Pembaruan Windows 10 Thunderbolt SSD BSOD

Perbaikan Untuk BSOD SSD Thunderbolt di Windows 10 Telah Dirilis

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dikabarkan telah merilis perbaikan untuk Windows 10 versi 2004 dan versi 20H2 yang menyebabkan terjadinya BSOD (Blue Screen of Death) ketika pengguna mencolokkan SSD Thunderbolt. Pihak Microsoft mendeteksi permasalahan ini pada awal November lalu, dan sekarang menyatakan telah memperbaiki semua masalah yang terkait dengan SSD Thunderbolt, meski pihaknya menangguhkan fitur Safeguard di Windows 10.

Microsoft pun mengatakan alasan di balik tetap diberlakukannya penangguhan Safeguard tersebut. Menurut pihaknya, perbaikan yang telah dirilis itu merupakan bagian dari pembaruan kumulatif opsional terbaru untuk Windows 10, dan Microsoft berencana untuk menghapus penangguhan Safeguard itu pada akhir bulan ini, ketika solusi dari masalah itu juga tersedia untuk perangkat terbaru yang kompatibel dengan pembaruan kumulatif Windows 10. 

Penangguhan dari Safeguard atau perlindungan sistem itu berarti, perangkat yang berpotensi terpengaruh dari masalah yang ada sebelumnya, tidak akan mendapatkan pembaruan dan peningkatan ke Windows versi 2004 atau versi 20H2 terbaru. 

“Masalah kompatibilitas telah ditemukan di Windows 10, versi 2004 atau versi 20H2, ketika pengguna menggunakan SSD Thunderbolt NVMe. Di perangkat yang terdampak, ketika menancapkan SSD Thunderbolt itu, pengguna mungkin akan mendapatkan pesan error dengan layar biru (BSOD) bertuliskan “Driver Verifier DMA Violation (e6) an illegal DMA operation was attempted by a driver being verified.” Perangkat Windows 10 yang terdampak adalah yang setidaknya memiliki sebuah port Thunderbolt dan versi apapun dari file driver stornvme.sys,” ungkap Microsoft. 

Pihak Microsoft juga meminta pengguna untuk tidak mengunduh dan memasang Windows 10 versi 2004 atau versi 20H2 dari pihak eksternal selain secara resmi dari Microsoft. Sebab, kemungkinan besar justru akan mengalami masalah fatal, setelah memasang sistem operasi versi tersebut. 

Sejauh ini, sepertinya hanya masalah waktu hingga penangguhan Safeguard itu akan dicabut oleh pihak Microsoft. Jadi untuk saat ini, pastikan untuk tetap mengunduh dan memasang pembaruan kumulatif yang akan hadir di perangkat, jika mengalami masalah dengan SSD Thunderbolt NVMe seperti yang dialami banyak pengguna di atas.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend