Hak dan Kewajiban Warga Negara Menurut UUD 1945 Beserta Contohnya

Sebagai warga negara yang menjalani kehidupan sosial secara utuh tidak akan terlepas dari beberapa bahkan banyak nilai dan norma yang mengatur. Indonesia menjadi salah satu negara yang demokratis serta terbuka.

Indonesia juga mempunyai peraturan yang jelas dan tidak memiliki makna ganda. Pengertian dari hak dan kewajiban didalam kehidupan bernegara menjadi suatu pengetahuan atau wawasan yang wajib diketahui oleh setiap masyarakat.

Pengetahuan dan wawasan tersebut menjadi sangat dibutuhkan dan diperlukan untuk menghindari beberapa kesalahpahaman dan kekeliruan. Supaya tidak terjadi penuntutan hak yang berlebihan tanpa disamakan dengan pelaksanaan beberapa kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab.

Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara

Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara

Banyak sekali pernyataan yang mengatakan tentang pengertian hal dan kewajiban sebagai warga negara. Hal seperti itu semakin menambah keanekaragaman dan semakin memperkaya wawasan dan pengetahuan tentang nusantara.

Secara singkat pengertian hak warga negara adalah suatu hal yang diterima oleh setiap manusia yang berada didalam suatu negara tertentu dan dibatasi dengan beberapa aturan yang berlaku. Sedangkan kewajiban warga negara adalah segala sesuatu yang wajib dan harus dilakukan oleh warga negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan.

Tetapi, pada dasarnya pengertian dari hak dan kewajiban memiliki prinsip yang hampir sama. Untuk lebih jelas dan mudah memahami tentang pengertian hak dan kewajiban sebagai warga negara, berikut ini penjelasan yang dapat diuraikan.

A. Hak Warga Negara Indonesia

Hak Warga Negara Indonesia

Setiap orang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Hak. Yang mana merupakan kata yang selalu ada dan berdampingan dengan kata kewajiban.

Secara umum, pengertian hal adalah segala sesuatu yang didapat atau diperoleh. Memiliki kebebasan dalam menggunakannya dan sudah secara mutlak menjadi hak miliki atau kepunyaan seseorang.

Oleh karena itu, hak yang harus didapat dari warga negara adalah memiliki perlindungan dan mendapatkan jaminan rasa nyaman, aman, dan tenteram ketika berada di negara Indonesia. Kenyamanan dalam memahami dan mempelajari pengertian dari hal dan kewajiban juga bisa disebut dengan sebuah hak.

Dalam kehidupan bernegara, seorang warga negara haruslah mempunyai hak masing – masing dalam hidup bernegara. Memiliki sifat mutlak dan memiliki kebebasan didalamnya.

Setiap warga negara wajib dan berhak mendapatkan hak yang sesuai dengan peraturan didalam perundang – undangan yang berlaku. Tapi, biasanya jika seorang warga negara memperoleh hak, maka sebagai warga negara yang baik juga harus menjalankan kewajiban yang sudah ditetapkan di negaranya.

Contoh dari Hak Warga Negara, yaitu :

  1. Berhak memperoleh penghidupan dan pekerjaan yang layak (sesuai pasal 27 ayat 2).
  2. Berhak memperoleh perlindungan hukum (sesuai pasal 27 ayat (1)).
  3. Dibebeskan dalam memiliki, memeluk, serta menjalankan agama yang dianut dan dipercayai (sesuai pasal 29 ayat 2).
  4. Berhak memperoleh kedudukan yang sama dalam pemerintahan dan juga dimata hukum (sesuai pasal 28D ayat 1).
  5. Mempunyai hak yang sama dalam berkumpul dan mengeluarkan pendapat baik secara lisan atau tulisan, serta kemerdekaan berserikat (sesuai pasal 28).
  6. Berhak Mendapatkan pengajaran dan pendidikan.

B. Kewajiban Warga Negara Indonesia

Kewajiban Warga Negara Indonesia

Secara umum, pengertian kewajiban adalah suatu hal yang harus dilakukan agar mendapatkan suatu hak. Walaupun pengertian lain mengatakan hak dan kewajiban mampu berjalan dengan seirama dan menjadi sebuah satu kesatuan yang akan berjalan bersama.

Tapi, dalam kenyataannya kewajiban harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mendapatkan suatu hak. Jika kita sudah melaksanakan dan melakukan kewajiban dengan benar dan dengan rasa penuh tanggung jawab, maka hak tersebut akan datang sebagai balasan yang kita kerjakan.

Didalam kamus besar bahasa Indonesia mengatakan bahwa kewajiban merupakan suatu keharusan dan harus dilaksanakan. Kehidupan bernegara tidak akan bisa berjalan dengan baik dan lancar jika warga negaranya tidak melaksanakan kewajibannya dengan tepat dan benar.

Seperti halnya hukum sebab akibat. Kewajiban yang dilakukan pasti akan mendatangkan hak. Namun, banyak warga negara yang menuntut suatu hak yang istimewa, tetapi ketika melaksanakan kewajibannya ia belum sungguh – sungguh atau mungkin saja tidak benar.

Kewajiban warga negara memiliki pengaruh yang cukup besar bagi negaranya dan dirinya sendiri. Seperti air yang menyirami tanaman, kewajiban menjjadi sebuh sumber kehidupan serta kemakmuran bagi warga masyarakat yang dibebankan. Sama seperti dengan membela kesatuan serta kerukunan antar sesama manusia dan juga menjaga atas pelaksanaan ideologi Pancasila.

Kewajiban sebagai warga negara adalah segala sesuatu yang wajib dilaksanakan agar mendapatkan hak dari negara dimana ia tinggal. Pelaksanaan yang sesuai tentang hal dan kewajiban akan menciptakan dan menghasilkan kehidupan berbangsa dan juga bernegara yang berimbang dan teratur.

Contoh dari Kewajiban Warga Negara, yaitu :

  1. Wajib selalu membayar pajak dan retribusi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah di pusat ataupun pemerintah daerah (sesuai UUD 1945).
  2. Wajib ikut berperan serta dalam membela, dan mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan para musuh (sesuai pasal 30 ayat 1 UUD 1945).
  3. Wajib menghormati dan menghargai hak asasi manusia warga negara lainnya (sesuai pasal 28J ayat 1).
  4. Wajib mematuhi dan menjunjung tinggi dasar negara, pemerintahan, hukum tanpa terkecuali dan dijalankan dengan sebaik – baiknya.
  5. Setiap warga negara wajib ikut dan turut serta dalam setiap pembangunan agar dapat memajukan bangsa ke arah yang lebih baik lagi (sesuai pasal 28).
  6. Wajib tunduk dan patuh terhadap pembatasan yang sudah ditetapkan oleh undang – undang (sesuai pasal 28J ayat 2).

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai pengertian hak dan kewajiban sebagai warga negara serta beberapa contoh tentang hak dan kewajiban warga negara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend