• Our Partners:

Setelah USB-C, Kini Ada Port Lightning Terpasang di Perangkat Android

Setelah USB-C, Kini Ada Port Lightning Terpasang di Perangkat Android

NESABAMEDIA.COMPenghargaan penuh untuk insinyur robotika Ken Pillonel, yang telah membuat pencapaian mengesankan dalam memasang port USB-C ke iPhone dan kemudian menyelesaikan circlenya, yakni dengan memasang port Lightning ke smartphone Android Samsung Galaxy A51.

“Saya memutuskan saya perlu menyeimbangkan kekacauan yang ada. Ini adalah modifikasi kompleks yang membutuhkan pemikiran out-of-the-box dan ditaburi beberapa unsur DIY di atasnya,” ungkap Pillonel dalam deskripsi video Youtube tersebut. 

Dari apa yang terlihat dalam video teaser pendek ini, video dengan durasi lebih lama sepertinya akan segera hadir. Sepertinya port Lightning sangat bagus sebagai pengisi daya dan pemindahan data, dan adanya sedikit rekayasa semacam itu pasti akan memakan waktu yang cukup lama.

YouTube video

Bagian dari tantangan yang dihadapi adalah bahwa kabel Lightning didesain untuk hanya bisa bekerja dengan perangkat Apple saja. Itu artinya Pillonel harus melakukan sejumlah rekayasa pada port, sehingga setiap kabel yang terhubung akan berpikir bahwa itu dipasangkan pada perangkat yang dikembangkan oleh Apple, ketimbang merek lain. 

Terlebih, semua pekerjaan elektronik itu begitu pas di dalam casing Galaxy A51. Video teaser itu juga dirilis pada tanggal 1 April, sebagai bagian dari hal yang ironis, sebuah ide yang memaksa perangkat Android agar cocok dengan port Lightning. Ini adalah sesuatu yang tidak mungkin akan ada banyak permintaan di pasaran nantinya.

“Saya tidak berharap akan ada orang waras yang ingin melakukan hal ini pada perangkat mereka. Ini hanya sebuah eksperimen bersenang-senang saja. Saya hanya ingin melihat apakah saya bisa melakukannya atau tidak,” tambah Pillonel. 

Dirinya pun mengatakan bahwa akan ada video lengkap yang akan memperlihatkan bagaimana semua detail teknis itu bisa disatukan. 

Seperti yang diakui oleh Pillonel sendiri, sebuah iPhone dengan kabel USB-C jauh lebih masuk akal ketimbang sebuah smartphone Android dengan port Lightning. Apple telah menjadikan MacBook dan sebagian besar iPad sebagai standar penggunaan kabel Lightning dan kemungkinan iPhone akan menjadi yang berikutnya. 

Standarisasi kabel Lightning ini pada awalnya diperkenalkan sebagai peningkatan dari USB Micro dan ini telah melayani produk-produk Apple dengan baik.

Namun, dengan USB-C yang kini ada di mana-mana dan dipasang di banyak perangkat, smartphone seperti iPhone 13 seakan menderita karena tidak bisa terhubung dengan sebagian besar periferal di luar sana.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend