Samsung Kembangkan Teknologi Radio 5G Baru Tingkatkan Jaringan Mid-Band

Samsung Kembangkan Teknologi Radio 5G Baru Tingkatkan Jaringan Mid-Band

NESABAMEDIA.COMKabar bahwa Samsung sedang mengembangkan teknologi radio baru berbasis 5G diumumkan resmi oleh perusahaan pada awal bulan April ini. Menurut Samsung, teknologi baru itu akan melipat gandakan dukungan bandwidth untuk portofolio mid-band mereka. Teknologi baru ini akan membantu para operator untuk bisa mengurangi kebutuhan akan perangkat keras, yang pada akhirnya akan menyederhanakan peluncuran 5G.

Teknologi baru ini juga akan mencakup radio MIMO berskala besar. Semua ini akan membantu operator mendorong penerapan 5G yang lebih hemat biaya yang akan membuat teknologi 5G lebih mudah untuk diakses para pengguna. 

Teknologi buatan Samsung itu akan memperluas dukungannya sampai ke kisaran 400MHz, dua kali lipat dari 200MHz yang saat ini didukung. Dengan mampu menggunakan lebih sedikit perangkat keras di pihak operator akan membantu mereka meminimalkan jumlah perangkat radio yang diperlukan. Ini akan membantu saat mereka mengelola spektrum dalam berbagai skenario penyebaran.

Ini bahkan termasuk ketika operator memiliki frekuensi yang tidak bersebelahan dalam bandwith 400MHz. Operator juga akan dapat menggunakan solusi ini sebagai strategi dalam berbagi RAN. Di sinilah operator secara aktif berbagi infrastruktur jaringan dengan operator lain melalui sebuah kerjasama. 

Satu keuntungan besar yang didapat dari fokus peningkatan mid-band adalah apa yang ditawarkan mid-band 5G. Frekuensi mid-band menawarkan keseimbangan cakupan yang luas, kecepatan yang tinggi dan latensi yang sangat rendah. Sebagai hasil dari pengembangan teknologi baru dari Samsung itu, operator juga akan dapat mempercepat peluncuran spektrum mid-band 5G mereka. 

“Kami bangga bisa mengembangkan solusi baru yang dapat membantu operator mendorong efisiensi penerapan dengan meminimalkan perubahan pada perangkat keras dan mengurangi besaran biaya dalam melakukan pemasangan, bahkan saat mereka memperluas jangkauan spektrum mereka. Melalui keahlian teknis dan kapabilitas 5G terdepan di industri kami, kami bersemangat untuk terus menghadirkan solusi 5G inovatif yang akan membawa lebih banyak manfaat bagi operator dan para pelanggan mereka,” ungkap Dong Geun Lee, Wakil Presiden dan Kepala Grup Litbang H/W, Bisnis Jaringan di Samsung Electronics. 

Leave a Reply

Send this to a friend