• Our Partners:

Tujuan Negara

Kenali Tujuan Negara dan Cara untuk Mewujudkannya, Yuk Disimak!

Menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara adalah hak dan kewajiban bagi setiap warga negara dimana mereka tinggal. Sehingga sudah sewajarnya jika harus menjalani kehidupan yang saling tolong menolong dan saling mendukung satu sama lain.

Untuk menciptakan kehidupan yang rukun sangat penting dalam memakmurkan suatu negara. Jika masyarakat yang hidup didalamnya dapat hidup saling berdampingan dan sejahtera, maka akan mempermudah sinergi untuk mencapai tujuan suatu negara tersebut.

Sebagai warga negara yang baik, setiap orang harus menjalankan hak dan kewajibannya ketika menjadi warga negara sehingga dapat mencapai tujuan negara yang telah ditetapkan. Berikut merupakan penjelasan mengenai tujuan negara agar mudah dimengerti:

Tujuan Negara

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

Tujuan Negara untuk Melindungi segenap bangsa indonesia

Sebagai warga negara Indonesia, sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama untuk melindungi seluruh bangsa dan tanah air Indonesia.

Hal-hal yang dimaksudkan untuk dilindungi tidak hanya warga negaranya saja, melainkan juga semua komponen yang membentuk Bangsa Indonesia seperti: Nilai-Nilai Bangsa yang dianut dan patut dipertahankan, kekayaan alam Indonesia, hingga rakyatnya.

Sehingga tugas untuk melindungi segenap bangsa Indonesia tidak menjadi tugas satu lembaga saja, melainkan menjadi tugas bersama seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu dan melindungi segenap bangsa Indonesia.

2. Memajukan kesejahteraan umum

Kesejahteraan bangsa indonesia

Dalam hidup bermasyarakat, sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya untuk selalu menjaga kesejahteraan masyarakat. Sehingga dengan begitu akan tercipta kesejahteraan umum yang dimaksudkan.

Kesejahteraan umum yang dimaksud adalah terkait dengan kesejahteraan ekonomi dan materi, kesejahteraan lahir batin dari rakyat. Sehingga semua golongan dan semua warga negara Indonesia mendapatkan hak-hak yang seharusnya mereka dapatkan.

Kesejahteraan ini dapat tercapai dengan didukung oleh kehidupan yang saling gotong royong, saling menghormati dan menghargai antar sesama. Dengan demikian, tujuan negara dengan poin memajukan kesejahteraan umum dapat dicapai.

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa

Pendidikan Sarjana

Pendidikan dalam suatu negara sangatlah penting. Semua negara tentu akan membutuhkan pendidikan untuk dapat mencerdaskan rakyatnya.

Meraih jenjang pendidikan setinggi-tingginya merupakan hak dan kewajiban masing-masing individu dalam suatu negara. Sehingga sudah menjadi tugas negara, pemerintah, individu dan instansi terkait pendidikan untuk bersinergi dalam menyelenggarakan pendidikan dengan kualitas terbaik untuk setiap putra-putri bangsa.

Tujuannya adalah dengan adanya sumber daya manusia yang cerdas, maka Negara akan lebih mudah dalam mencapai pembangunan dan kemajuan negara. Sehingga Negara akan lebih maju, dengan didukung oleh Sumber Daya Manusia yang cerdas.

4. Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial

Tujuan Negara untuk Perdamaian Dunia

Sebagai warga negara Indonesia, sudah seharusnya kita untuk turut serta dalam menjaga ketertiban dunia. Perdamaian dunia dapat diawali dari diri sendiri untuk tidak saling memprovokasi terkait hal-hal tertentu yang dapat menyebabkan pertikaian.

Perdamaian dunia tidak akan tercapai jika masing-masing individunya tidak dapat berdamai, dan selalu ingin bertikai. Oleh karena itu, hal ini akan lebih baik jika diawali dengan langkah kecil dari dalam diri sendiri untuk menjaga ketertiban dan perdamaian antar sesama.

Cara untuk Mewujudkan Tujuan Negara

Dengan 4 poin tujuan negara yang tertuang jelas pada Undang-Undang Dasar 1945, sebagai masyarakat Indonesia, sudah seharusnya dan wajib untuk melaksanakan tugas dan kewajiban kita sebagai warga negara. Hal ini agar kita dapat mewujudkan dan mencapai tujuan negara yang telah ditetapkan. Berikut merupakan beberapa cara untuk mewujudkan tujuan negara yang dapat dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia:

1. Menjaga perdamaian antar suku bangsa, antar agama, dan lainnya

Saling Menghargai

Untuk dapat melindungi segenap bangsa, kita harus bersatu dan bersinergi dalam menjaga perdamaian. Perdamaian yang dimaksud adalah perdamaian antar suku bangsa, antar agama, ras, dan lain sebagainya.

Meskipun sebagai warga negara Indonesia yang dilahirkan dari daerah yang berbeda-beda, namun kita semua masih menjadi satu kesatuan sebagai warga negara Indonesia.

Sudah seharusnya kita menjaga perdamaian agar tidak ada pertikaian, pertengkaran yang terjadi, dan dapat menimbulkan permasalahan yang serius. Kita harus bisa saling menghormati, menghargai satu sama lain. Dengan begitu, kehidupan berbangsa dan bernegara akan menjadi tertib dan sejahtera.

2. Mencintai produk lokal, sehingga dapat bersaing dengan produk-produk internasional

Produk Lokal Indonesia

Produk-produk lokal yang dimiliki oleh Indonesia merupakan produk yang bernilai. Sama halnya dengan produk-produk yang dimiliki oleh negara lain. Untuk itu, kita dapat memulai untuk membeli dan menghargai produk lokal.

Dengan adanya hal ini dapat meningkatkan potensi produk lokal dalam bersaing dalam kancah internasional. Semakin banya produk Indonesia yang bisa dikenal secara internasional, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara secara tidak langsung.

3. Mengejar pendidikan setinggi-tingginya

Tujuan Negara untuk Pendidikan

Pendidikan merupakan bidang yang penting. Jenjang pendidikan perlu dikejar setinggi-tingginya. Hal ini bukan karena seseorang yang sangat mencintai sekolah atau universitas, melainkan dengan mencapai jenjang pendidikan setinggi-tingginya, maka kita dapat bersaing secara global dan dapat membantu mengabdi kepada Negara, agar dapat memajukan Negara Indonesia.

4. Mendukung progam-program yang dilaksanakan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

Perserikatan bangsa bangsa

Sebagai warga negara Indonesia, Indonesia sudah menjadi salah satu anggota PBB. Oleh karena itu, untuk dapat mendukung perdamaian dunia, sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia untuk mendukung segala program yang dicanangkan oleh PBB dalam meningkatkan perdamaian dunia. Sehingga akan tercipta dan bersinergi untuk mewujudkan perdamaian dunia secara internasional.

Dengan adanya informasi mengenai tujuan negara dan bagaimana saja upaya atau cara untuk mewujudkan hal tersebut. Sebagai warga negara Indonesia yang memiliki tugas dan kewajiban tersebut, kita harus peduli dan aktif dalam menjalankan berbagai tugas dan kewajiban yang seharusnya. Adanya informasi ini dapat memberikan gambaran secara detil dan jelas, mudah dimengerti bagaimana pemahaman mengenai tujuan negara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend