Download ScreenToGif 2.19.1

Download ScreenToGif Terbaru Developer: Nicke Manarin
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 3MB


Terkadang teks dan gambar saja tidak cukup untuk menjelaskan sesuatu. Di saat seperti inilah ScreenToGif dapat membantu anda karena software ini bisa merekam layar dan menyimpannya sebagai video, animasi gif atau animasi png.

ScreenToGif gratis tapi hanya bisa dijalankan pada Windows 7, 8, 8.1 dan Windows 10 serta membutuhkan setidaknya .Net Framework 4.6.1. Ukuran filenya hanya sekitar 3 MB setelah didekompresi.

Fitur ScreenToGif

Download ScreenToGif Terbaru

Tampilan ScreenToGif Terbaru

ScreenToGif menyediakan tiga opsi perekaman, yaitu Screen Recorder, Webcam Recorder dan Board Recorder. Untuk keperluan merekam layar yang digunakan adalah Screen Recorder. Sebelum merekam, anda bisa menentukan nilai FPS terlebih dulu. ScreenToGif dapat merekam hingga 60 FPS. Lebar dan tinggi area perekaman juga bisa diatur sesuai keperluan. Saat merekam, area perekaman ini dapat digeser-geser sehingga anda pun bisa merekam bagian-bagian yang berbeda dalam sebuah sesi perekaman.

Di sisi lain, sesuai namanya, Webcam Recorder adalah fitur untuk merekam webcam. Tampilan antarmukanya mirip seperti Screen Recorder dengan sedikit perbedaan berupa opsi Check for video devices. Opsi ini berfungsi untuk mengecek ulang perangkat multimedia yang tersambung dengan komputer anda.

Yang terakhir adalah Board Recorder. Fitur perekaman ini dilengkapi dengan sebuah canvas. Apapun yang anda tulis atau lukis pada canvas tersebut akan direkam hingga selesai.

Setelah perekaman selesai, anda dapat langsung menyimpannya atau mengeditnya terlebih dahulu. Dalam jendela pengeditan, setiap frame yang dihasilkan dari perekaman ditampilkan dalam sebuah timeline yang bisa dijumpai di bagian bawah. Anda bisa memilih frame yang mana saja yang perlu dihapus.

Selain itu juga ada fitur untuk mengurangi jumlah frame supaya ukuran filenya tidak terlalu besar. Sebagai contoh, dengan fitur ini anda dapat menghapus 2 frame setelah setiap 1 frame. Jika pengaturan ini diterapkan pada 8 frame, maka hasilnya akan menjadi 3 frame. Tersedia pula fitur untuk menghapus semua frame yang mirip. Tingkat kemiripan frame bisa diatur sesuai dengan keinginan anda.

Download ScreenToGif Terbaru

Selain format GIF, AVI dan APNG, hasil perekaman ScreenToGif juga dapat disimpan dalam format PSD. Setiap frame pun bisa disimpan sebagai gambar tersendiri dalam format PNG. Anda bebas menentukan apakah anda ingin menyimpan semua frame atau hanya beberapa frame saja. Di samping itu, jika anda ingin mengedit hasil perekaman tapi masih belum sempat atau masih belum selesai, anda bisa memilih untuk menyimpannya sebagai proyek ScreenToGif agar bisa dilanjutkan di lain waktu.

Untuk keperluan membuat tutorial yang kemudian di upload sebagai bagian dari sebuah kursus online, mungkin anda lebih memilih Camtasia atau ActivePresenter. Sedangkan untuk memberi penjelasan ala kadarnya kepada teman atau sebagai pelengkap sebuah artikel di situs anda, fitur-fitur yang disediakan ScreenToGif sudah lebih dari cukup. Download ScreenToGif terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend