Teknologi Kamera Dalam Layar in Display Samsung

Samsung Akan Sematkan Teknologi Kamera Dalam Layar di Smartphone Lipat Mereka

NESABAMEDIA.COMSamsung diberitakan akan menggunakan smartphone lipat berukuran besar sebagai wadah uji coba teknologi kamera dalam layar (in-display camera) mereka. Adalah Samsung Galaxy Z Fold 3 yang bakal menjadi smartphone pertama buatan perusahaan yang mendukung sensor kamera tersembunyi itu.

Teknologi kamera di dalam layar ini pertama kali dipopulerkan oleh Axon 20 buatan ZTE. Lebih lanjut, teknologi ini memanfaatkan sensor yang ditempatkan di bawah layar. Meski secara keseluruhan akan menjadikan desain smartphone menjadi lebih bersih, tidak seperti pada Galaxy Fold atau lubang menonjol seperti pada Galaxy Z Fold 2, kualitas kamera dalam layar itu tentunya akan lebih rendah. 

Terlebih, nantinya cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera harus terlebih dahulu melewati layar, maka hasilnya tidak akan sejernih seperti teknologi sensor kamera pada umumnya.

Oleh karenanya, saat ini Samsung tengah disibukkan untuk fokus mengatasi kendala tersebut. Yang dilakukan Samsung adalah mencari cara, agar sensor bisa berada lebih dekat dengan permukaan layar, untuk mengurangi jarak dan ruang kosong antara keduanya. Sehingga bisa menangkap lebih banyak cahaya yang dibutuhkan oleh sensor kamera untuk dapat menghasilkan tangkapan gambar yang berkualitas. 

Namun di sisi lain, akan berdampak pada kualitas tampilan layar yang bisa dipastikan menurun, khususnya di area yang terdapat sensor kamera itu.

Teknologi kamera di dalam layar ini belum meledak dan populer di kalangan pabrikan smartphone, seperti yang diharapkan banyak pihak. Meski saat ini sudah ada solusi yang telah diterapkan untuk menghadirkan teknologi ini, seperti dengan tetap menggunakan lubang kecil sebagai tempat menyematkan sensor kamera. 

Bagi pihak Samsung sendiri, menghadirkan teknologi ini untuk perangkat smartphone lipat lebih masuk akal, daripada menghadirkannya untuk smartphone seri Galaxy S atau flagship seri Note. Ukuran layar yang lebih luas adalah alasan utama, bukan semata untuk menghadirkan kamera selfie dengan teknologi tingkat lanjut.

Samsung juga tidak sendirian untuk segera menghadirkan teknologi kamera dalam layar ini ke perangkat mereka. Diketahui, Xiaomi juga telah mengumumkan rencana untuk menghadirkan teknologi kamera dalam layar dengan smartphone terbaru mereka yang bakal dirilis pada tahun 2021 mendatang.

Leave a Reply

Send this to a friend