• Our Partners:

Instagram Reels Pesaing Tik Tok

Tik Tok Diblokir, Kesempatan Instagram Reels Ekspansi Ke India

NESABAMEDIA.COMFacebook dilaporkan bakal melakukan uji coba fitur terbaru Instagram Reels untuk pasar India. Reels sendiri merupakan fitur terbaru yang ada di Instagram, berupa video editing yang memungkinkan pengguna membuat video pendek 15 detik seperti Tik Tok. Yang selanjutnya bisa mereka unggah melalui Instagram Stories, dibagikan melalui DM atau juga di unggah di bagian Explore untuk kategori Top Reels.

Uji coba fitur Instagram Reels untuk pasar India diberlakukan 2 hari pasca pemerintah negara itu melakukan pemblokiran terhadap 50 lebih aplikasi asal Cina, termasuk Tik Tok. Dilaporkan juga, sejumlah pengguna Instagram di India sudah bisa menggunakan fitur yang sedang dalam tahap uji coba itu.

Facebook sebenarnya tidak membidik pasar India sebagai target uji coba fitur Instagram tersebut. Awalnya mereka hanya membidik pasar Brasil, Jerman dan Prancis saja. Namun setelah mengetahui pemerintah India melakukan pemblokiran terhadap kompetitor Instagram Reels itu, kebijakan Facebook berubah. Menganggap pemblokiran Tik Tok sebagai kesempatan, Facebook pun tidak menyia-nyiakannya. 

Juru bicara Facebook mengatakan, pihaknya memang berencana untuk melakukan uji coba fitur terbaru Instagram itu ke sejumlah negara. Menurutnya, Reels merupakan cara yang kreatif bagi pengguna untuk mengekspresikan diri dan mendapatkan hiburan. Namun pihaknya menginformasikan juga bahwa saat ini belum ada tanggal yang pasti kapan fitur itu dirilis secara resmi, ataupun negara mana saja yang bisa menggunakannya.

Reels sendiri selama ini cukup lambat perkembangannya, setelah dirilis pertama kali untuk uji coba di negara Brasil di Android dan iOS sejak tahun lalu. Bulan kemarin, Facebook memperluas area uji coba di negara Jerman dan Perancis. 

Sebenarnya, Facebook sebelumnya memiliki aplikasi standalone mirip Tik Tok bernama Lasso. Namun aplikasi itu kemudian ditutup oleh Facebook dengan alasan untuk fokus ke fitur aplikasi lain. Diduga, fokus tersebut dialihkan untuk pengembangan Instagram Reels. Fitur terbaru ini sebenarnya juga sudah diungkap oleh Mark Zuckerberg untuk menekan dominasi Tik Tok.

Sebagai tambahan informasi, Facebook sebelumnya memiliki sejumlah fitur pada aplikasi mereka untuk bisa menyaingi para kompetitornya. Sebut saja fitur pada Instagram Stories yang dibuat beberapa tahun lalu yang begitu mirip dengan Snapchat, untuk menyaingi kompetitornya itu. 

Leave a Reply

Send this to a friend