Task Manager di Windows 11 Kini Munculkan Setiap Proses Browser Edge

Task Manager di Windows 11 Kini Munculkan Setiap Proses Browser Edge

Windows 11 telah dirilis secara resmi ke publik awal bulan ini, dan Microsoft telah mengubah arah alur kanal di Windows Insider. Windows 11 dibangun di kanal Pengembang Windows Insider dan hadir dengan terminologi berbeda untuk mendapatkan fitur baru terlebih dahulu. Demikian juga, pembaruan Microsoft Edge baru-baru ini menghadirkan integrasi yang lebih baik dengan Task Manager di Windows 11.

Sejak Microsoft memutuskan untuk membangun ulang browser Edge, yang sebelumnya berbasis IE, pengguna baru semakin banyak yang datang dan menyambut browser versi baru itu.

Mendapatkan semua fitur yang ditawarkan Chromium, Edge menjadi salah satu browser yang paling banyak digunakan dalam waktu singkat. Selain itu, dengan Windows 11, pengguna dapat memiliki kontrol lebih besar atas Microsoft Edge dengan menggunakan Task Manager.

Kontrol proses Edge dari Task Manager

Dengan hadirnya pembaruan terbaru ini, pengguna dapat melihat dan mengontrol proses Microsoft Edge langsung dari Task Manager. Meskipun Microsoft Edge sudah memiliki pengendali tugas bawaan yang diambil dari Chromium, ini bisa menjadi upaya untuk mengurangi aktivitas klik menjadi lebih sedikit.

Sebelumnya, tidak memungkinkan untuk menutup tab, ekstensi, atau proses Edge menggunakan Task Manager di Windows 10 atau versi yang lebih lama. Dan kini, pembaruan baru menawarkan kontrol penuh atas browser menggunakan Task Manager pada Windows 11. Untuk melihat perbedaannya, berikut perbandingan Task Manager yang menunjukkan proses Edge pada Windows 10 dan 11.

Browser Edge di Task Manager Windows 10

Task Manager Windows 10

 

Browser Edge di Task Manager Windows 11

Task Manager Windows 11

Berikut sejumlah hal baru yang ditawarkan oleh arsitektur multi-proses Edge:

  • Proses browser di Task Manager sekarang masuk dalam proses GPU dan Crashpad.
  • Untuk tab, aplikasi, dan ekstensi, proses browser akan memberi label sendiri-sendiri.
  • Proses browser di Task Manager akan menyertakan informasi tentang Tab dan menyertakan subframe (jika ada)
  • Pengguna yang menjalankan Windows 11 akan melihat fitur baru dalam beberapa minggu mendatang jika mereka belum memilikinya.

Tentunya, kemampuan Task Manager di Windows 11 yang bisa memunculkan setiap proses browser Edge yang ada, akan sangat membantu pengguna untuk mengetahui halaman situs, tab, atau ekstensi mana yang menghabiskan paling banyak sumber daya, dan kemudian dengan mudah mematikannya. Ini sebenarnya adalah kemampuan yang telah lama ditunggu pengguna, dan belum ada di browser manapun.

Leave a Reply

Send this to a friend