2 Cara Install AVG Antivirus di PC / Laptop

2 Cara Install AVG Antivirus di PC / Laptop untuk Pemula

Cara menginstall avg antivirus di pc / laptop windows lengkap untuk pemula beserta cara scanning virus dengan avg antivirus

Berbicara mengenai antivirus, sebenarnya pada sistem operasi Windows sudah memiliki antivirus bawaan yang dinamakan dengan Windows Defender. Antivirus tersebut sudah terpasang secara otomatis didalam Windows, sehingga kita tidak perlu untuk menginstallnya lagi. Tetapi Antivirus Windows Defender saja tidak cukup untuk melindungi komputer kita dari adanya serangan malware maupun virus.

Karena ada banyaknya kasus komputer yang hanya mengandalkan antivirus Windows Defender tetapi masih bisa terkena virus. Didalam Windows Defender kita dapat melakukan scanning dengan dua cara, yaitu quick scan dan full swan.

Quick scan merupakan cara scanning yang cepat namun dapat memaksa kinerja komputer menjadi lebih berat. Sedangkan full scan adalah scanning secara keseluruhan dan dapat menghabiskan waktu yang lama. Kedua cara scan Windows Defender tersebut kurang teliti karena virus-virus kecil masih ada yang tidak terdeteksi.

Cara Install AVG Antivirus untuk Pemula

Salah satu cara untuk mendeteksi virus dengan baik adalah dengan memasang aplikasi antivirus yang terbaik seperti antivirus AVG. Antivirus ini dapat melakukan scanning dengan sangat cepat, tidak memakan memory yang terlalu banyak, memiliki fitur Anti Rootkit, mempunyai perlindungan Firewall dan lain sebagainya. Dengan manfaat-manfaat tersebut kita dapat menjaga kesehatan komputer kita agar dilindungi dan terhindar dari virus yang berbahaya.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall antivirus AVG. Karena Antivirus ini sangat mampu untuk mendeteksi virus terkecil sekalipun. Berikut langkah-langkahnya.

1. Unduhlah terlebih dahulu installer antivirus AVG. Anda dapat mendownloadnya di website Nesabamedia karena memiliki banyak installer yang dapat didownload. Installer-installer tersebut merupakan installer original dari website resminya dan bebas virus. Klik disini untuk mendownload installer AVG Antivirus.

Jika proses download sudah selesai, maka klik dua kali pada installer Antivirus AVG tersebut.

avg antivirus

2. Maka akan muncul aplikasi AVG. Disini Anda harus menunggu beberapa saat sampai proses loading selesai.

avg antivirus

3. Selanjutnya akan muncul jendela Setup dari AVG Antivirus. Untuk dapat melanjutkan proses pemasangan aplikasi AVG Antivirus, klik button Install yang berwarna hijau.

Cara Install AVG Antivirus untuk Pemula

4. Kemudian proses installasi antivirus AVG akan muncul. Dan letak dari proses installasi antivirus AVG tersebut berada di sisi sudut kanan bawah. Selama Anda menginstall aplikasi Antivirus AVG ini, jangan mematikan komputer. Karena jika begitu, proses installasi akan terkendala. Tunggulah sampai proses installasi selesai. Proses ini juga memakan waktu yang sedikit lama. Anda dapat melakukan aktivitas apapun, tetapi jangan mematikan komputer Anda.

Cara Install AVG Antivirus di Laptop

5. Apabila proses installasi antivirus AVG sudah selesai, maka akan muncul window AVG Antivirus. Dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini, terdapat kata You’re Protected. Itu menandakan komputer Anda sudah dilindungi oleh AVG Antivirus. Klik Continue untuk melanjutkan.

avg antivirus

6. Langkah selanjutnya yaitu Anda akan diminta untuk scanning komputer pertama kali. Dan ini harus Anda lakukan, agar komputer Anda bebas dari virus.

Cara Scanning Virus dengan AVG Antivirus

Untuk menjaga kesehatan sistem komputer, maka kita harus sering melakukan scanning virus. Terlebih lagi apabila ragu dengan file yang baru saja Anda download atau Anda terima dari seseorang menggunakan USB Flashdisk.

Anda harus melakukan scanning terhadap komputer Anda agar dapat terlindung dari serangan virus. Berikut cara scanning virus dengan AVG Antivirus.

1. Klik dua kali pada icon AVG Antivirus yang terdapat di dekstop komputer Anda.

Cara Install AVG Antivirus di Laptop dan Cara Scanninnya

2. Kemudian klik button Run Smart Scan.

 Cara Scanning Virus dengan AVG Antivirus

3. Pada AVG Antivirus terlihat sama seperti Avast Antivirus. Karena terdapat 3 tahap scanning yaitu browse threats, Viruses & other malware serta Advanced Issues. Anda dapat melihat proses tiap scanning tersebut pada bagian tengah window.

 Cara Scanning Virus dengan AVG Antivirus

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara menginstall aplikasi AVG Antivirus serta cara scanning virus menggunakan AVG Antivirus.

Leave a Reply

Send this to a friend