Google Chrome CloudReady

Windows 10 Dapat Tantangan Baru Saat Google Akuisisi CloudReady

NESABAMEDIA.COMGoogle secara diam-diam telah melakukan akuisisi perusahaan bernama Neverware. Perusahaan ini bergerak dalam pengembangan layanan CloudReady, sebuah varian dari sistem operasi Google Chrome yang bisa dipasang di Chromebooks, Macs dan juga Windows PC.

Proses akuisisi ini diumumkan di situs Neverware awal pekan ini. Dan Neverware pun kini telah tergabung dalam tim sistem operasi Google Chrome.

Layanan CloudReady saat ini tersedia secara gratis untuk diunduh dan dipasang di perangkat tertentu yang telah disertifikasi oleh Neverware. Namun sistem operasi berbasis Chromium juga tersedia dalam bentuk langganan dengan kemampuan pengelolaan untuk pelanggan di kategori edukasi dan perusahaan. Harganya mulai USD20 per perangkat untuk satu tahun bagi pelanggan di kategori edukasi, dan USD49 per perangkat untuk pelanggan Enterprise.

“Layanan CloudReady akan tetap tersedia seperti sebelumnya, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan maintenance kepada pelanggan yang sudah terdaftar. Untuk jangka panjang, CloudReady akan menjadi layanan resmi dari sistem operasi Chrome, dan pengguna yang telah berlangganan akan ditingkatkan layanannya,” kata perusahaan menjelaskan.

Karena layanan ini berbasis sistem operasi Chromium, versi open-source dari Chrome yang berjalan di Chromebook, maka CloudReady akan memberikan pengalaman yang sama yang sudah tidak asing lagi dari semua perangkat lunak Google yang biasa ditemukan di Chromebook, dan juga Play Store. 

Akan tetapi, seperti yang dijelaskan sebelumnya, layanan CloudReady akan menjadi penawaran resmi dari sistem operasi Chrome, dan ini berarti bahwa akan banyak sekali hal yang mengalami perubahan dalam perjalanannya ke depan.

Lalu apa tujuan utama dari Google dengan mengambil alih layanan CloudReady ini?

Selama beberapa tahun terakhir, sistem operasi Chrome telah menikmati momentum terbaik di pasar edukasi dan memberikan tantangan nyata bagi Windows PC, Macs dan perangkat iOS. Terlebih, kini Microsoft juga sedang mengembangkan Windows 10X, versi ringan dari Windows 10 yang akan diluncurkan pada sejumlah perangkat komputer baru di tahun depan

Windows 10X sendiri tidak akan mendukung aplikasi berbasis Win32 dan lebih berfokus pada aplikasi web dan UWP. Meski di sisi lain Microsoft juga sedang berupaya mengembangkan aplikasi Win32 yang bisa berjalan di Windows 10X. 

Windows 10X juga dikabarkan akan dibuat di perangkat seperti Chromebook, namun sekali lagi, ini bukanlah sesuatu yang dapat dipasang di perangkat komputer berbasis Windows 10 yang ada. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend