Samsung Pamerkan Layar OLED Fleksibel Untuk Smartphone Gulung

Samsung Pamerkan Layar OLED Fleksibel Untuk Smartphone Gulung

Samsung tengah berupaya keras dalam pengembangan perangkat smartphone lipat mereka. Perangkat smartphone lipat Samsung yang telah ada di pasaran untuk saat ini adalah Galaxy Z Flip dan smartphone tablet hybrid Galaxy Z Fold. Sepertinya, Samsung telah mengisyaratkan bahwa mereka akan memperluas penawaran mereka ke perangkat smartphone dengan layar gulung. 

Dalam sebuah peluncuran situs terbaru oleh Samsung Display, perusahaan memamerkan layar OLED fleksibel mereka. Selain itu juga ada beberapa bocoran perangkat mana saja yang kemungkinan akan menggunakan layar tersebut, termasuk jajaran Galaxy Z Flip dan Fold, perangkat laptop yang memiliki layar lipat, serta sesuatu yang disebut Samsung sebagai “Slidable Flex”. 

Dari gambar yang ada di situs baru itu, sepertinya Slidable Flex adalah sebuah smartphone dengan layar gulung yang bisa digeser keluar dan diperbesar layarnya. Ini artinya, tidak hanya akan ada sebuah engsel dan smartphone yang bisa dilipat dan menjadi lebih tebal bentuknya, tetapi juga memungkinkan perangkat untuk tetap menjaga ketebalan dan berpotensi diperluas layarnya. 

Layar OLED fleksibel ini juga menawarkan tingkat kecerahan yang tinggi, dukungan konten HDR10 Plus, radius lipatan rendah R1.4 dan perlindungan layar yang lebih baik (UTG) dibandingkan dengan produk yang sama dari pesaingnya. Layar tersebut diklaim bisa dilipat lebih dari 200 ribu kali, yang setara dengan melipatnya sebanyak 100 kali setiap hari selama lima tahun. 

Perlu dicatat juga bahwa adanya informasi Ini bukan berarti sebagai sebuah konfirmasi bahwa Samsung memang berencana untuk menghadirkan smartphone gulung, tetapi juga bukan hal yang mengejutkan jika nantinya Samsung meluncurkan produk tersebut. 

Lagipula, LG adalah yang pertama mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan smartphone gulung tahun ini dalam event CES yang diselenggarakan awal tahun 2021. Namun sayangnya rencana tersebut kandas, setelah perusahaan memutuskan untuk tidak lagi berbisnis dalam industri smartphone. Keputusan LG ini pun merupakan sebuah kesempatan emas bagi Samsung untuk masuk, namun meski rencana itu masih sebatas rumor, tanda-tandanya juga sudah mulai terlihat. 

Leave a Reply

Send this to a friend