Seringnya, Pengguna Tidak Paham Akan Pembaruan Windows Yang Dikirim Microsoft

Seringnya, Pengguna Tidak Paham Akan Pembaruan Windows Yang Dikirim Microsoft

Microsoft selama ini cukup sering memperbarui sejumlah versi Windows, lewat pembaruan rutin Patch Tuesday yang dilakukan setiap hari Selasa minggu kedua tiap bulan, atau pembaruan opsional dan bahkan perbaikan out of band.

Di saat banyak pengguna terganggu dengan seringnya pembaruan ini, karena pekerjaan mereka terhambat, di sisi lain mereka juga melihatnya sebagai hal yang penting, karena pembaruan ini pada dasarnya memperbaiki celah keamanan dan masalah yang terjadi dengan Windows dan perangkat lunaknya. 

Mungkin kerisauan pengguna ini juga disebabkan karena kurangnya informasi yang diberikan Microsoft saat memberikan pembaruan tersebut. Misalnya, banyak pembaruan yang menumpuk di halaman Windows Update karena lama tidak diperbarui, namun pengguna tidak memahami apa yang sebenarnya diperbarui atau diperbaiki itu. Ini terjadi baik di Windows 10 maupun Windows 11 yang baru. 

Memang sebenarnya Microsoft telah memberikan informasi mengenai pembaruan dan perbaikan masing-masing, namun itu secara terpisah dan pengguna diharuskan membuka halaman situs dokumentasi pembaruan Microsoft. 

Faktanya, Microsoft juga menyediakan sebuah tautan ke masing-masing halaman web di halaman riwayat pembaruan yang ada di aplikasi Settings. Masalahnya adalah halaman tersebut ketika dibuka, berisi terlalu banyak informasi yang tidak dipahami pengguna dan itupun baru tersedia setelah pengguna memasang pembaruan atau perbaikan tersebut. Ini artinya, sebelum anda memasang pembaruan, Microsoft tidak memberikan detail informasi mengenai pembaruan dan perbaikan itu.

Di sisi lain, mungkin hanya sedikit pengguna yang sadar tentang masalah ini, sehingga mereka tidak banyak menuntut kepada Microsoft. Namun mengingat betapa pentingnya informasi, sepertinya Microsoft perlu untuk mengintegrasikan informasi mengenai pembaruan dan perbaikan yang dikirimkan, dengan cara yang lebih baik lagi. 

Penting juga, karena pembaruan yang dikirimkan seringkali membawa masalah dan bug baru lainnya, jadi Microsoft seharusnya memberikan detail secara langsung sebelum pengguna memasang pembaruan yang dikirimkan. Ini juga memungkinkan pengguna untuk mempertimbangkan atau mencari solusi jika ada masalah dengan pembaruan tersebut.

Saat ini banyak pengguna yang bergantung pada media seperti nesabamedia.com untuk mendapatkan informasi apakah pembaruan yang baru dikirimkan Microsoft ini bermasalah atau tidak, dan apa saja hal baru yang dibawanya. 

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend