• Our Partners:

Windows 10 X Dual Screen Device

Windows 10 X Dipastikan Terpasang Otomatis di Perangkat Dual Screen dan Foldable

NESABAMEDIA.COMWindows 10 rupanya memiliki versi lain yang diketahui bernama Windows 10 X. Sistem operasi ini merupakan versi ramping dari Windows 10 yang diperuntukan agar compatible dengan produk dual screen dan perangkat yang bisa dilipat yang akan dikeluarkan oleh Microsoft. 

Windows 10X sendiri pertama kali diumumkan pada Oktober 2019 lalu, dan dijadwalkan akan dirilis pada liburan tahun 2020. Namun hingga saat ini, detail dan informasi mengenai sistem operasi ini masih belum jelas. Sebuah dokumen yang diunggah di Twitter baru-baru ini, memberikan sedikit gambaran mengenai 10 X ini.

Hal paling utama yang menjadi pertanyaan para pengguna pada umumnya adalah perbedaan antara Windows 10 dengan Windows 10X. Perbedaan yang paling mencolok dari kedua sistem operasi ini adalah dari sisi antarmuka. Sebab, versi ramping dari Windows 10 itu lebih dikhususkan untuk perangkat dual screen dan perangkat yang bisa dilipat. Sehingga, bentuk icon dan penempatannya pun berbeda dengan Windows 10.

Penampakan Windows 10 X

Penampakan Windows 10 X

Di Windows 10, pengguna bisa menemukan Taskbar di bagian bawah dan Desktop kosong di atasnya. Taskbar tersebut juga bisa muncul dari samping dengan sejumlah aplikasi dan program yang sudah di Pin. 

Namun pada Windows 10 X, Taskbar hanya akan berada di sebelah kiri layar dan sebuah tombol yang bisa membuka Taskbar ketika pengguna menyentuhnya. Taskbar tersebut hanya akan berisi halaman website favorit dan juga aplikasi yang sudah di Pin. Sementara, layar sebelah kanan akan dikosongkan untuk aplikasi yang sedang berjalan.

Menurut dokumen yang tersebar secara online itu, 10 X juga akan dirilis untuk perangkat laptop. Namun informasi ini masih belum mendapatkan konfirmasi resmi dari pihak Microsoft. 

Jadi, pengguna yang tidak memiliki rencana untuk membeli perangkat dual screen atau perangkat lipat, tidak perlu bingung dengan adanya Windows 10 X ini. Sebagai informasi tambahan, 10 X ini ke depannya akan terinstall secara otomatis di perangkat dual screen dan perangkat lipat yang akan dirilis nantinya. 

Tanggal mengenai kapan dirilisnya sistem operasi baru ini ke publik masih belum diberitahukan oleh pihak Microsoft, sehingga pengguna hanya bisa wait and see untuk saat ini.

Leave a Reply

Send this to a friend