Kenali Ukuran Lapangan Futsal Standar & Tinggi Gawangnya

Pernahkah Anda mendengar sebuah olahraga bernama futsal? Beberapa orang berpikir bahwa futsal adalah nama lain dari sepak bola, padahal kedua permainan ini adalah hal yang berbeda.

Futsal berasal dari bahasa spanyol, futbol dan sala. Futbol artinya sepak bola dan sala artinya ruangan. Futsal adalah sebuah permainan sepak bola yang dilakukan di dalam ruangan.

Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan utama antara futsal dan sepak bola, misalnya saja jumlah pemain, lama waktu bertanding, ukuran lapangan dan yang lainnya. Agar Anda mengetahui lebih lanjut tentang futsal, berikut ini adalah penjelasannya.

Ukuran Lapangan Futsal + Tinggi Gawang

Secara umum, ada tiga jenis lapangan futsal, yakni lapangan futsal mini, lapangan futsal standart dan lapangan futsal standart internasional. Ada sedikit perbedaan diantara ketiga jenis lapangan ini. Berikut adalah penjelasannya.

A. Ukuran Lapangan Futsal Standar

Ukuran Lapangan Futsal Standar

Lapangan futsal yang standart memiliki panjang antara 25 sampau 43 meter dengan lebar 15 sampai 25 meter. Bagian permukaan lapangannya adalah permukaan yang rata atau tidak abrasit. Setelah mengetahui tentang panjang dan lebarnya, Anda juga harus mengetahui lebih lanjut tentang lebar garis, wilayah penalti dan jari-jari lingkaran.

Anda pasti sadar bahwa dalam sebuah lapangan sepak bola ada lingkaran berwarna putih yang digunakan untuk pelemparan bola pertama kali. Jari-jari dari lingkaran bola ini adalah 3 meter. Selanjutnya adalah lebar garis. Ada sebuah garis batas yang akan melintasi bagian tengah lapangan dan garis yang ada di bagian ujung dan sisi gawang.

Untuk wilayah penaltinya ada di dalam jangkauan busur dengan luar 6 meter di posisi tiang gawang masing-masing tim. Sedangkan titik pinalti yang pertama berawal dari posisi tengah di garis gawang.

Permukaan Lapangan Futsal

Futsal adalah permainan yang dilakukan di dalam ruangan, maka dari itulah permukaan lapangan futsal harus rata dan tidak licin. Akan sangat berbahaya bagi para pemain apabila lapangan futsal yang mereka gunakan ternyata licin. Biasanya, lapangan futsal akan menggunakan bahan kayu atau parkit. Sedangkan bahan yang sangat tidak disarankan untuk dipilih adalah paving dan beton.

Daerah Penalti

Ada dua jenis daerah penalti. Titik penalti yang pertama ada di jarak 6 meter dari bagian titik tengah hingga kedua tiang gawang. Sedangkan titik penalti yang kedua jaraknya adalah 10 meter dari bagian titik tengah hingga kedua tiang gawang.

Daerah Bebas

Daerah ini ada di lima meter sekeliling garis tengah lapangan. Di daerah bebas inilah ada meja milik wasit ketiga dan pencatat waktu. Jarak minimal kursi wasit ketiga ke arah garis tepi lapangan adalah dua meter. Di samping daerah bebas ini ada kursi tempat duduk pemain cadangan.

Daerah Tendangan Sudut

Di setiap ujung lapangan, Anda akan melihat sudut yang berbentuk seperempat lingkaran. Area itulah yang menjadi daerah untuk tendangan sudut. Jari-jari dari seperempat lingkaran ini adalah 25 cm.

B. Ukuran Gawang Futsal

Ukuran Gawang Futsal

Jika diukur dari bagian dalam tiang, maka gawang futsal memiliki lebar 3 meter, sedangkan tingginya memiliki ukuran 2 meter. Perhitungan ini dimulai dari bagian dalam tiang palang atas dari gawang hingga ke lantai futsal. Gawang harus diletakkan di bagian tengah, tidak condong ke arah kanan maupun ke arah kiri.

Ada dua jenis penampang tiang gawang yang boleh untuk digunakan, yakni kotak dan lingkaran. Tapi beberapa pertandingan lebih menyarankan untuk menggunakan penampang yang berbentuk lingkaran. Alasannya adalah keamanan dan keakuratan. Penampang yang memiliki bentuk lingkaran akan lebih aman apabila terjadi benturan yang disebabkan oleh pantulan bola. Selain itu, bola akan lebih akurat pengarahannya apabila menggunakan penampang gawang yang berbentuk lingkaran.

Banyak sekali jenis jaring gawang yang bisa digunakan, tapi standartnya jaring gawang harus terbuat dari bahan nilon. Jaring gawang ini nantinya akan diikatkan dari satu tiang ke tiang lain, begitu pula dengan palang gawangnya.

Untuk kedalaman dari gawang sendiri ditentukan minimal 80 cm untuk bagian atas dan 100 cm untuk bagian bawah. Anda tentu sadar bahwa bagian bawah dari gawang lebih menjorok bukan? Apabila garis gawang ada di angka 15 sampai 16 meter, maka radius seperempat lingkaran hanya diukur sebesar 4 meter saja.

C. Jumlah Pemain Futsal

Jumlah Pemain Futsal

Berbeda dengan sepak bola, satu tim futsal hanya terdiri dari 5 orang. Jika ditambah dengan pemain cadangan, paling banyak ada 7 orang pemain. Karena jumlah pemain yang sedikit, tidak ada batas berapa kali pergantian pemain antara satu dengan lainnya. Lama pertandingan futsal adalah 2 x 20 menit dengan waktu istirahat selama 10 menit. Apabila sudah dua kali set dan masih seri, maka akan ada pertambahan waktu bermain. Pertambahan waktu bermain yang akan diberikan adalah 2 x 5 menit.

Apabila ada tim yang ingin meminta time out, maka tim tersebut haruslah sedang menguasai bola. Time out ini boleh diminta kapan saja. Tanda time out disetujui oleh time keeper adalah dengan menggunakan peluit. Saat terjadi time out, maka para pemain tidak diperbolehkan untuk keluar dari area lapangan. Tim yang tidak meminta time out sama sekali di babak pertama hanya bisa meminta 1 kali time out di babak kedua.

Cara untuk bermain futsal masih kurang lebih sama dengan sepak bola. Masing-masing tim akan saling berebut bola sesuai dengan cara yang diperbolehkan dan berusaha untuk memasukkan bola sebanyak mungkin ke gawang lawan. Tempat duduk 2 pemain cadangan dalam futsal ada di belakang garis pembatas lapangan. Tempat duduk ini ada di samping wilayah bebas yang ada di bagian depan time keeper.

D. Ukuran Lapangan Futsal Mini

Ukuran lapangan futsal mini tidak jauh berbeda dengan yang lainnya. Hanya saja, lapangan futsal ini harus mengikuti minimal standart yang diberikan. Setidaknya, lapangan futsal mini memiliki panjang 25 meter dengan lebar 15 meter. Tidak ada perubahan yang menonjol atau siginifikan untuk lapangan jenis ini. aturan garis yang diperkenankan juga masih sama antara satu dengan lainnya.

Biasanya, lapangan futsal ini digunakan bagi anak-anak sekolah yang masih baru belajar tentang aturan permainan futsal. Tujuannya adalah agar tidak terlalu lebar tapi masih ada di dalam standart. Untuk lapangan futsal mini, diperbolehkan pemain 4 orang tapi tidak boleh hanya 3. Hal ini diperbolehkan hanya untuk bermain biasa saja, bukan untuk sebuah pertandingan yang serius.

E. Ukuran Lapangan Futsal Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Internasional

Ukuran lapangan futsal jika diatur menurut ketentuan internasional adalah memiliki panjang antara 38 sampai 42 meter dengan lebar antara 18 sampai 25 meter. Bentuk dari lapangan futsal selalu persegi panjang dengan jarak yang proporsional. Ukuran dari lapangan futsal secara internasional ini lebih besar dibandingkan dengan yang standart internasional. Standart ini diciptakan sendiri oleh FIFA.

Itu dia beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang lapangan futsal, mulai dari yang standart nasional hingga yang standart Internasional. Jika untuk pertandingan yang benar-benar serius, maka harus menggunakan lapangan yang sesuai dengan standart.

Leave a Reply

Send this to a friend