• Our Partners:

Rapat Dengar Pendapat DPR RI Telkomsel Indosat Xl Axiata Janjikan Tak Ada PHK Massal

Telkomsel, Indosat, XL Axiata Janjikan Tidak Ada PHK Massal

NESABAMEDIA.COMKomisi I DPR RI mengadakan rapat dengar pendapat untuk meminta penjelasan kepada sejumlah perusahaan terkait dampak dari wabah pandemi Covid19 terhadap operasional perusahaan. Dalam rapat tersebut, pihak Komisi I DPR RI mengundang tiga perusahaan telekomunikasi yakni Telkomsel, Indosat dan XL Axiata. Rapat itu digelar pada Kamis, 2 Juli 2020 bertempat di Gedung DPR.

Acara dengar pendapatan dengan sejumlah perusahaan itu bertujuan sebagai bagian dari pengawasan DPR pada Information and Communication Technology (ICT) selama wabah pandemi terjadi. Perwakilan ketiga perusahaan yang datang adalah Dirut Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama, Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro, dan Dirut XL Axiata Dian Siswarini.

Beberapa yang dibahas dalam rapat tersebut yakni mengenai langkah strategi operator telekomunikasi selama pandemi, permasalahan kebutuhan bandwidth internet yang melonjak saat WFH, evaluasi terhadap ketiga perusahaan terkait pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan, serta kontribusi perusahaan terhadap penanganan Covid19.

Sementara itu, masalah mengenai operasional perusahaan dan kesejahteraan karyawan juga menjadi pokok utama pembahasan dalam rapat. Mengingat, banyak sekali perusahaan yang cukup terpukul akibat dampak dari wabah Covid19, sehingga terpaksa melakukan efisiensi dengan merumahkan para karyawan mereka.

Menanggapi permasalahan kesejahteraan karyawan tersebut, ketiga perusahaan yakni Telkomsel, Indosat dan XL Axiata kompak memberikan penjelasan jika isu tersebut tidak ada. Mereka menyebutkan jika isu Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal terhadap karyawan dipastikan tidak terjadi, setidaknya hingga akhir tahun 2020 ini.

Pihak Telkomsel mengatakan jika untuk saat ini kesehatan perusahaan masih bisa terjaga dengan baik. Sehingga untuk masalah PHK pihaknya optimis hal tersebut tidak akan terjadi. Pernyataan yang sama juga dilontarkan oleh Indosat, meski pada tahun lalu mereka memutuskan untuk melakukan PHK massal terhadap sejumlah karyawan dan berjanji hal itu tidak akan terjadi lagi untuk tahun ini.

Begitu juga dengan penjelasan yang diberikan oleh XL Axiata yang mengatakan kondisi perusahaan secara keseluruhan dalam posisi yang kuat. Masalah PHK pun sama sekali tidak terlintas dalam rencana kebijakan mereka, sekalipun yang menjadi alasan adalah kondisi ekonomi global yang sedang terpuruk.

Leave a Reply