Review Apple iPad Air 5 2022, Pilihan Tablet Terbaik Masa Kini

Review Apple iPad Air 5 2022, Pilihan Tablet Terbaik Masa Kini

Ketika Apple mengumumkan mereka akan membuat silikon sendiri untuk menggantikan prosesor Intel beberapa tahun yang lalu, industri teknologi tidak menyadari apa yang akan datang dengan perubahan itu.

Prosesor Intel telah mendominasi sejak lama, bahkan penggemar Apple tidak yakin prosesor baru itu bisa mentenagai perangkat laptop. 

Namun semuanya terjawab, dan Apple M1 tidak hanya mampu mendapatkan pujian tetapi juga membuat perangkat Mac yang masih ditenagai prosesor Intel kehilangan harga jual kembali. Kini Apple berupaya untuk mendemokrasikan chipset agar bisa tersedia untuk semua perangkat buatan perusahaan. 

Kemudian diumumkanlah iPad Air 5 2022 yang ditenagai oleh prosesor M1, yang akhirnya memenuhi ambisi Apple tersebut. M1 kini mentenagai semua produk Apple mulai dari tablet berukuran 24 inci sampai iMac. 

Lalu seperti apa kinerja yang ditawarkan pada iPad Air 5 2022?

Jika dibandingkan dengan iPad Pro 2021, perangkat ini hampir menawarkan keunggulan yang sama, namun dalam kemasan yang lebih terjangkau. Ini adalah perangkat iPad yang sangat direkomendasikan. 

Keutamaan dari perangkat ini adalah tentu pada chipset M1 yang membawa kinerja terbaik di kelas tablet. Kemudian ditunjang oleh sistem penghematan dan ramah lingkungan yang sangat baik serta beratnya yang cukup ringan dan mudah digenggam untuk dibawa ke mana saja.

Sementari nilai minus dari iPad Air 5 2022 terletak pada layar yang hanya mendukung kecepatan refresh 60Hz, yang jauh tertinggal dengan kebanyakan perangkat iPhone dan iPad versi Pro.

Kapasitas penyimpanan internalnya hanya 64GB yang dinilai sangat kurang untuk masa sekarang ini. Kemudian aksesori yang dijual terpisah dibanderol dengan harga yang cukup mahal. 

Seperti halnya iPhone SE 3 yang diluncurkan di event yang sama, iPad Air edisi tahun 2022 ini juga menghadirkan kembali desain yang sama dengan model tahun 2020, mempertahankan beberapa warna mencolok seperti biru atau ungu. Dimensi juga sama, sehingga aksesoris pada iPad Air 2020 bisa digunakan di perangkat ini, termasuk Magic Keyboard.

Perangkat iPad Air ini kini sudah tersedia di situs Apple dan toko retail yang menjual produk Apple. Model dasar dengan penyimpanan internal 64GB dibanderol seharga Rp8,6 jutaan, sementara untuk varian 256GB dibanderol seharga Rp10,7 jutaan. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend