• Our Partners:

Qubit Teleportation, Ilmuwan Capai Terobosan Baru Pemindahan Data Menggunakan Internet Kuantum

Qubit Teleportation, Ilmuwan Capai Terobosan Baru Pemindahan Data Menggunakan Internet Kuantum

NESABAMEDIA.COMPernahkah anda menonton sebuah film sains-fiksi di mana seseorang bisa melakukan teleportasi ke tempat lain hampir secara instan? Sepertinya, kita semakin dekat untuk membuat hal tersebut menjadi kenyataan, setidaknya dilakukan terhadap data.

Ilmuwan telah membuat sebuah cara baru untuk mengirimkan data melalui sesuatu yang mereka sebut ‘Qubit Teleportation’. Ini memungkinkan pengiriman data secara halus tanpa harus melewati material konduktif, misalnya sebuah kabel fiber optik.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan ke Journal Nature, sebuah tim fisika dari Delft University of Technology di Belanda, menjelaskan bagaimana mereka bisa membuat sebuah terobosan baru dengan Qubit Teleportation. 

Bisa dibilang, komputasi kuantum telah hadir sekarang. Faktanya Google juga telah mampu meraih supremasi kuantum dengan melakukan eksperimen pada komputer kuantum yang tidak mungkin dilakukan pada komputer tradisional. Namun komputer kuantum tidak mampu mencapai potensi penuhnya tanpa kekuatan magis dari Qubit Teleportation atau internet kuantum.

Komputer kuantum pada dasarnya berbeda dari komputer tradisional. Sama seperti komputer biasa yang menyimpan data dalam bit, Qubit adalah unit pengukuran dasar untuk komputer kuantum, namun di sinilah kesamaan itu berakhir. 

Bit biner adalah tipe data boolean. Ini berarti bahwa dia hanya bisa memiliki nol sebagai nilainya atau satu. Sebuah Qubit, di sisi lain bisa memiliki dua nilai secara bersamaan. Ini mirip dengan koin yang dilemparkan, di mana itu memiliki kepala dan ekor pada saat yang sama sebelum akhirnya mendarat. 

Dengan demikian, Qubit bisa menyimpan lebih banyak informasi daripada bit tradisional. Ini berarti satu Qubit bisa menyimpan dua nilai, tiga Qubit bisa menyimpan delapan nilai, dan seterusnya. Seiring bertambahnya jumlah Qubit, informasi yang bisa disimpan pun meningkat secara eksponensial. 

Para fisikawan memindahkan data antara tiga node. Sebelumnya, ini hanya memungkinkan dilakukan antara dua node. Dengan percobaan ini, para ilmuwan telah menunjukkan bahwa Qubit Teleportation bisa dicapai di antara banyak situs. 

“Kami sekarang sedang membangun jaringan kuantum kecil di lab. Namun idenya akhirnya adalah untuk membangun internet kuantum,” ungkap Ronald Hanson salah satu fisikawan tersebut.

Para ilmuwan yakin bahwa komputer kuantum bisa meningkatkan pengembangan obat-obatan baru, mentenagai AI tingkat lanjut dan bahkan digunakan untuk teknologi enkripsi yang jauh lebih aman. 

Karena tidak memiliki hambatan material konduktif antar node-nya, internet kuantum memungkinkan pengiriman yang bisa diandalkan antar node, bahkan ketika jaringan seringkali mengalami kehilangan sambungan, namun tidak akan pernah kehilangan data aktualnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend