Tampilan Baru Windows 10 Sun Valley

Tampilan Baru Windows 10 Muncul Pertama Kali di Aplikasi Ini

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dikabarkan tengah berupaya menjadikan tampilan dari Windows 10 terlihat lebih ‘membulat’ dan ‘modern’ sebagai bagian dari pembaruan besar bernama Sun Valley, yang kabarnya akan diluncurkan bersamaan dengan pembaruan Windows 10 21H2 di semester kedua tahun 2021 mendatang.

Namun secara mengejutkan, Microsoft kini telah merilis pembaruan pada aplikasi internal mereka di mana di situs tampak sejumlah elemen antarmuka baru, tampilan sudut membulat dan juga sejumlah animasi. 

Aplikasi pertama yang mendapatkan pembaruan tampilan ini adalah aplikasi Alarms & Clocks. Pada pembaruan ini, Microsoft menghilangkan tampilan sudut jendela yang tajam, dengan sudut yang membulat, yang bisa ditemukan di bagian menu, pop-up dan panel navigasi.

Tampilan baru dari aplikasi Alarms & Clocks tersebut berbasis WinUI 3 dan Fluent Design. Hal ini merupakan penampakan pertama dari elemen antarmuka baru dan animasi yang hadir sebagai bagian dari Sun Valley.

Tampilan Aplikasi Alarm & Clock

Tampilan Aplikasi Alarm & Clock

Dari gambar aplikasi Alarms & Clocks di atas, aplikasi tersebut mendapatkan tombol baru yang tampak seperti mengapung, Fluent Design, animasi baru, dan tool pengaturan alarm yang lebih baik serta pengatur waktu default yang baru. Selain itu, aplikasi tersebut sekarang juga menggunakan ‘Card Design’ baru yang memberi pengguna kontrol lebih luas pada aplikasi alarm yang akan datang.

Ada banyak sekali fitur kecil baru yang hadir di aplikasi tersebut. Misalnya, putaran pada halaman stopwatch kini ditampilkan dalam bentuk tabel ketimbang dalam bentuk list. Selain itu, untuk bagian World Clock juga akan memberitahukan pengguna kapan siang dan malam di wilayah tertentu dalam sebuah icon. 

Meski perubahannya tidak terlihat untuk saat ini, namun ini bisa dijadikan sebagai bukti konfirmasi lain bahwa proyek Sun Valley memang nyata dan benar-benar akan diluncurkan pada tahun depan. 

Tampilan antarmuka yang sama dengan sudut membulat, efek bayangan, dan animasi yang lebih baik tentunya juga akan hadir ke lebih banyak aplikasi pihak pertama dalam beberapa bulan yang akan datang. Sementara tampilan baru dari Windows 10 juga akan diperluas ke bagian Start Menu, Action Center, dan Taskbar pada awal tahun depan dengan pembaruan versi Preview Build.

Leave a Reply

Send this to a friend