Microsoft One Outlook Project Monarch

Project Monarch, Cara Microsoft Ubah Outlook Menjadi Lebih Universal

NESABAMEDIA.COMMicrosoft tengah mengembangkan sebuah aplikasi Outlook yang bisa dijalankan melalui browser web. Proyek baru ini diberi nama Project Monarch. Ini merupakan bagian dari visi pengembangan One Outlook yang telah diumumkan perusahaan pada tahun lalu.

Lebih detailnya, Microsoft sedang membuat sebuah aplikasi klien Outlook yang lebih universal untuk perangkat Windows dan Mac, yang juga akan menggantikan aplikasi default Mail dan Calendar yang ada di Windows 10. Pengembangan klien Outlook baru ini, diberi nama Project Monarch yang berbasis aplikasi web Outlook yang sudah tersedia di browser saat ini.

Project Monarch sendiri merupakan goal terakhir dari visi One Outlook Microsoft, yang bertujuan untuk membangun sebuah klien tunggal Outlook yang bisa berjalan di PC, Mac dan Web. Saat ini, Microsoft memiliki beberapa klien Outlook yang berbeda-beda untuk desktop, termasuk Outlook Web, Outlook Win32 untuk Windows, Outlook for Mac dan Mail & Calendar di Windows 10. 

Microsoft ingin menggantikan beberapa klien Outlook itu dengan sebuah aplikasi yang dibangun dari teknologi web. Proyek ini akan menjadikan Outlook sebagai produk tunggal, namun dengan pengalaman pengguna dan kode dasar yang ada di Windows ataupun Mac. Klien Outlook ini juga akan memiliki footprint yang lebih kecil, dan bisa diakses oleh semua pengguna baik itu pengguna Outlook gratisan ataupun pengguna bisnis.

Kabarnya, aplikasi klien Outlook universal ini akan memiliki fitur integrasi sistem operasi yang asli, dengan beberapa dukungan lain seperti penyimpanan offline, berbagi target, notifikasi dan banyak lagi lainnya.

Dengan kata lain, nantinya pengguna akan bisa mendapatkan tampilan yang sama dari sebuah klien Outlook meskipun mereka mengaksesnya dari platform atau sistem operasi yang berbeda. 

Cukup bisa dipahami jika ini merupakan salah satu tujuan dari Microsoft untuk bisa membuat klien baru yang serasa seasli mungkin untuk beberapa sistem operasi, namun dengan tetap universal ke berbagai platform dengan berbasis aplikasi website. 

Di sisi lain, perubahan yang dilakukan oleh Microsoft ini akan menjadi sangat kontroversial bagi pengguna, khususnya mereka yang menggunakan sistem operasi Mac. Karena mereka merasa kehilangan ekslusifitas dari perangkat Mac dengan segala aplikasi bawaannya.

Leave a Reply

Send this to a friend