Perakitan Playstation Oleh Robot

Robot Milik Sony Mampu Rakit Playstation 4 Dalam Waktu 30 Detik

NESABAMEDIA.COMSony digadang-gadang memiliki sebuah pabrik canggih yang berada di wilayah Tokyo, Jepang. Sebab, pabrik milik Sony tersebut mempekerjakan banyak sekali robot yang mampu merakit sebuah Playstation 4 hanya dalam waktu 30 detik. 

Lokasi pabrik itu berada di pinggiran kota Kisarazu yang ada di seberang Tokyo. Pabrik tersebut digambarkan sebagai bangunan putih besar yang menjulang diantara lansekap pinggiran kota. Pabrik tersebut dikelola oleh anak usaha Sony bernama Sony Global Manufacturing & Operations. 

Pabrik tersebut memiliki assembly line yang panjangnya mencapai 30 meter lebih untuk merakit Playstation 4. Salah satu assembly line terbaru selesai dibangun pada tahun 2018 lalu. Lebih lanjut, pekerja manusia yang dipekerjakan di fasilitas tersebut sangatlah sedikit, karena semuanya didominasi oleh robot-robot canggih. 

Hanya membutuhkan dua orang pekerja saja untuk memasang motherboard dan dua orang lagi untuk memasukkan konsol yang selesai dirakit ke dalam kotak kemasan. Selebihnya dilakukan oleh robot. Diketahui setidaknya ada 32 robot yang digunakan di pabrik tersebut. 26 Robot diantaranya memiliki tugas untuk memasang kabel, selotip dan komponen fleksibel lainnya. 

Pabrik Playstation 4 Milik Sony Yang Didominasi Penggunaan Robot

Pabrik Playstation 4 Milik Sony Yang Didominasi Penggunaan Robot

Pada bagian pemasangan kabel fleksibel Playstation 4 misalnya, diletakkan pada sebuah lengan robot sementara lengan robot lainnya memutar-mutarnya pada arah yang sudah ditentukan dan tekanan tertentu. Diketahui, Sony bekerjasama dengan Mitsubishi Electric dalam pengembangan robot-robot tersebut. 

Sejauh ini belum ada pabrik perakitan gadget elektronik yang secanggih itu selain pabrik milik Sony tersebut. Kemungkinan besar pabrik assembly line ini nantinya juga akan digunakan untuk perakitan konsol terbaru Sony yakni, Playstation 5 yang bakal segera hadir akhir tahun ini.

Pihak Sony juga memberikan penjelasan, jika ketika Playstation 5 nanti sudah rilis di pasaran, pihaknya tetap melakukan perakitan untuk Playstation 4 versi standar dan juga versi Pro. Dan dengan adanya teknologi robot canggih tersebut, bisa dipastikan proses produksinya akan jauh lebih cepat.

Sejauh ini tidak ada dampak buruk yang ditimbulkan dengan adanya penggunaan puluhan robot canggih di pabrik tersebut. Kecuali peran pekerja manusia yang harus diambil alih oleh para robot. Sehingga lapangan kerja menjadi semakin sempit.

Leave a Reply

Send this to a friend