• Our Partners:

CTRL A Berfungsi untuk Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

CTRL A Berfungsi untuk Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Tombol CTRL pada keyboard akan berfungsi jika dikombinasikan dengan tombol lain, lalu CTRL A berfungsi untuk apa ? Biasanya kedua tombol ini ditekan secara bersamaan untuk memberikan instruksi baru.

Tombol CTRL sendiri merupakan singkatan dari tombol “Control” yang merupakan tombol shortcut (pintasan) yang sangat bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan kita.

Tombol CTRL sendiri memang harus dikombinasikan dengan tombol yang lain untuk mengaktifkan perintah yang berbeda-beda. Sementara, tombol A sendiri hanya berfungsi sebagai huruf jika ditekan sendirian di beberapa software seperti microsoft word dan lainnya.

Jika tombol A ditekan di area start atau layar komputer, tombol A akan mencari seluruh software atau aplikasi di komputer yang berawalan dari huruf A. Hal ini akan berbeda jika tombol CTRL dan A ditekan secara bersamaan.

CTRL A Berfungsi untuk Apa?

CTRL A

Pada dasarnya tombol CTRL A ini berfungsi untuk menyeleksi seluruh tulisan, gambar, atau area di beberapa aplikasi pada laptop atau komputer. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat beberapa rincian fungsi CTRL A di beberapa aplikasi di laptop:

CTRL A pada Microsoft word

Fungsi CTRL A pada Microsoft word

CTRL A berfungsi untuk apa di Microsoft word ? CTRL + A ini berfungsi sebagai tombol perintah untuk memilih seluruh teks dalam sebuah dokumen.

Misalnya, kamu sudah mengetik sepanjang sepuluh halaman di microsoft word, ketika kamu menekan tombol CTRL dan A secara bersamaan, maka kamu akan memilih seluruh teks yang ada di dalam dokumen tersebut.

Hal ini merupakan cara cepat untuk menyeleksi seluruh teks. Sementara, untuk perintah selanjutnya, teks akan di hapus atau di copy, kamu harus menekan tombol yang lain. Berikut langkah-langkah menggunakan CTRL A pada Microsoft Word.

  1. Buka aplikasi Ms Word
  2. Ketik teks yang kamu inginkan
  3. Tekan CTRL + A secara bersamaan untuk memblok seluruh teks
  4. Lakukan perintah selanjutnya sesuai dengan yang kamu inginkan

CTRL A pada Microsoft Powerpoint

Fungsi CTRL A pada Microsoft Powerpoint

Pada aplikasi microsoft powerpoint, CTRL A berfungsi untuk mengatur konten atau isi pada setiap slidenya. Kamu bisa memilih seluruh shape yang ada di slide menggunakan tombol CTRL + A. Dengan shortcut ini, kamu juga bisa mengubah alat pena ke kursor normal ketika peragaan slide.

  1. Buka aplikasi Ms Power point
  2. Ketik teks yang kamu inginkan
  3. Tekan CTRL + A secara bersamaan untuk memblok seluruh teks
  4. Lakukan perintah selanjutnya sesuai dengan yang kamu inginkan

CTRL A pada Microsoft Excel

CTRL A ms excel

Selanjutnya, tombol CTRL A pada microsoft excel ini digunakan untuk memilih seluruh sel dalam spreadsheet berserta dengan teks yang ada di dalam. Setelah itu, kamu bisa menyalin atau bahkan menghapus seluruh sel di dalam spreadsheet.

  1. Buka aplikasi Ms Excel
  2. Ketik teks yang kamu inginkan
  3. Tekan CTRL + A secara bersamaan untuk memblok seluruh teks
  4. Lakukan perintah selanjutnya sesuai dengan yang kamu inginkan

CTRL A pada Internet browser

Fungsi CTRL A pada Internet browser

Lalu, CTRL A berfungsi untuk apa pada internet browser? Kedua tombol ini bisa kamu gunakan untuk memilih seluruh teks yang kamu cari di internet browser. Misalnya saja kamu sedang ingin mencari pengertian dari internet browser, nah setelah kamu menemukan apa pengertiannya, kamu bisa memilih seluruh teks tersebut menggunakan tombol shortcut CTRL A lalu tekan CTRL C untuk mengcopy seluruh teksnya.

  1. Buka aplikasi Ms Word
  2. Ketik teks yang kamu inginkan
  3. Tekan CTRL + A secara bersamaan untuk memblok seluruh teks
  4. Lakukan perintah selanjutnya sesuai dengan yang kamu inginkan

CTRL A pada Menu File

Fungsi CTRL A pada Menu File

Selain berfungsi untuk memblok seluruh teks atau gambar, fungsi tombol CTRL A juga berfungsi jika kamu ingin memindahkan file. Ketika kamu pergi ke menu File Explorer lalu kamu akan dihadapkan dengan banyak file.

Misalnya saja kamu ingin memindahkan seluruh file tersebut ke folder yang lain, maka kamu bisa memblok seluruh file tersebut menggunakan tombol shortcut CTRL A untuk memilih seluruh file lalu tekan tombol CTRL X untuk cut seluruh file.

Kemudian, kamu bisa memilih di folder mana file tersebut akan dipindahkan. Setelah itu, kamu tekan tombol CTRL V atau paste untuk menempelkan seluruh file tersebut ke folder baru.

CTRL A pada Folder

Fungsi CTRL A pada Folder

Jika kamu membuka folder di komputer atau laptop kamu. Misalkan saja folder musik dengan isi musik yang cukup banyak. Maka, tombol CTRL A berfungsi untuk apa? Tentunya untuk memblok atau memilih seluruh file yang ada di dalam folder yang kamu pilih. Setelahnya kamu bisa melakukan perintah lain yang kamu inginkan, seperti memindahkan file-file tersebut ke folder lain ataukah menghapus seluruh file.

CTRL A pada Notepad

CTRL A pada Notepad

Notepad merupakan aplikasi bawaan yang biasanya ada pada laptop. Sama halnya seperti memo di smartphone, kamu bisa mencatat hal-hal penting di dalamnya. Mulai dari catatan kuliah, catatan tugas, atau catatan pekerjaan bahkan catatan curhatan pun bisa kamu tulis di aplikasi yang satu ini.

Jika catatan itu ingin kamu hapus seluruh teksnya, kamu bisa gunakan tombol CTRL A untuk memilih atau memblok seluruh tulisan yang ada di dalam catatan notepad kamu. Caranya sangat mudah. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan ketika menggunakan CTRL A pada Notepad.

  1. Buka aplikasi Notepad atau catatan yang kamu punya di Notepad
  2. Tekan CTRL A untuk memilih seluruh teks
  3. Lakukan perintah selanjutnya yang ingin kamu lakukan. Entah menyalinnya atau bahkan menghapusnya

CTRL A pada aplikasi Editing

CTRL A pada aplikasi editing

Terakhir, untuk kamu yang suka sekali mengedit sesuatu, baik tulisan maupun gambar, misalnya saja seperti mengedit di aplikasi Canva. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi edit foto, kamu juga bisa membuat desain menggunakan aplikasi yang satu ini. Lalu, CTRL A berfungsi untuk apa ?

Kedua tombol ini merupakan shortcut yang akan membantu kamu untuk memilih atau memblok seluruh ikon yang ada. Misalnya saja kamu ingin menyalin seluruh elemen pada desain kamu untuk dipindahkan ke desain dengan latar baru. Kamu bisa menekan tombol CTRL dan A secara bersamaan, maka teks, ikon, dan elemn lainnya akan otomatis terpilih. Hal serupa berlaku bukan hanya untuk aplikasi Canva saja tetap untuk seluruh aplikasi editing lainnya seperti Inshot, Photoshop, dan lain-lain.

Jika kamu tidak ingin memilih seluruh file atau gambar maka kamu bisa menggunakan mouse untuk memilih sebagian teksnya. Itulah penjelasan mengenai fungsi tombol CTRL A pada keyboard. Kamu bisa mengunakan tombol yang satu ini untuk mempercepat pekerjaan kamu.

Itulah beberapa fungsi CTRL A yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya kedua tombol tersebut digunakan untuk memilih seluruh folder atau file atau teks atau gambar di aplikasi yang sedang kita tuju. Hal ini menjadi jalan pintas dan akan memudahkan kamu untuk tidak menggunakan mouse.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend