Windows 10 21H2 Dirilis, Intip Fitur Baru Yang Dibawa

Windows 10 21H2 Dirilis, Intip Fitur Baru Yang Dibawa

Microsoft akhirnya merilis Windows 10 versi 21H2, yang juga dikenal dengan nama pembaruan bulan November 2021. Versi baru ini telah tersedia untuk pengguna yang menjalankan Windows 10 versi 2004 atau yang lebih baru, sebagai pembaruan opsional di halaman Windows Update.

Pembaruan fitur Windows 10 21H2 merupakan sebuah rilisan terbatas yang menghadirkan tidak begitu banyak fitur baru, yang utamanya ditujukan untuk pengguna bisnis. Namun karena ini adalah rilisan terbaru dari Windows 10, dan Windows 10 versi 2004 akan segera memasuki masa akhir dukungan pada bulan depan, maka sangat disarankan kepada pengguna untuk memasang pembaruan fitur yang baru ini. 

Windows 10 21H2 sedang dikirimkan secara bertahap, dengan terlebih dahulu ditawarkan sebagai pembaruan opsional kepada para ‘seekers’ yang menjalan Windows 10 versi 2004 atau yang lebih baru. Seekers ini adalah pengguna yang secara manual melakukan pengecekan pembaruan terkini di halaman Windows Update.

Untuk memasang pembaruan Windows 10 bulan November 2021 ini, klik Start Menu → Settings → Update & Security dan klik tombol Check for Updates. Sistem nantinya akan melakukan pengecekan pembaruan baru dan jika sudah tersedia maka akan muncul pesan “Feature Update to Windows 10, version 21H2”, yang bisa dipasang dengan mengklik tautan Download & Install Now. 

Pembaruan fitur ini dikirimkan sebagai paket pengaktifan untuk Windows 10 versi 2004, 20H2 dan 21H1, yang memungkinkan pengguna dengan versi ini bisa lebih cepat mendapatkan pembaruan tersebut. 

Bagi pengguna yang menjalankan versi yang lebih lama, maka diharuskan memasang pembaruan penuh, yang biasanya akan memakan waktu yang lebih lama juga. 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Microsoft memperingatkan bahwa pembaruan Windows 10 21H2 ini sedang dikirimkan secara bertahap, jadi mohon bersabar apabila perangkat anda belum juga mendapatkannya sampai hari ini. 

Pengguna juga bisa memanfaatkan Windows 10 Media Creation Tool untuk meningkatkan ke versi baru atau membuat sebuah file ISO untuk melakukan clean install versi terbaru ini. 

Apa Saja Yang Baru?

Pembaruan ini adalah salah satu pembaruan fitur paling kecil yang pernah dirilis Microsoft. 

Pertama adalah penambahan dukungan untuk protokol WPA3 H2E (Hash-to-Element), yang menyediakan perlindungan tambahan terhadap serangan samping saluran. Pada tahun 2019, para peneliti keamanan mengungkap serangan dengan metode ini yang dijuluki DragonBlood, yang memungkinkan pencurian password WPA3. 

Kemudian juga adanya komputasi GPU yang telah lama dinantikan untuk Windows Subsystem for Linux dan Azure IoT Edge for Linux dan Windows. Komputasi GPU adalah fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna, yang berfungsi memberikan akselerasi pada kartu grafis agar tahan dengan pekerjaan berat dan menggunakannya sebagai proses parallel untuk menyelesaikan kalkulasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat, daripada hanya mengandalkan CPU saja. 

Windows Hello for Business juga mendapatkan peningkatan, di mana kali ini mendapatkan dukungan untuk model penerapan tanpa kata sandi untuk pemakaian yang mudah bagi perangkat baru. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend