Fitur Baru Microsoft Edge Browser di Windows 10

Tiga Fitur Baru Yang Hadir Ke Microsoft Edge Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft Edge, yang kini telah menjadi browser andalan dari Windows, dikabarkan mendapatkan tiga fitur baru yang akan dirilis pada pembaruan berikutnya. Microsoft tampaknya sedang menguji coba sebuah fitur widget baru, tab pencarian Chrome dan menu ekstensi yang akan disematkan di browser Edge. 

Widgets sendiri sudah ada sejak lama untuk perangkat Android dan sepertinya Windows 10 bakal mendapatkan fitur yang sama melalui Microsoft Edge. Pihak Microsoft saat ini juga sedang menguji coba widget untuk berita dan cuaca yang akan menempatkan headline berita terbaru dari feed MSN di browser Edge yang akan memudahkan para pengguna yang tertarik untuk mengikuti perkembangan berita terbaru yang lagi ramai.

Widget berita untuk Microsoft Edge ini memiliki dasar pendekatan yang sama seperti fitur berita dan cuaca yang akan hadir untuk Taskbar Windows 10. Widget ini akan menampilkan berita yang telah dipersonalisasi sesuai minat dan ketertarikan pengguna, termasuk menyesuaikan dengan lokasi pengguna saat itu. 

Pengguna juga bisa menutup browser dan masih bisa untuk mengakses widget itu dengan mengklik ikon yang tampil mengambang di tampilan desktop. 

Untuk saat ini Microsoft masih melakukan eksperimen pada widget feed berita saja, dan sepertinya nantinya akan ada lebih banyak lagi widget yang akan dihadirkan, setidaknya untuk tahun ini. Menurut Microsoft, widget web ini adalah bagian dari Controlled Feature Roll-Out (CFR) dan hanya bisa digunakan oleh pengguna tertentu saja. 

Selain widget web, Microsoft juga sedang mengembangkan dukungan pencarian pada tab untuk browser Edge. Seperti yang dilakukan Google, Microsoft juga mulai secara bertahap menambahkan fitur-fitur baru untuk memudahkan pengguna dalam mengelola tab yang sangat banyak. 

Pada tahun lalu, Microsoft menambahkan dukungan untuk Vertical Tabs dan sebuah pembaruan lain yang akan membawa tab pencarian yang ada di Chrome ke browser Edge. Seperti namanya, fitur baru tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian pada tab yang sedang dibuka. Lokasi fitur ini berada di bar atas pada browser. 

Menu ekstensi juga akhirnya akan hadir ke browser Edge. Seperti pada Chrome, fitur ini akan memiliki ikon berbentuk puzzle yang ditempatkan di samping kanan kolom alamat. Semua ekstensi akan bisa ditemukan begitu pengguna mengklik tombol ikon berbentuk puzzle itu. Namun pengguna yang tidak suka dengan tampilan ikon itu, bisa memilih untuk menyematkan ekstensi secara tersendiri ke samping kolom alamat. 

Leave a Reply

Send this to a friend