• Our Partners:

Situs Download Custom ROM Android

10+ Situs Download Custom ROM Android (Terbaik 2022)

Situs download custom ROM Android adalah solusi terbaik buat kamu yang suka oprak-oprek smartphone. Karena merupakan sistem operasi yang open source, tak sulit untuk memodifikasi tampilan HP Android lewat ROM yang dikustomisasi.

Cara ini banyak dilakukan pengguna Android yang bosan dengan tampilan antarmuka bawaan HP mereka. Custom ROM dinilai punya tampilan yang lebih fresh serta fitur-fitur yang tidak ada pada ROM bawaan. Pengalaman menggunakan smartphone pun jadi makin seru.

Kabar baiknya, kustomisasi ROM bisa dilakukan secara gratis, lho. Kamu hanya perlu mengunjungi situs penyedia custom ROM untuk Android, lalu install di HP-mu!

10 Daftar Situs Download Custom ROM Android

Android adalah sistem operasi yang memungkinkan siapa saja untuk memodifikasi perangkat mereka, termasuk user interface-nya secara keseluruhan.

Buat kamu yang bingung cara download custom ROM Android, ada banyak tutorial yang bisa kamu temukan di internet. Yang terpenting, pastikan kamu sudah mengunduh file yang dibutuhkan lewat situs download custom ROM Android terbaik dan terpercaya.

Situs-situs seperti ini punya variasi custom ROM yang bisa disesuaikan dengan selera, fitur yang dicari, maupun perangkat yang kamu gunakan.

Karena memodifikasi ROM terbilang beresiko, selalu ingat untuk hanya menggunakan file dari situs yang terpercaya terutama situs resmi dari custom ROM itu sendiri. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih.

1. Pixel Experience

Pixel Experience

Jika kamu bertanya custom ROM terpopuler apa saat ini, maka Pixel Experience adalah jawabannya. ROM hasil modifikasi ini memungkinkan kamu untuk mengubah tampilan bawaan HP Android layaknya Google Pixel.

Ya, Google Pixel sendiri merupakan lini smartphone besutan Google yang mengadopsi Android Stock, ROM paling stabil saat ini.

Mudahnya, jika ingin merasakan pengalaman menggunakan OS Android yang sebenarnya, maka gunakan smartphone dengan ROM yang murni kreasi Google, belum diubah oleh para vendor smartphone lain.

Sayangnya, Android Stock hanya diimplementasikan pada sedikit smartphone saja, termasuk Google Pixel. Situs ini kemudian hadir sebagai opsi terbaik buatmu yang ingin menjajal Android Stock dalam bentuk custom ROM.

2. SamMobile

Situs Download Custom ROM Android SamMobile

Samsung adalah salah satu merk HP terlaris saat ini. Dukungan One UI sebagai ROM bawaan pada tiap smartphone masa kini Samsung menghadirkan performa yang optimal untuk penggunaan sehari-hari. Ia smooth, kaya fitur, serta dukungan software update yang cukup panjang.

Lebih memilih untuk download firmware Samsung secara manual bukan lewat OTA, langsung dari HP? Kamu bisa mengunjungi SamMobile, situs resmi milik Samsung untuk download software update.

Tak hanya download ROM Samsung, kamu juga bisa menyimak berbagai macam tutorial yang berkaitan dengan ponsel pintar besutan vendor asal Korea Selatan ini di SamMobile.

3. The Unlockr

The Unlockr

Bagi pengguna awam, wajar jika merasa bingung bagaimana cara download custom ROM Android yang aman untuk meminimalisir bootloop. Jika kamu belum bisa memilih mana custom ROM yang diinginkan, kamu bisa mengunjungi situs bernama The Unlockr.

The Unckor adalah tempat penyedia custom ROM Android yang jumlahnya cukup lengkap. Ada banyak custom ROM Android terbaik, paling populer, bahkan terbaru yang tersedia di situs ini untuk kamu unduh secara cuma-cuma.

Sama seperti SamMobile, The Unlockr juga menyediakan tutorial-tutorial berguna dan bermanfaat terkait teknologi.

4. Nusantara Project

Situs Download Custom ROM Android

Cara mengatasi HP Android lemot salah satunya bisa dilakukan dengan mengganti ROM bawaan dengan ROM yang sudah dimodifikasi. Jika kamu menginginkan performa yang lebih ringan dan smooth, custom ROM satu ini sangat direkomendasikan.

Nusantara Project atau NusantaraOS adalah satu dari beberapa custom ROM yang paling banyak digunakan di tahun 2022. Ia ringan untuk digunakan. Berbasis AOSP Google, pastinya NusantaraOS aman.

Buat kamu yang jenuh dengan user interface monoton, NusantaraOS memberikan kebebasan untuk kustomisasi tampilan smartphone-mu. Menarik bukan? Jika kamu penasaran dengan custom ROM ini, kamu bisa langsung pergi ke situs resminya.

5. LineageOS

LineageOS

Masuk ke dalam daftar custom ROM Android paling populer, banyak yang sudah mengandalkan LineageOS sebagai pengganti ROM bawaan smartphone mereka.

Dikembangkan oleh banyak orang, LineageOS punya performa yang stabil dengan tingkat keamanan yang lebih baik ketimbang custom ROM lainnya. Inilah alasan mengapa ia menjadi salah satu ROM modifikasi sekaligus situs download custom ROM Android terbaik.

Menariknya, LineageOS saat ini sudah mendukung lebih dari 190 perangkat. Tertarik mencobanya? Silakan meluncur ke situs resmi mereka, ya!

6. Leakite

Leakite

Soal tampilan, Leakita mungkin terlalu sederhana. Namun, situs penyedia custom ROM untuk Android ini punya banyak jenis dan versi firmware atau ROM yang bisa kamu unduh untuk di-install di smartphone kesayangan.

Sayangnya, koleksi ROM yang ada di situs ini terbilang lawas. Oleh karena itu, jika kamu pengguna smartphone rilisan beberapa tahun silam, Leakite adalah solusi terbaik jika smartphone-mu saat ini dirasa lemot.

Sama seperti situs serupa, Leakite juga menyajikan tutorial dan informasi terkait teknologi yang bisa kamu baca saat sembari menunggu hasil unduhan.

7. Evolution X

Situs Download Custom ROM Android

Pixel Experience bukan satu-satunya custom ROM yang menghadirkan tampilan antarmuka ala Google Pixel dengan Android Stock-nya. Ada juga Evolution X yang mungkin penggunanya sering kamu lihat di berbagai forum komunitas HP.

Ya, punya banyak pengguna, Evolition X menambah daftar custom ROM Android yang paling stabil. Sama seperti Pixel Experience atau NusantaraOS, Exolution X juga mengusung AOSP Google yang sudah dimodifikasi dengan penambahan fitur-fitur menarik.

Jika kamu ingin menyicipi seperti apa perfoma Evolution X, kamu bisa langsung meluncur ke situs resmi mereka.

8. Havoc-OS

Havoc-OS

Penasaran seperti apa implementasi Material U yang ada pada Android 12 di smartphone-mu? Kamu bisa menggunakan Havoc-OS!

Havoc-OS adalah custom ROM Android berikutnya yang terinspirasi dari tampilan antarmuka Android 12 yang belum lama dirilis dengan perombakan desain di sana-sini. Lewas situs resmi mereka, kamu bisa download custom ROM Android terbaru saat ini. Menarik, bukan?

Masih ragu? Pengembang Havoc-OS turut menyertakan beberapa screenshot dari tampilan custom ROM ciamik ini di website resmi mereka. Jadi, kamu akan memiliki gambaran seperti apa tampilan HP Android-mu jika menggunakan Havoc-OS nantinya.

9. Corvus ROM

Corvus ROM

Modifikasi ROM tak hanya soal mengubah tampilan UI saja. Beberapa custom ROM ditujukan untuk kebutuhan tertentu, seperti game. Jika kamu ingin performa main PUBG makin ngebut, menggunakan Corvus ROM sangat direkomendasikan.

Corvus ROM adalah solusi terbaik jika kamu sering mengalami HP overheat ketika digunakan untuk bermain game. ROM modifikasi ini menjanjikan performa nge-game yang smooth, namun suhu HP tetap terjaga.

Kamu bisa langsung mengunduh Corvus ini langsung dari website resminya. Pastikan kamu sudah memahami tutorial install ROM terlebih dahulu, ya!

10. ArrowOS

ArrowOS

Cocok untuk HP kelas menengah ke bawah, ArrowOS adalah custom ROM yang bisa dibilang paling ringan saat ini. Tak heran jika ia direkomendasikan untuk HP Android dengan spesifikasi standar.

Fitur andalan yang dihadirkan ArrowOS adalah gesture navigation yang mulai diperkenalkan sejak Android 10. Terdapat pula fitur dark mode untuk tampilan yang lebih nyaman di mata saat penggunaan malam hari.

ArrowOS bisa diunduh lewat situs official mereka. Kamu juga bisa bergabung dengan channel Telegram untuk mendapatkan informasi terbaru terkait ArrowOS.

Itu dia 10 rekomendasi situs download custom ROM Android beserta mana saja yang terbaik, paling banyak digunakan, dan paling stabil saat ini.

Sebelum menginstall custom ROM yang sudah kamu unduh, pastikan kamu sudah memahami beberapa resikonya, seperti HP mungkin saja akan mengalami gagal install sehingga bootloop alias mati total. Untuk itu, kamu wajib mengikuti tutorialnya dengan seksama.

Intinya, menggunakan custom ROM itu menyenangkan jika kamu suka mengotak-atik HP. Berbagai fitur-fitur menarik yang tidak ada di ROM bawaan HP bisa kamu nikmati jika menggunakan ROM hasil modifikasi.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend