• Our Partners:

Cbercrime di Deen Haag Belanda Pusat Penelidikan Kejahatan Siber di Eropa

Usai Bongkar Ponsel Terenkrispi, Polisi Eropa Tangkap Ratusan Orang

NESABAMEDIA.COM – Polisi Eropa memberikan pukulan besar bagi kejahatan terorganisir setelah mereka berhasil membobol jaringan komunikasi terenkripsi, yang memungkinkan mereka untuk secara diam-diam mengawasi “penjahat” secara real-time ketika mereka merencanakan perdagangan narkoba, penjualan senjata, pembunuhan, penyiksaan, dan kasus-kasus lain yang berkaitan dengan kejahatan siber di Eropa.

Penyelidikan lintas negara besar-besaran dimulai sejak tahun 2017 ketika polisi Prancis mulai menyelidiki telepon menggunakan alat komunikasi aman EncroChat dan akhirnya dapat bekerja di sekitar enkripsi untuk mendapatkan akses langsung ke komunikasi pengguna.

“Seolah-olah kami sedang duduk di meja tempat para penjahat mengobrol di antara mereka sendiri,” kata Jannine van den Berg, kepala Kepolisian Nasional Belanda.

Polisi Eropa dan otoritas peradilan mengatakan mereka mengharapkan penyelidikan untuk mengirim gelombang kejut melalui geng kejahatan terorganisir di seluruh benua.

Platform terenkripsi digunakan oleh 60.000 orang di seluruh dunia, termasuk sekitar 10.000 di Inggris, kata polisi Inggris. Layanan itu mendorong sebuah pesan kepada semua penggunanya pada 13 Juni untuk memperingatkan mereka bahwa sistem mereka telah dilanggar dan mendesak para pengguna untuk membuang telepon mereka, tambah agen polisi Uni Eropa Europol.

Agensi mengatakan EncroChat menjual “cryptotelephones” masing-masing untuk sekitar 1.000 euro dan menawarkan langganan dengan cakupan di seluruh dunia sebesar 1.500 euro selama enam bulan.

Badan Kejahatan Nasional Inggris mengatakan menggunakan data EncroChat untuk memulai penyelidikan yang mengarah pada penangkapan 746 tersangka dan penyitaan lebih dari 54 juta pound ($ 68 juta) dalam bentuk uang tunai, 77 senjata api dan lebih dari 2 ton obat-obatan.

“Bersama-sama kita telah melindungi publik dengan menangkap penjahat tingkat menengah dan gembong, yang disebut ikon tersentuh yang telah menghindari penegakan hukum selama bertahun-tahun, dan sekarang kita memiliki bukti untuk menuntut mereka,” kata Direktur Investigasi NCA Nikki Holland .

“Penyusupan platform komunikasi komando dan kontrol ini untuk pasar kriminal di Inggris seperti memiliki orang dalam di setiap kelompok kejahatan terorganisir terbaik di negara ini,” tambah Holland.

Polisi Metropolitan London menggunakan data EncroChat untuk meluncurkan apa yang disebutnya operasi paling signifikan terhadap kejahatan terorganisir, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menangkap “beberapa penjahat paling lama dan paling berbahaya di London” dan menyita lebih dari 13 juta pound dalam bentuk tunai.

Polisi Belanda menggunakan sejumlah besar komunikasi kriminal – sekitar 20 juta pesan – untuk meluncurkan gelombang penggerebekan dan penangkapan narkoba dalam beberapa bulan terakhir, kata Andy Kraag, kepala divisi penyelidikan pusat kepolisian nasional Belanda.

“Sekarang, apa yang tampaknya hanya mungkin dalam seri thriller dan polisi yang telah kita saksikan terjadi di depan mata kita sendiri,” kata Kraag. “Kami benar-benar bisa melihat apa yang terjadi secara real time dengan para penjahat.”

Sejauh ini, penyelidikan Belanda telah menyebabkan penangkapan lebih dari 100 tersangka dan penyitaan lebih dari 8.000 kilogram kokain dan 1.200 kilogram met kristal serta pembongkaran 19 laboratorium obat sintetik dan penyitaan puluhan senjata api.

Ini bukan pertama kalinya polisi Belanda terlibat dalam pembongkaran skandal kejahatan siber di Eropa. Pada tahun 2017, para detektif dunia maya Belanda diam-diam mengambil alih pasar online dan bertindak sebagai administratornya, mengumpulkan nama pengguna dan kata sandi, dan mencatat data pada ribuan penjualan narkoba.

Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel memberi selamat kepada lembaga penegak hukum yang berhasil membongkar kasus kejahatan siber di Eropa.

“Operasi ini menunjukkan bahwa penjahat tidak akan lolos dengan menggunakan perangkat terenkripsi untuk merencanakan kejahatan keji di bawah radar,” kata Patel.

Leave a Reply

Send this to a friend