Setelah Bertahun-Tahun, Microsoft Beri Peningkatan Fitur HDR di Windows 10

Setelah Bertahun-Tahun, Microsoft Beri Peningkatan Fitur HDR di Windows 10

NESABAMEDIA.COMAkhirnya yang ditunggu-tunggu sejak lama pun tiba. Microsoft tengah meningkatkan dukungan HDR untuk Windows 10 pada pembaruan yang akan dirilis akhir tahun ini.

Sepertinya, ini akan menjadi bagian dari pembaruan Windows 10 Sun Valley yang diperkirakan akan dirilis di paruh kedua tahun 2021. Fitur ini bahkan sudah tersedia dalam bentuk pratinjau sekarang, jadi jika anda sudah bergabung dengan program Windows 10 Insider, anda sudah bisa mendapatkan peningkatan dukungan itu. 

HDR lebih sering dianggap sebagai peningkatan ke sRGB, yang membatasi tampilan untuk mengeluarkan ruang warna yang relatif terbatas. Sebagai perbandingan, HDR membuka ruang tersebut untuk menampilkan rentang warna yang jauh lebih luas, cerah dan lebih akurat. Ini membuat HDR sangat ideal untuk kebutuhan kreatif, baik itu editor gambar atau foto di Lightroom atau seniman digital yang menggunakan program seperti Clip Studio Paint. 

Pada dasarnya, HDR telah menjadi fitur tampilan utama selama bertahun-tahun, dan kini sudah banyak monitor dengan fitur itu yang dijual dengan harga lebih terjangkau. Namun hal ini pun menimbulkan pertanyaan baru. Mengapa Windows butuh waktu sangat lama untuk bisa mendukung fitur HDR itu?

Dukungan HDR pada Windows 10 tidak pernah sebaik ini. Fitur ini tidak mendapatkan fokus pengembangan di sistem operasi, dan banyak pengguna yang melaporkan masalah seperti warna yang pudar, kompatibilitas yang buruk dengan opsi warna GPU atau sama sekali tidak bisa diaktifkan di dalam game, dan program tertentu. 

Secara keseluruhan, konsensusnya adalah bahwa HDR sangat tidak konsisten di Windows 10, seperti yang ditunjukkan oleh banyak sekali thread keluhan di forum-forum online. 

Namun pada akhirnya memang tidak mengherankan jika Microsoft membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengumumkan bahwa mereka telah meningkatkan dukungan pada fitur HDR di Windows 10. Hal ini mengingat kondisi fitur-fitur yang ada di versi Windows 10 saat ini yang masih meninggalkan banyak masalah, yang kemungkinan akan membutuhkan waktu pengembangan lebih banyak lagi nantinya untuk memperbaiki dan menerapkannya dengan benar. 

Mungkin juga fitur HDR bukanlah sebuah prioritas untuk Windows 10. Tidak seperti platform lain seperti Xbox, Windows 10 tidak perlu jadi mengesankan dengan menjadikan game dan program terlihat bagus dan setajam mungkin. Sebagai sistem operasi, Windows 10 harusnya bisa menempatkan fungsi dan fitur semacam itu di atas segalanya. 

Leave a Reply

Send this to a friend