Kurt DelBene Microsoft

Wakil Presiden Eksekutif Kurt DelBene Keluar Dari Microsoft

NESABAMEDIA.COMKurt DelBene, Wakil Presiden Eksekutif yang juga Kepala Strategi Korporasi dan Teknisi Layanan Inti Microsoft dikabarkan akan meninggalkan perusahaan pada akhir tahun 2021 ini. DelBene nantinya tidak akan digantikan oleh orang lain, namun jabatannya akan dipecah ke sejumlah pejabat eksekutif yang ada. Selain jabatan di atas, DelBene juga merupakan anggota dari Pimpinan Tim Senior Microsoft. 

CEO Microsoft Satya Nadella mengabarkan informasi mengenai rencana DelBene ini kepada para karyawan Microsoft pada tanggal 25 Januari kemarin. 

DelBene sendiri pertama kali bergabung dengan Microsoft pada tahun 1992 silam. Kemudian dia ditunjuk untuk memimpin bagian teknis dan marketing untuk produk Office. Pada tahun 2013, DelBene meninggalkan Microsoft dan kemudian menjadi penasihat senior untuk Secretary of Health and Human Services, untuk membantu program Affordable Care Act. Selanjutnya dia bekerja di grup Madrona Venture sejak tahun 2014.

Pada 2015, DelBene kembali ke Microsoft dan saat itu dia menduduki jabatan sebagai Kepala Strategi Korporasi dan Teknisi Layanan Inti. Jabatannya termasuk memimpin strategi lintas teknik dan lintas bisnis Microsoft.

DelBene juga membantu Nadella untuk melakukan identifikasi investasi dan melaksanakan inisiasi strategi. Terbaru, peran DelBene di Microsoft termasuk memimpin pengambilan kebijakan perusahaan terkait adanya pandemi global. 

DelBene sendiri memegang gelar Master of Business Administration dari Universitas Chicago, juga gelar Master of Science dari Universitas Stanford dan lulusan Teknik Industri dari Universitas Arizona. 

Nadella mengatakan bahwa jabatan yang sebelumnya diemban oleh DelBene akan dialihkan ke organisasi Cloud dan AI yang saat ini dijabat oleh Wakil Presiden Scott Guthrie. Operasi bisnis Microsoft akan beralih di bawah kepemimpinan Kepala Keuangan Amy Hood. Sementara untuk pengambil kebijakan strategi perusahaan akan dialihkan ke organisasi pengembangan bisnis baru di bawah pimpinan Chris Young.

Tentunya, dengan keluarnya DelBene dan juga pemecahan jabatan ke divisi lain, akan memberikan dampak pada kinerja Microsoft kedepannya. Di sisi lain, Microsoft juga tengah gencar untuk mengembangkan sistem operasi Windows 10 dan cabangnya serta layanan-layanan berbasis Cloud mereka. Jadi akan sangat menarik untuk menunggu kebijakan dan strategi baru apa yang akan dikeluarkan Microsoft setelah keluarnya DelBene.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend