Produk dan Layanan Yang Dimatikan Microsoft di 2021

Produk dan Layanan Yang Dimatikan Microsoft di 2021

NESABAMEDIA.COMMeski tahun 2021 menjadi tahun yang besar bagi perangkat baru dan layanan Microsoft, perusahaan asal Redmond itu juga mengakhiri beberapa layanan dan produk mereka. Gamers, pelanggan bisnis dan umum setidaknya telah kehilangan satu produk buatan Microsoft. Berikut beberapa produk dan layanan yang dimatikan Microsoft di tahun 2021.

Windows 10X

Windows 10X pada awalnya akan menjadi sebuah versi baru dari Windows yang dibuat dari 0 untuk komputasi modern. Ini dibangun di atas sistem operasi inti Windows, yang menghilangkan komponen lawas demi pengalaman pengguna yang lebih baik dan peningkatan keamanan. OS tersebut bahkan sudah tersedia untuk diuji coba oleh pengguna Windows Insider, namun dibatalkan pada bulan Mei 2021. 

Microsoft tidak hanya menambahkan kulit baru di atas Windows ketika mengembangkan Windows 10X. Mereka mengambil pendekatan yang berbeda, dengan beragam masalah dan tantangan yang dihadapi seiring perjalanan pengembangannya. Khususnya dalam hal bagaimana dukungan atas aplikasi lawas. 

Pada akhirnya, setelah Windows 10X dihentikan pengembangannya, Microsoft membawa beberapa elemen OS tersebut ke Windows 11 yang baru. 

Minecraft Earth

Minecraft Earth merupakan versi lain dari seri game Minecraft yang populer, yang menggabungkan ikon di dalam game dengan dunia nyata. Minecraft Earth pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019, dengan membawa pengalaman AR ke perangkat iOS dan Android. Sayangnya, bagi mereka yang menyukai game ini, akhir dari Minecraft Earth diumumkan pada tanggal 30 Juni 2021. 

Game tersebut mendapatkan banyak kritikan dari pengguna karena memberlakukan transaksi mikro yang terlalu banyak dengan membatasi banyak hal. Meski demikian, ada beberapa hal yang patut diapresiasi dari apa yang ditawarkan game tersebut.

Edge Legacy

Microsoft mengganti Edge yang lama dengan Edge yang baru pada pembaruan Windows 10 bulan April 2021. Versi baru dari Edge ini, yang berbasis Chromium sebenarnya sudah dirilis sejak 2020, namun Microsoft baru menjadikannya sebagai pengganti penuh versi lama Edge dalam pembaruan tersebut.

Secara umum, Edge yang baru ini telah mendapatkan ulasan lebih baik daripada pendahulunya. Karena ini berbasis Chromium, maka Edge memiliki kompatibilitas yang lebih baik dengan situs dan dukungan banyak ekstensi. Microsoft juga secara rutin menambahkan fitur baru ke Edge yang baru. 

Sinkronisasi Timeline

Fitur Timeline secara teknis masih ada di Windows, namun Microsoft telah menghilangkan fungsi intinya. Timeline kehilangan kemampuan untuk melakukan sinkronisasi antar perangkat pada bulan Juli 2021. Bagi kebanyakan pengguna Windows, fitur itu hanyalah sebuah Task View dengan kronologi. Timeline memang digunakan, tapi tidak untuk tujuan awalnya. 

Skype Untuk Bisnis

Microsoft mengumumkan berakhirnya Skype untuk Bisnis pada 2019. Ini memberikan waktu yang cukup bagi perusahaan untuk mencari pengganti, seperti Microsoft Teams. Baru pada tanggal 31 Juli 2021, Microsoft secara penuh mematikan Skype untuk Bisnis.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend