• Our Partners:

Masuk Produksi, Snapdragon 875 Jamin Fast Charging Ponsel Gaming Hingga 100W

NESABAMEDIA.COM – Dikenal selalu berinovasi lewat chip canggih untuk ponsel, lagi-lagi Qualcomm membuat gebrakan lewat Snapdragon 875. Produk berbasis system-on-chip tersebut langsung menyita perhatian publik karena diklaim mendukung pengisian cepat atau fast charging hingga mencapai kapasitas 100W!

Rencananya, pengumuman Snapdragon 875 akan dilakukan pada akhir tahun ini. Bukan tidak mungkin bahwa berita mengenai Snapdragon 875 ini merupakan salah satu cara untuk mendongkrak antusiasme terhadap chipset terbaru Qualcomm yang akan dirilis pada bulan Juli mendatang yaitu Snapdragon 865 Plus.

Saat ini, Snapdragon 875 telah memasuki tahap produksi. Prosesor tersebut tengah digarap oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yaitu perusahaan manufaktur chip komputer terbesar di dunia. Produk yang mendukung jaringan 5G ini akan dibuat dengan teknologi fabrikasi 5nm dimana mengusung efisiensi daya dan kecepatan tinggi.

Beberapa fitur Snapdragon 875 sudah beredar luas. Salah satunya ialah kemampuan konektivitas untuk Wi-Fi 6, 2×2 MIMO (Multiple-Input Multiple-Output) untuk transfer banyak data sekaligus secara nirkabel, dan Bluetooth Milan. Struktur Snapdragon 875 sendiri akan tersusun oleh prosesor utama CPU Kryo 685, prosesor grafis GPU Adreno 660, prosesor vektor VPU Adreno 65, prosesor data DPU 1095, serta prosesor sinyal gambar ISP Spectra 580.

Tidak hanya itu, Snapdragon 875 akan memastikan keamanan lewat prosesor keamanan SPU250. Hal ini sejatinya sudah disematkan sejak kemunculan Snapdragon 845 pada tahun 2017 lalu. Selain menerapkan teknologi Snapdragon Sensors Core, Snapdragon 875 juga memiliki modem X60 teranyar yang menunjang hubungan pada jaringan mmWave dan sub-6GHz.

Snapdragon 875 oleh Qualcomm

Beberapa isu terbesar yang ramai dibicarakan adalah masalah panas selama transfer daya serta harga. Perlu diketahui bahwa kemampuan rata-rata fast charging 100W dalam membuat baterai ponsel 4000 mAh penuh ialah 17 menit saja. Karena transfer daya dilakukan dalam kapasitas tinggi, pengembang ponsel maupun prosesor perlu memikirkan upaya pencegahan kerusakan baterai.

Sementara persoalan harga baru muncul ketika pendahulunya, Snapdragon 865 yang juga mendukung 5G, dibanderol dengan harga mahal karena kondisi infrastruktur 5G masih belum merata. Nyatanya, banyak pengguna smartphone yang memasang Snapdragon 865 masih memanfaatkan jaringan 4G LTE.

Jika tidak ada kemunduran pengumuman Snapdragon 875, prosesor ini akan dipasang pada ponsel gaming hingga Samsung Galaxy S21 keluaran tahun 2021. Mari bersabar menunggu wakyu tersebut, ya!

Leave a Reply

Send this to a friend