Kanada Turut Blokir Huawei dan ZTE Dari Infrastruktur Jaringan 5G

Kanada Turut Blokir Huawei dan ZTE Dari Infrastruktur Jaringan 5G

NESABAMEDIA.COMRaksasa manufaktur asal Cina, Huawei mengalami kesulitan untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari beberapa negara, khususnya negara sekutu Amerika Serikat. Beberapa negara sudah melarang Huawei dalam infrastruktur jaringan 5G di negara masing-masing.

Setelah beberapa lama, kini giliran pemerintah Kanada yang memutuskan untuk ikut memblokir Huawei. Dengan demikian, Huawei tidak lagi memiliki akses untuk berpartisipasi dalam pengembangan jaringan 5G di Kanada. 

Sama seperti negara lainnya, alasan Kanada memblokir Huawei adalah karena masalah keamanan. Namun pihak Huawei selalu mencoba membantah hal tersebut, bahwa alasan utama pemblokiran itu adalah karena bersifat politik. 

“Dalam abad ke-21 ini, keamanan siber menjadi keamanan nasional. Dan sudah menjadi tanggung jawab pemerintahan kami untuk melindungi warga negara Kanada dari tumbuhnya ancaman siber. Hari ini kami mengumumkan keputusan kami untuk melarang Huawei dan ZTE terlibat dalam sistem telekomunikasi negara kami,” cuit Marco Mendicino anggota parlemen pemerintah Kanada melalui akun Twitternya. 

Seperti Amerika, Kanada memiliki kekhawatiran bahwa akan menjadi sebuah kerentanan apabila raksana teknologi asal Cina itu memiliki akses ke infrastruktur penting pemerintahan. Untuk mengakhiri hal ini, Kanada tidak hanya memblokir Huawei, tetapi juga ZTE. 

Menurut pernyataan resmi pemerintah Kanada, kedua perusahaan itu memiliki waktu sampai dengan tanggal 28 Juni 2024 untuk menghilangkan semua peralatan 5G mereka di negara itu.

Lebih lanjut, provider telekomunikasi Kanada juga diwajibkan mencabut semua peralatan 4G mereka yang terkait dengan kedua perusahaan itu. Lebih lanjut, mulai bulan September ini, semua penyedia layanan telekomunikasi Kanada tidak boleh melakukan transaksi dengan Huawei maupun ZTE.

Menteri Inovasi, Sains dan Industri Kanada, Francois Philippe Champagne mengatakan, “ini adalah sebuah keputusan yang tepat dan kami sangat senang untuk mengumumkannya hari ini, karena ini akan mengamankan jaringan kami untuk generasi yang akan datang. Perlu saya perjelas lagi bahwa ini semua demi Kanada, demi keamanan nasional kami, ini tentang infrastruktur telekomunikasi kami.”

Di tempat terpisah, pemerintah Cina mengaku tidak senang dengan apa yang dilakukan Kanada terhadap perusahaan yang menjadi anak emas mereka itu. Pemerintah Cina yakin bahwa langkah ini adalah sebuah manipulasi politik yang digerakkan oleh Amerika Serikat. Mereka juga mengklaim bahwa hal ini bertujuan untuk menekan perusahaan asal Cina untuk bisa berkembang. 

Tags:,
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend