Download SlimDrivers 2.3.2

Developer: SlimWare Utilities
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 1MB


SlimDrivers adalah software untuk mengelola driver yang terinstall di dalam Windows. Kemampuannya tidak hanya terbatas pada update driver. Backup, restore, dan uninstall driver juga termasuk fitur-fitur SlimDrivers yang dapat dinikmati oleh pengguna.

Tampilan SlimDrivers cukup bagus. Pada layar utamanya ada sedikit informasi yang meliputi nama sistem operasi, nama komputer, nama prosesor, total memori, dan versi SlimDrivers yang saat itu sedang digunakan. Disamping itu tersedia pula informasi mengenai kapan proses scanning terakhir kali dilakukan.

Scanning driver untuk mencari versi terbaru dapat dilakukan secara manual melalui layar utama SlimDrivers. Pilihan lainnya adalah dengan membuat jadwal scanning. Dalam hal ini SlimDrivers dapat diatur untuk menjalankan scanning secara otomatis setiap hari, setiap dua hari, setiap tiga hari dan seterusnya, atau setiap minggu.

Scanning Driver dengan SlimDrivers

Download SlimDrivers Terbaru

Tampilan SlimDrivers

Proses scanning biasanya tidak memakan waktu lama. Setelah SlimDriver selesai melakukan pemindaian, akan muncul laporan yang berisi daftar driver yang perlu diupdate beserta tanggal rilis masing-masing driver. Tombol download untuk mengunduh update setiap driver juga disertakan di dalam laporan tersebut. Dalam hal ini driver hanya bisa diupdate satu-persatu, tidak ada tombol untuk melakukan update secara massal.

Selanjutnya, setelah driver diupdate, jika versi terbarunya justru malah menimbulkan masalah yang membuat komponen hardware tertentu menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, pengguna bisa memanfaatkan fitur backup dan restore.

Secara default semua driver akan dibackup, tapi pengguna juga diberi kebebasan untuk menentukan driver yang mana saja yang ingin dibackup. Sama halnya dengan fitur Restore dimana pengguna bisa memilih driver yang hendak direstore. Selain itu, SlimDrivers juga menyediakan akses ke Windows System Restore sebagai solusi alternatif untuk mengembalikan kondisi driver seperti semula.

Selain dengan cara manual, proses backup dan pembuatan system restore point juga dilakukan oleh SlimDrivers secara otomatis sebelum proses update berlangsung. Secara keseluruhan ada empat tahapan yang ditempuh ketika pengguna hendak memperbarui driver, yaitu backup, pembuatan system restore, pengunduhan driver, dan instalasi driver.

Yang perlu diingat, Windows akan restart secara otomatis setelah driver diupdate atau setelah direstore ke kondisi sebelumnya. Jika anda sedang mengedit sebuah dokumen, ada kemungkinan dokumen tersebut tidak tersimpan sebagaimana mestinya karena ditutup paksa oleh Windows. Untuk mencegahnya, opsi untuk restart otomatis tersebut bisa dinonaktifkan melalui menu Options pada SlimDrivers.

Di dalam menu Options, anda juga bisa mengubah perilaku default SlimDrivers yang otomatis dijalankan pada saat proses startup Windows. Lokasi folder penyimpanan backup dan restore pun bisa dirubah. Ada pula menu Submit untuk menghubungi SlimWare Utilities ketika ada masalah tertentu yang terkait dengan driver yang tidak bisa diatasi dengan SlimDrivers.

Download SlimDrivers Terbaru

Sebagai penutup, diperlukan driver yang terbaik untuk mengoptimalkan interaksi antara hardware dengan sistem operasi, namun mencari driver yang demikian terkadang cukup sulit dan memakan waktu yang lama. Disinilah peranan SlimDrivers sangat terasa. Proses pencarian dan update driver disederhanakan sedemikian rupa sehingga bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit. Download SlimDrivers terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (2 votes)

Leave a Reply

Send this to a friend