• Our Partners:

Google Chrome Penghemat Daya Baterai

Update Fitur Google Chrome Terbaru Bikin Baterai Lebih Awet

NESABAMEDIA.COMSudah menjadi isu lama sejak Google Chrome dirilis pertama kali, penggunaan memori berlebihan dan juga konsumsi baterai paling banyak dikeluhkan pengguna. Kini dikabarkan jika pihak Google tengah berfokus untuk menangani salah satu permasalahan tersebut, dengan mengembangkan fitur penghemat baterai di Google Chrome. 

Menurut laporan dari The Windows Club, pihak perusahaan tengah melakukan serangkaian uji coba pada fitur yang ada di Chrome 86 yang diklaim bisa mengurangi konsumsi baterai yang berlebihan. 

Secara teknis, cara kerja dari fitur tersebut adalah dengan membatasi setiap tab yang berjalan di belakang tab utama dengan memberikan timer javascript per satu menit. Kebanyakan situs yang ada, menggunakan banyak sekali Javascript yang berfungsi mengecek aktivitas pengguna seperti pergerakan kursor mouse atau berinteraksi dengan iklan secara real time dan terus menerus. 

Dari hasil riset yang dilakukan tim Google, dilaporkan jika fitur tersebut mampu menghemat daya baterai hingga 2 jam lebih, kendati ada 36 tab pada browser yang berjalan. Namun yang perlu diingat, tab browser utama yang muncul di layar merupakan halaman kosong dan tidak digunakan untuk membuka situs apapun. 

Kemudian, pihak Google juga melakukan tes lain untuk menguji seberapa besar penghematan yang bisa dicapai. Namun tes eksperimen kali ini dengan membiarkan halaman Youtube terbuka dan dijalankan secara Full-Screen. Setelah mematikan fitur-fitur lain yang dirasa tidak diperlukan, terjadi peningkatan pada penghematan daya baterai hingga 36 menit lamanya.

Fitur penghemat baterai di Chrome tersebut saat ini masih terbatas penggunaanya. Fitur tersebut hanya tersedia di Chrome 86, di mana tidak bisa diaktifkan pengguna yang menggunakan Google Chrome versi standar. Fitur penghemat baterai pada Chrome ini tengah dikembangkan bersamaan fitur-fitur menarik lainnya, yang kemungkinan juga bakal dirilis secara bersamaan.

Meski sementara ini hanya hadir di Chrome 86, namun setidaknya fitur tersebut bisa digunakan pada aplikasi mobile maupun desktop melalui PC dan laptop. Jadi jika anda mementingkan daya baterai yang lebih lama, anda bisa mulai mengganti Google Chrome versi standar anda menjadi Chrome 86 untuk bisa menggunakan fitur penghemat baterai tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend