebelum tahun ini berakhir, varian Microsoft tidak akan terlalu jauh ketinggalan.

PC yang keren dan instan, dengan masa pakai baterai sepanjang hari, dan dukungan LTE dalam faktor bentuk yang ringan dan portable, yang cocok dengan mesin Intel Core generasi 11 yang setara? Itulah yang akan ditawarkan oleh Surface Pro X2.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend