• Our Partners:

Xiaomi Jajaki Kerjasama Dengan Leica

Xiaomi Jajaki Kerjasama Dengan Leica

Leica melakukan kerjasama dengan Huawei untuk smartphone seri P20 pada tahun 2018 silam, dan sejak saat itu teknologi kamera mereka telah menjadi perlengkapan utama pada berbagai smartphone Huawei.

Namun sepertinya Leica juga memiliki kerjasama kemitraan dengan OEM lainnya yang saat ini sedang diupayakan. Salah seorang tipster mengungkap bahwa Xiaomi sedang mencoba menjajaki kerjasama dengan Leica.

Tipster bernama Kacper Skrzypek telah menemukan referensi mengenai Leica dalam aplikasi Gallery Editor milik MIUI Xiaomi. Sepertinya referensi ini terkait dengan filter kamera dengan opsi monokrom, natural dan vivid. 

Referensi Leica di Aplikasi Xiaomi

Referensi Leica di Aplikasi Xiaomi

Sebagai informasi, smartphone yang dibranding dengan kerjasama Huawei-Leica menawarkan gambar monokrom, baik itu melalui software atau kamera monokrom, termasuk juga filter standar, vivid dan smooth di aplikasi kamera. Namun di Xiaomi, referensi tersebut ditemukan di aplikasi galeri, jadi sangat menarik untuk melihat apakah hasil kerjasama dengan Leica itu akan dihadirkan ke aplikasi kamera MIUI, tentu saja jika kerjasama itu memang terjadi. 

Kemitraan ini bukanlah satu-satunya yang terjadi antara brand kamera dengan sebuah OEM perangkat smartphone Android. Sebelumnya OnePlus juga telah bekerjasama dengan Hasselblad sejak tahun lalu, dengan Oppo yang kemudian turut bergabung juga. Vivo juga menyusul, bekerjasama dengan Zeiss untuk smartphone kelas atas mereka. 

Kerjasama yang ada itu sepertinya berfokus pada beberapa aspek dari fotografi. Dengan OnePlus dan Hasselblad saling bekerjasama dalam aspek pewarnaan gambar, sementara Vivo dan Zeiss berfokus pada fotografi portrait dan mengurangi suar cahaya. Jadi, diharapkan nantinya akan ada lebih dari sekedar filter warna dari kemungkinan kerjasama antara Xiaomi dengan Leica. 

Ketika mencoba mendapatkan informasi mengenai referensi tersembunyi itu kepada pihak Xiaomi, sayangnya mereka sampai saat ini belum bisa membagikan informasi apa pun. “Kami masih belum memiliki informasi apapun saat ini,” ungkap perwakilan Xiaomi saat dimintai keterangannya. 

Semoga saja kerjasama itu nantinya juga tidak hanya menempatkan logo Leica di smartphone Xiaomi. Dan mungkin saja itu akan meningkatkan kualitas pencitraan gambar dan video dari Xiaomi 12 Ultra. Semua hanya waktu yang bisa menjawab.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend