• Our Partners:

Software Pencari Driver di PC Laptop Terbaik

10 Software Pencari Driver di PC / Laptop Terbaik dan Mudah Digunakan

NESABAMEDIA.COM – Driver merupakan sebuah jembatan antara sistem operasi yang Anda gunakan dengan perangkat keras lain yang terhubung dengan PC / laptop yang Anda gunakan.

Driver yang ada pada PC / laptop Anda biasanya jumlahnya terbatas, apalagi driver untuk hardware yang mempunyai fungsi khusus.

Misalnya saja, Anda tidak dapat menemukan fitur head clean yang biasa digunakan untuk mengatasi tinta printer yang tidak akan keluar jika Anda hanya menggunakan driver ini saja. Maka dari itu, Anda membutuhkan sebuat aplikasi untuk mencari driver tersebut secara otomatis.

10 Software Pencari Driver di PC / Laptop

Saat ini sudah banyak aplikasi pencari driver yang bisa Anda gunakan di PC / laptop. Untuk itu Anda perlu mengetahui apa saja aplikasi yang cocok untuk digunakan untuk mencari driver di PC / laptop.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas 10 software pencari driver di PC / laptop. Langsung saja, silahkan simak pembahasan berikut ini.

1. DriverPack Solution

DriverPack Solution

DriverPack Solution merupakan software pencari driver di PC / laptop yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Aplikasi ini merupakan karya dari developer Kuzyakov Artur. Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini sangat mudah dimengerti bagi orang awam ataupun profesional sekalipun dapat menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah.

Saat Anda pertama kali membuka aplikasi ini, DriverPack akan melakukan scanning pada PC / laptop Anda untuk mendeteksi drivers apa saja yang harus diinstal ataupun di-update. Jika proses scanning selesai, aplikasi akan memberikan informasi beberapa drivers yang siap untuk diunduh. Anda dapat menentukan apakah akan mengunduhnya satu persatu atau ingin mengunduh dan menginstal semuanya secara otomatis.

Aplikasi DriverPack Solution ini terdesia dalam 2 versi yaitu versi online dan offline. Jika Anda menggunakan aplikasi DrvierPack Solution secara online maka Anda akan mengunduh seluruh driver yang dibutuhkan secara online. Dan keuntungannya software ini memiliki ukuran yang sangat kecil sekitar 300 KB saja.

Tapi berbeda jika Anda memilih DriverPack Solution secara offline, maka Anda menggunakannya tanpa koneksi internet. Dan ukuran aplikasi yang akan Anda unduh sekitar 11,5 GB. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis dan dapat digunakan pada berbagai sistem operasi Windows.

2. Driver Booster

Pencari Driver di PC / Laptop Terbaik

Driver Booster merupakan software pencari driver yang diproduksi oleh Iobit. Aplikasi ini memiliki 2 versi diantaranya versi Free alias gratis dan versi Pro. Aplikasi ini tidak kalah powerful-nya dengan aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi serta memperbaiki driver Anda yang mungkin sudah outdate, tidak cocok, dan lain sebagainya.

Jika Anda seorang gamers, aplikasi Driver Booster ini sangat menguntungkan Anda karena bukan hanya dapat meningkatkan kualitas grafis serta audio pada PC / laptop Anda, tapi aplikasi ini juga mampu mendeteksi dan memperbaharui berbagai komponen game misalnya seperti DirectX sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih smooth.

Aplikasi ini juga memberikan fitur restore point sebelum Anda mengunduh driver, fitur ini berfungsi untuk mengamankan yang mana jika terjadi kesalahan pada driver yang baru Anda instal ternyata kurang stabil, maka Anda dapat mengembalikannya ke versi driver sebelumnya. Dan aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai sistem operasi Windows.

3. SlimDrivers

SlimDrivers

SlimDrivers merupakan aplikasi pencari driver garapan dari Slimware. Software ini juga dapat memudahkan Anda untuk mencari serta menginstal driver yang cocok untuk PC / laptop Anda.

Saat Anda pertama kali membuka aplikasinya, Anda perlu menekan tombol Start Scan untuk memulai proses pemindaian pada PC / laptop Anda agar dapat menemukan drivers apa saja yang perlu di-update.

Jika proses scan selesai dilakukan, maka Anda akan mendapatkan informasi dari berbagai driver yang perlu Anda update lengkap dengan tanggal rilis pada driver yang saat ini Anda gunakan beserta tanggal rilis pada driver baru yang akan Anda install.

Aplikasi SlimDrivers ini tidak menyediakan fitur untuk mengunduh semua driver sekaligus, jadi Anda perlu mengunduhnya secara satu – persatu. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui situs resminya dan saat ini aplikasi SlimDrivers hanya mendukung sistem operasi Windows saja.

4. Free Driver Scout

Free Driver Scout

Free Driver Scout memiliki tampilan antarmuka yang cukup sederhana dengan beberapa menu yang mudah digunakan. Apikasi ini memiliki berbagai fitur yang cukup menarik yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi pencari driver lainnya.

Fitur menarik tersebut salah satunya adalah fitur Auto-Update Drivers. Jika fitur ini Anda aktifkan maka aplikasi akan mengunduh dan menginstal tanpa harus meminta izin terlebih dahulu dari si pengguna. Dan aplikasi ini dapat Anda jalankan pada berbagai sistem operasi, termasuk Windows terbaru yaitu windows 10.

5. Snappy Driver Installer

Pencari Driver di PC / Laptop untuk Windows

Snappy Driver Installer merupakan aplikasi pencari driver di PC / laptop yang sedikit berbeda dari beberapa aplikasi yang sebelumnya karena aplikasi ini dapat Anda gunakan tanpa harus menginstalnya karena aplikasi ini bersifat portable.

Aplikasi Snappy Driver Installer memberikan penawaran 2 versi software yaitu SDI Full dan SDI Lite. SDI Full dapat bekerja dan digunakan secara offline, tapi Anda harus mengunduhnya dengan ukuran yang cukup besar sekitar 10 GB. Sedangkan SDI Lite Anda perlu menggunakan koneksi internet untuk mengunduh driver yang dibutuhkan, namun ukuran yang diberikan sangat kecil yaitu sekitar 4 MB saja.

6. Driver Easy

Driver Easy

Driver Easy merupakan aplikasi pencari driver yang sangat memberikan kemudahan untuk Anda dalam menemukan berbagai jenis driver yang Anda butuhkan. Aplikasi ini memiliki lebih dari 8 juta database yang terdiri dari driver sound, grafis, USB, bluetooth, wifi, sustem device, dan lain sebagainya.

Anda bisa memperbaharui driver yang sudah ada hanya dengan satu kali klik saja. Nantinya aplikasi DriverEasy akan secara otomatis menemukan file driver yang cocok dan kompatiberl dengan PC / laptop Anda. Aplikasi DriverEasy ini mendukung berbagai sistem operasi Windows.

7. 3DP Net

3DP Net

3DP Net dihadirkan sebagai salah satu solusi untuk Anda yang masih kesulitan untuk mencari driver Wifi pada PC / laptop Anda. Aplikasi ini dikhususkan untuk membantu mencarikan driver berbasis jaringan atau network apda PC / laptop Anda.

Aplikasi 3DP Net ini memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Aplikasi akan melakukan identifikasi pada perangkat Anda untuk menemukan file driver yang cocok dan juga kompatibel dan akan ditunjukkan pada Anda. Lalu, Anda bisa mengunduh file driver tersebut. Aplikasi 3DP Net ini juga dapat bekerja pada semua versi Windows, mulai dari windows server hingga windows 10.

8. Driver Max

Pencari Driver di PC / Laptop untuk Laptop

DriverMax merupakan aplikasi pencari driver yan dikembangkan untuk memecahkan permasalahan pada driver PC / laptop Anda. Aplikasi ini memberikan penawaran fitur instalasi yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

DriverMax ini memiliki 2.300.000 database driver yang bisa memudahkan Anda untuk melakukan update, backup, serta restore outdate. Seperti aplikasi sejenis lainnya, DriverMax ini juga bekerja dengan cara mengidentifikasi semua komponen pada PC / laptop Anda dan akan menampilkan driver apa saja yang bermasalah. Aplikasi DriverMax ini mendukung berbagai macam sistem operasi Windows, baik windows 32 bit ataupun 64 bit.

9. Driver Talent

Driver Talent

Sebelumnya aplikasi Driver Talent ini lebih dikenal dengan nama DriveTheLife. Aplikasi Driver Talent ini juga akan melakukan pemindaian dan akan menemukan driver yang hilang, rusak, corrupt, ataupun lama. Lalu, aplikasi Driver Talent akan mengunduh dan memperbaharui driver Anda ke versi driver terbaru saat ini.

Aplikasi ini mempunyai tampilan antarmuka yang sederhana sehingga sangat mudah digunakan. Tapi sayangnya aplikasi ini dapat Anda unduh dan install pada sistem operasi Windows XP ke atas saja.

10. SamDriver

Sam Driver

Sam Driver merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh SamLab yang bisa Anda unduh secara gratis menggunakan Torrent untuk mendapatkan driver tanpa harus terhubung dengan internet.

Jika Anda ingin menggunakan Sam Driver tanpa menggunakan internet, Anda harus mengunduh file ISO nya terlebih dahulu. File ISO ini berisi kumpulan driver yang bisa Anda gunakan, tapi file ini mempunyai ukuran yang cukup besar seitar 10 GB. Dan driver ini dapat digunakan hanpir di seluruh sistem operasi Windows.

Sekian artikel ini yang membahas 10 software pencari driver di PC / laptop. Silahkan Anda gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend