Planet Astro Slide 5G, Smartphone Dengan Keyboard Fisik dan Dimensity 800

Planet Astro Slide 5G, Smartphone Dengan Keyboard Fisik dan Dimensity 800

NESABAMEDIA.COMJika kita kembali ke tahun 2005 atau 2007, kita akan mengingat bagaimana ponsel dengan keyboard fisik mendominasi pasaran di era itu. Kita melihat hadirnya BlackBerry sebagai salah satu brand terbesar di masa awal smartphone. 

Namun ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone ke dunia dengan keyboard di dalam layar, semuanya mulai berubah. Konsep keyboard fisik itu mulai ditinggalkan oleh hampir semua brand smartphone, dan kita tidak melihat banyak perangkat baru selain buatan BlackBerry yang masih menggunakan keyboard fisik. 

Mungkin jika anda ingin merasakan kembali menggunakan perangkat smartphone dengan keyboard fisik, mungkin anda bisa melihat produk terbaru bernama Planet Astro Slide 5G ini. Planet Computer dalam event CES 2022 mengumumkan produk baru mereka itu dengan membawa keyboard backlit yang berputar dari bawah layar berkat mekanisme engselnya yang rapi. 

Planet Astro Slide 5G menjalankan Android 11, yang mungkin terdengar sangat aneh mengingat saat ini sudah ada Android 12. Namun ini bukanlah perangkat konvensional, dan bahkan bisa di-boot dengan Linux. Planet Computer juga berupaya untuk menghadirkan dukungan untuk Sailfish OS. 

Dalam hal spesifikasi, Planet Astro Slide 5G mengemas panel AMOLED berukuran 6.39 inci dengan dukungan resolusi Full HD Plus. Kemudian juga hadir dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3. Smartphone ini memiliki bezel yang mungkin tidak biasa untuk tahun 2022 dan kamera depan 13MP yang ditempatkan di bezel atas. 

Di dalamnya, ada hal yang mengingatkan kita bahwa ini adalah smartphone masa kini, yakni chipset MediaTek Dimensity 800. Nantinya akan disandingkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Penyimpanannya bisa ditambahkan dengan menancapkan kartu Micro SD di slot yang sudah disediakan.

Selain memiliki keyboard QWERTY, anda juga bisa mendapatkan tombol keyboard yang bisa diprogram, yang memungkinkan anda membuka aplikasi atau beralih di antara beberapa fungsi sistem. Ini adalah fitur rapi yang akan membuat anda seperti sedang menggunakan komputer. Sayangnya, keyboard yang digunakan sepertinya tidak begitu peka terhadap sentuhan, jadi kita tidak akan memiliki penerapan BlackBerry yang kita lihat di perangkat seperti Priv atau seri Key.

Dalam hal optik, smartphone ini memiliki sebuah kamera utama 48MP dan ya, kamera belakangnya cuma itu saja. Bagian belakangnya juga menjadi wadah dari flash LED dan pemindai sidik jari. Perangkat ini memiliki dual nano-SIM dan sebuah adaptor kartu MicroSD, termasuk juga dua port USB-C, dan sebuah colokan headphone. Baterainya berkapasitas 4,000mAh dengang pengisian cepat 30W. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend