• Our Partners:

Samsung New AI Detector

Samsung Peragakan Solusi AI Baru Berbasis Drone untuk Optimalisasi Kinerja 5G

NESABAMEDIA.COM – Samsung Electronics Co., Ltd. baru-baru ini sukses mengumumkan pemeragaan solusi pengukuran konfigurasi antena berbasis drone untuk jaringan Samsung 4G dan Samsung 5G di lingkungan perusahaan. Solusi otomatis ini akan menawarkan operator cara yang disederhanakan untuk mengelola situs sel secara lebih efisien, meningkatkan keselamatan karyawan, dan pada akhirnya mengoptimalkan kinerja jaringan.

Solusi otomatis baru Samsung untuk mengukur konfigurasi antena di jaringan 5G dan 4G membantu meningkatkan efisiensi dan keamanan pemeliharaan situs. Digambarkan di sini, perangkat seluler dan drone yang dilengkapi kamera memotret foto antena yang dipasang dan dengan cepat memberikan hasil.

Dalam demonstrasi tersebut, seorang teknisi di lapangan menggunakan smartphone yang terinstal aplikasi remote control untuk menerbangkan drone yang dilengkapi kamera yang menangkap foto antena yang dipasang di atap gedung. Data visual dapat dilihat melalui smartphone dan kemudian dikirim ke server cloud dalam hitungan detik. Solusi kecerdasan buatan berbasis pembelajaran mendalam (AI) langsung memverifikasi rotasi dan kemiringan antena, sehingga para insinyur dapat menentukan apakah antena dipasang dengan benar pada sudut optimal yang telah ditentukan.

Butuh waktu kurang dari satu menit untuk mengirimkan data dan memproses hasilnya, memungkinkan insinyur untuk melihat hasil di tempat secara real-time pada layar ponsel. Demonstrasi ini memverifikasi bahwa solusi Samsung dapat menyelesaikan tugas dalam waktu 15 menit – mulai dari menerbangkan drone ke pengiriman hasil pengukuran. Ini sebanding dengan beberapa jam yang dibutuhkan oleh pemanjat menara untuk mempersiapkan, memanjat dan turun menara sel, dan mengukur konfigurasi antena.

Perbaikan keselamatan untuk pemeliharaan jaringan Samsung 5G

Antena seluler biasanya dipasang pada ketinggian yang signifikan di situs seperti menara sel atau atap rumah, untuk memastikan jangkauan seluler yang optimal. Teknisi lapangan biasanya membawa peralatan berat dan mahal saat mereka memanjat menara selular untuk mengukur konfigurasi antena. Dengan solusi AI berbasis drone, Samsung 5G memiliki pendekatan baru untuk memperkuat keselamatan karyawan mereka.

Manfaat keamanan solusi akan sangat membantu selama audit lokasi dan pemeliharaan di Amerika Serikat, yang sering mengharuskan dua personel lapangan dikirim ke lokasi untuk mengaudit atau menyesuaikan sudut antena.

“Ketika jumlah situs jaringan 5G bertambah, muncul fokus tinggi pada kinerja jaringan oleh operator, dan kami melihat permintaan pasar yang meningkat akan solusi cerdas untuk pemeliharaan menara,” kata Sohyong Chong, Wakil Presiden dan Kepala Otomasi Jaringan di Samsung Electronics. “Setelah solusi ini diluncurkan secara global akhir tahun ini. (Kami) menawarkan cara yang lebih aman, lebih hemat biaya, nyaman untuk memenuhi permintaan pasar, serta meningkatkan kemampuan unik kami dalam menggabungkan teknologi terbaru — drone, AI, dan 5G.”

Leave a Reply

Send this to a friend