Cooler Master Umumkan Casing Mini Kekinian Untuk Raspberry Pi 4

NESABAMEDIA.COM – Sebagai perusahaan produsen komponen perangkat keras, Cooler Master kembali mengumumkan inovasi terbaru mereka yakni casing atau pelindung terluar PC.

Seri casing teranyar dari Cooler Master ini merupakan produk pertama dari proyek khusus yang dirancang untuk form factor ultra-compact saja. Casing mini tersebut dibuat khusus untuk Raspberry Pi 4, sebuah PC mini terbaru yang kerap diidamkan oleh banyak orang karena memiliki prosesor ARM Cortex-A72 quad-core 1.5 GHz.

Dari tampak luar, casing yang dinamai Pi Case 40 tersebut memiliki kulit yang terbuat dari aluminium tebal dengan desain permukaan kasar. Kulit itu dilindungi oleh karet berbahan termoplastik poliuretan (TPU) berkualitas tinggi. Selain tahan debu, casing ini mendukung mounting sesuai standar VESA dengan 4 lubang sehingga lebih kokoh dan tahan api.

Keunggulan casing buatan Cooler Master terletak pada performa apik berupa sistem pendingin pasif. Hal ini karena adanya inti alumunium casing yang terhubung dengan prosesor Raspberry Pi 4 untuk menurunkan suhu CPU meskipun CPU tersebut bekerja pada laju clock yang lebih tinggi. Hal ini tidak dijumpai pada casing Raspberry Pi manapun sehingga diminati oleh banyak orang.

Meskipun membuat Raspberry Pi 4 terlindungi, pengguna tetap dapat mengutak-atik kamera, papan GPIO, dan pin koneksi untuk memanfaatkan fitur PC mini tersebut secara bebas. Hal ini karena casing telah dicetak sesuai dengan model asli Raspberry Pi 4. Terdapat pula tombol daya yang dapat disetel dan digapai secara mudah oleh tangan pengguna untuk menghidupkan atau mematikan Raspberry Pi 4.

Casing Raspberry Pi 4 dari Cooler Master (Sumber: Cooler Master)

Langkah Cooler Master dalam memilih sasaran hardware yaitu Raspberry Pi 4 terbilang baik dan potensial. Popularitas Raspberry Pi 4 yang mampu berperan sebagai pengganti komputer desktop masih eksis dimana cocok untuk “otak” robot, drone, dan masih banyak lagi. Bahkan, Cooler Master membagikan file desain Pi Case 40 kepada publik atau bersifat open-source sehingga dapat dipelajari.

Besok (7/7), Cooler Master akan memulai penjualan melalui situs Kickstarter dengan potongan harga sebesar 25% untuk pembelian tahap pertama. Jika ingin menjadi salah satu pembeli yang beruntung, Anda dapat melakukan registrasi dalam daftar tunggu melalui situs resmi Kickstarter. Semoga beruntung, ya!

Leave a Reply

Send this to a friend