Qualcomm Janjikan Prosesor Baru Berkinerja Tinggi Tahun Depan

Qualcomm Janjikan Prosesor Baru Berkinerja Tinggi Tahun Depan

NESABAMEDIA.COMPerilisan prosesor komputer yang dikembangkan di bahwa kepemimpinan Nuvia (kini bagian dari Qualcomm), yang pendirinya berpartisipasi dalam pembuatan Apple M1, tampaknya tidak akan terjadi sampai dengan tahun depan. Qualcomm mengakuisisi tim desain chipset ARM ini pada awal 2021, dan sampel prosesor baru diharapkan akan tersedia pada awal 2022, namun tidak akan muncul dalam produk komersial sampai tahun 2023 mendatang.

Dalam sambutan pidatonya baru-baru ini, perwakilan Qualcomm membagikan informasi mengenai perkiraan pendapatan perusahaan di kuartal kedua tahun 2022. Selain laporan keuangan, dijelaskan juga mengenai rencana perusahaan untuk masuk ke pasar prosesor perangkat laptop.

Menurut pihak Qualcomm, mereka telah bekerja dengan Microsoft selama bertahun-tahun dan dengan dirilisnya Windows 11, solusi chipset 64-bit pertama telah siap secara komersial, khususnya untuk penggunaan skala bisnis. Selama kuartal tersebut, laptop ThinkPad enterprise yang ditenagai oleh Snapdragon 8cx Gen 3 dirilis bersama dengan Lenovo. 

Langkah selanjutnya, akan ada sebuah prosesor yang dibuat oleh tim Nuvia, yang akan secara komersial tersedia di akhir 2023. Namun tidak dijelaskan apakah itu hanya sampel atau perilisan penuh dari produk tersebut.

Namun perwakilan Qualcomm yang lain mengkonfirmasi dalam sebuah surat berisi roadmap yang ditujukan untuk para investor di bulan November tahun lalu. Dalam surat itu dijelaskan bahwa pihak Qualcomm akan menunjukkan sampel produk dalam kurun waktu 9 bulan dari November 2021 itu. 

Jika jadwal itu akurat, maka sampel pertama dari prosesor akan muncul sekitar bulan Agustus. Sehingga untuk tahun 2023 akan benar-benar menjadi perilisan prosesor baru secara komersial. Untuk memulainya, chipset trial akan dikirimkan ke pabrikan terlebih dahulu, dan setelah itu dikembangkan, akhirnya akan disediakan laptop dalam bentuk jadi.

Dalam kesempatan yang sama, ditekankan bahwa Qualcomm tidak lagi sebuah perusahaan komunikasi, melainkan telah berubah menjadi perusahaan yang memimpin industri prosesor. Sebelumnya juga dilaporkan bahwa Qualcomm berniat untuk membuat sebuah prosesor laptop yang akan mampu menyaingi kinerja dari Apple M1. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend